Comscore Tracker

5 Cara Menegur Rekan Kerja Tanpa Terkesan Sok Tahu

Rekan kerjamu pasti lebih mudah menerimanya

Dalam satu tim kerja, kadang secara tidak sengaja melihat kesalahan yang dilakukan oleh rekan kerja. Pengen banget rasanya menegur saat itu juga. Eits, tapi jangan asal main tegur ya, karena jika caranya salah, malah bisa menimbulkan perpecahan di dalam kantor, lho.

Cara menegur rekan kerja tidak bisa disamakan dengan perbincangan biasa. Berikut deretan cara yang bisa dipakai untuk menegur rekan kerja agar tidak terkesan sok tahu.

1. Mulailah dengan pujian  

5 Cara Menegur Rekan Kerja Tanpa Terkesan Sok Tahuilustrasi rekan kerja yang serius bekerja di kantor (pexels.com/Sora Shimazaki)

Siapa sih yang tidak suka dipuji? Kesalahan yang dilakukan oleh rekan kerja bukan berarti ia tidak pernah memberikan kontribusi nyata. Ketika ia berbuat salah, jangan langsung membicarakan kesalahannya. Lebih baik beri pujian dahulu. Beri penghargaan atas pencapaian yang pernah ia lakukan untuk perusahaan.

Setelah itu baru, deh, kamu singgung sedikit kesalahan yang ia lakukan dengan mengatakan, “Saya yakin kamu pasti bisa melakukan yang lebih baik untuk proyek ini, semangat ya!”

Pujian yang kamu lontarkan terlebih dahulu tidak akan terkesan merendahkan atau menggurui. Rekan kerjamu akan otomatis introspeksi diri dan berusaha lebih baik lagi.

2. Bicarakan dengan santai 

5 Cara Menegur Rekan Kerja Tanpa Terkesan Sok Tahuilustrasi bicara santai (pexels.com/Helena Lopes)

Jika ingin menegur rekan kerja, lakukanlah secara one-on-one. Hindarilah tempat ramai, apalagi di depan rekan-rekan yang lain. Menegur rekan kerja di depan umum, tentu akan membuat mereka merasa malu. Jadi, bahaslah permasalahan secara privat.

Ajak doi ngopi cantik sambil ngobrol santai di luar jam kerja. Setelah larut dalam suasana santai, baru deh, kamu boleh menegurnya secara halus. Cara menegur seperti ini akan membuat rekan kerja lebih menghargai dirimu.

Baca Juga: 5 Cara Menjaga Profesionalitas dengan Rekan Kerja Lawan Jenis

3. Tawarkan bantuan atau solusi 

5 Cara Menegur Rekan Kerja Tanpa Terkesan Sok TahuIlustrasi rekan kerja (Unsplash/Mimi Thian)

Sebagai rekan kerja yang baik, seharusnya kamu bersedia membantu sesama rekan kerja untuk maju bersama. Ketika menegur rekan kerja yang berbuat salah, kamu juga harus bisa memberikan solusi agar ia tidak merasa putus asa.

Sebagai contoh, kamu bisa mengucapkan:

“Terima kasih sudah mendengarkan saran dan masukan dari saya. Sekiranya ada hal lain yang ingin ditanyakan terkait dengan proyek A, silakan saja, ya. Saya siap membantu, kok.”

Bantuan yang kamu tawarkan menunjukkan bahwa apa yang kamu sampaikan bersifat konstruktif dan tidak satu arah saja.

4. Gunakan kata dan intonasi yang tepat  

5 Cara Menegur Rekan Kerja Tanpa Terkesan Sok TahuIlustrasi pria curhat (pexels/ nappy)

Aspek yang tidak kalah penting saat menegur rekan kerja adalah pemilihan kata. Hindari kata yang terkesan seperti menyerang, menggurui atau bahkan memarahi, seperti:

•  “Kenapa begini amat sih mengerjakannya, gak bisa lebih baik apa?"

•  “Kerjaan begini gampang saja kamu tidak becus, bagaimana mau kerjakan proyek X?"

Pemilihan kata juga tak bisa lepas dari intonasi penyampaiannya. Pakailah intonasi yang tidak menyerang, agar tidak terkesan sok tahu dan merendahkan rekan kerja. Gunakan juga nada yang ramah, ya.

5. Mendiskusikan permasalahan 

5 Cara Menegur Rekan Kerja Tanpa Terkesan Sok Tahuilustrasi mendiskusikan permasalahan (pexels.com/mentatdgt)

Kamu bisa mendiskusikan permasalahan tersebut ketika menegur rekan kerja yang membuat kesalahan. Cara ini bisa dipakai
supaya kesannya tidak menggurui dan otoriter. Kamu bisa mengatakan demikian:

•  “Setelah saya telaah lebih lanjut, dokumen X ini agak sedikit berbeda dengan Y ya? Apakah kamu punya waktu untuk mendiskusikan perihal ini?”

Ajakan berdiskusi tersebut mengindikasikan bahwa kamu bersikap open-minded. Rekan kerja pun tentu akan merasa lebih senang, tidak seperti sedang disalahkan saja.

Hubungan positif bisa dimulai dari komunikasi yang baik. Adakah salah satu cara di atas yang kamu pakai saat menegur rekan kerja?

Baca Juga: 5 Tips Berteman dengan Atasan, Akrab dan Tetap Tahu Batasan

Malika Nabilla Larasati Photo Community Writer Malika Nabilla Larasati

Menulis=menambah wawasan

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Paulus Risang

Berita Terkini Lainnya