TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

4 Tips Menyulap Ruang Keluarga jadi Kamar Tamu yang Menginap

Solusi jika tak ada kamar khusus untuk tamu

ilustrasi ruang istirahat (pexels.com/Max Vakhtbovycn)

Intinya Sih...

  • Ruang keluarga jadi kamar tamu sementara dengan kasur lipat atau tikar, disimpan pagi harinya
  • Sediakan selimut, bantal, dan pembatas area tidur untuk privasi tamu
  • Beri fasilitas tambahan seperti lampu baca, pengharum ruangan, dan meja kecil di ruang keluarga

Rumah hanya ada dua kamar dan ada tamu atau saudara dengan jumlah banyak menginap? Tenang, meski menantang tapi dengan kreativitas dan beberapa penyesuaian, masih ada solusi supaya tamu beristirahat nyaman selama di rumah.

Ruang keluarga bisa jadi tempat tidur sementara, maksimalkan penggunaan ruang yang ada dengan tetap memberi kenyamanan untuk tamu. Dibandingkan harus merenovasi dulu dan dana juga belum cukup, silakan coba empat tips berikut untuk menyulap ruang keluarga jadi kamar tamu selama menginap.

1. Siapkan karpet dan kasur lipat

Jika tak ada tempat tidur tambahan, bisa dengan menggelar tikar atau karpet terlebih dulu, lalu letakkan kasur lipat di atasnya. Pilih kasur yang nyaman supaya tamu bisa tidur nyenyak. Kalau tak ada karpet, bisa dengan alas lainnya supaya tak terlalu dingin saat malam hari.

Pastikan ukuran kasur sesuai dengan jumlah anggota keluarga atau tamunya. Lipat dan simpan lagi pagi harinya ketika tamu akan kembali pulang. Atau, jika masih ada agenda menginap, bisa disimpan dulu di tempat yang mudah dijangkau namun tak mengganggu akses jalan di rumah.

2. Siapkan selimut dan bantal tidur yang empuk

Sediakan selimut, bantal, guling yang bersih agar tamu nyaman saat tidur. Jika ruang keluarga dingin ketika malam hari, pilih selimut yang tebal supaya tetap hangat. Pastikan bantal juga empuk agar leher nyaman dan gak pegal-pegal saat bangun.

Beri sarung juga pada bantal dan gulingnya yang bersih dan bahannya berkualitas. Untuk kasur, bisa ditambah sprei jika jenisnya busa. Jaga keharuman ruang keluarga, rapikan barang-barang seperti meja dan kursi saat tamu hendak tidur. Bisa diletakkan di pinggir, atau di ruang makan dulu.

Baca Juga: 5 Cara Optimalkan Gudang Rumah untuk Ruang Penyimpanan yang Efisien

3. Buat privasi dengan memberi tambahan area penutup atau pembatas

Agar privasi selama tidur terjaga, beri pembatas untuk menutup area tidur tamu. Bisa menggunakan tirai, atau benda lainnya. Pembatas yang bisa dilipat lebih bagus dan praktis, bisa dipasang saat dipakai, dan disingkirkan ketika sudah tidak digunakan.

Gak hanya memberi kenyamanan dan privasi, tapi juga indah dipandang, sehingga proses tidur terasa lebih segar dan rileks. Letakkan pembatas dengan tidak menghalangi akses jalan, seperti ke area kamar mandi maupun ruang makan atau dapur.

Verified Writer

Adelbertha Eva Y

Tetap Semangat

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Berita Terkini Lainnya