TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

5 Sikap saat Kamu Dipuji Atasan, Jangan Besar Kepala

Jadikan pujian tersebut sebagai motivasi, ya!

ilustrasi atasan dan pegawai (pexels.com/@shvetsa)

Pujian merupakan satu hal yang positif yang bisa mengubah hari seseorang. Sebetulnya pujian bisa hadir dari hal-hal sederhana dan bisa dilakukan oleh siapa pun. Bahkan bisa saja pujian tersebut keluar dari atasan yang bekerja denganmu.

Tentu rasanya pasti sangat bahagia apabila atasan sampai melontarkan pujian padamu. Namun, sebaiknya kamu melakukan beberapa sikap berikut ini saat dipuji atasan.

1. Selalu tersenyum dan tunjukkan gestur ramah

ilustrasi wawancara (unsplash.com/@officestock)

Cara pertama adalah dengan tersenyum dan menunjukkan gestur ramah. Bagaimana pun juga tentu memperoleh pujian dari atasan merupakan suatu kehormatan yang dapat kamu tunjukan secara langsung.

Senyuman dan gestur ramah tersebut bisa menjadi bukti bahwa kamu bahagia dengan pujian yang diberikan atasan. Dengan begitu, maka atasan pun dapat menangkap reaksi positifmu saat diberi pujian.

2. Berikan jawaban yang sederhana

ilustrasi atasan (pexels.com/@olly)

Dapat dipahami jika kamu pasti bahagia dengan pujian yang diberikan atasan. Namun, kamu tak perlu memberikan jawaban yang panjang, apalagi sampai menjelaskan alasan keberhasilanmu.

Bisa saja hal tersebut justru membuatmu dianggap sedang menyombongkan diri. Sebaiknya berikan jawaban pendek dan sederhana, sehingga reaksimu tidak terlihat seperti berlebihan.

Baca Juga: 6 Tips Semangat Bekerja setelah Libur Panjang, Yuk Produktif Lagi! 

3. Ucapkan terima kasih dan jangan sombong

ilustrasi event planner (pexels.com/@fauxels)

Satu hal yang tak boleh dilupakan adalah mengucapkan rasa terima kasih. Rasa terima kasih akan menjadi tanda bahwa kamu senang dengan pujian yang diberikan oleh atasan. Tentu saja rasa terima kasih ini harus disampaikan dengan positif.

Terpenting jangan pernah menunjukkan rasa sombong melalui sikap atau pun kata-kata yang akan kamu lontarkan. Dengan cara demikian, kamu akan tetap bersikap humble dan tak membuatmu seperti tinggi hati.

4. Berikan apresiasi balik terhadap atasan

ilustrasi komunikasi di tempat kerja (unsplash.com/@tiend_)

Mengucapkan terima kasih saja mungkin sudah biasa, kamu tetap bisa menunjukkan reaksi lain dengan cara mengapresiasi atasan. Bagaimana pun juga tentu kesuksesan yang diperolehmu tak lepas dari peran penting atasan.

Kamu bisa memberikan apresiasi balik terhadap atasan sebagai sumber dari kesuksesanmu. Tentunya hal ini juga akan memberikan kesan positif terhadap atasan, sehingga bisa sama-sama saling mengapresiasi.

Baca Juga: 5 Tanda Kamu Sudah Berada di Perusahaan yang Tepat, Semangat!

Verified Writer

Andini Maulana

Terima kasih sudah membaca, semoga dapat memberikan manfaat :)

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Berita Terkini Lainnya