Comscore Tracker

Kisah Bocah Penjual Kerupuk di Yogyakarta Wujudkan Impian ke The Voice

Punya tekad kuat untuk menjadi penyanyi profesional

Yogyakarta, IDN Times - Sebuah kisah haru dibagikan oleh seorang wanita bernama Galuh Hikmah Melinda di akun Twitter-nya, @GalsGHMY. Dia membagikan kisahnya bertemu dengan seorang anak yang berjualan kerupuk di sekitar Wirobrajan, Yogyakarta, beberapa tahun silam.

Anak tersebut bernama Ekik Sulistiawan. Meskipun berusaha menyambung hidup dengan berjualan, namun dia mempunyai impian menjadi seorang penyanyi profesional. Berikut kisah menariknya.

Baca Juga: Senyuman Siswa SD Bantu Orangtua Berjualan Camilan di Jakal Yogyakarta

1. Dua kali tidak sengaja Galuh bertemu Ekik dan menemukan kemampuan menyanyinya

Galuh membagikan sebuah cuitan di Twitter-nya yang menceritakan pertemuannya dengan Ekik. Kala itu di tahun 2013 Galuh yang baru awal kuliah bertemu dengan Ekik yang sedang menjual es jambu biji.

Di sana Galuh melihat Ekik bersama adik perempuannya yang sedang membawa buku gambar menemani Ekik berjualan. Galuh pun membeli es yang dijual Ekik.

"Kalau pertama banget ketemu Ekky pas jadi awal kuliah S1 Di Jogja tahun 2013 pas itu ketemunya di Jalan Ahmad Dahlan pas banget di deket oseng Mercon Bu Narti, pas itu selesai makan dia duduk sama adik perempuannya yang bawa buku bergambar nemenin Ekky jualan," ungkap Galuh saat dihubungi IDN Times pada Jumat (8/5).

Tiga tahun berlalu, Galuh kembali dipertemukan dengan Ekik. Tepatnya di tahun 2016 di sekitar Wirobrajan, kala itu Galuh mengaku sedang kelelahan dan duduk di depan sebuah mini market. 

Galuh tak sengaja mendengar suara orang sedang bernyanyi, yang ternyata dia adalah Ekik yang sedang berlatih menyanyi sambil membawa dagangannya yang saat itu dia berjualan kerupuk.

Setelah kembali bertemu dan mengobrol, ternyata Ekik kala itu sedang ingin mengikuti lomba menyanyi namun dia tidak punya sepatu yang layak untuk ikut lomba sehingga dia memutuskan hari itu ingin berjualan hingga larut malam agar bisa membeli sepatu.

"Ya akhirnya ngobrol-ngobrol gitu kak, terus dia cerita jualan kerupuk sampai malam karena mau beli sepatu buat lomba nyanyi," ungkap Galuh.

Galuh mengungkapkan pada ceritanya yang dia unggah di Twitter, kala itu uang Ekik baru Rp15 ribu sedangkan harga sepatunya lebih dari Rp100 ribu. Padahal hasil berjualan kerupuk semalamam tidak seberapa.

Iba mendengar kisahnya, Galuh pun berinisiatif membelikan Ekik sepasang sepatu tepat di hari ulang tahun Ekik saat itu. Ekik pun berterima kasih sambil tersenyum bahagia sambil meminta Galuh menontonnya saat perlombaan.

2. Empat tahun berlalu, keisengan Galuh membuka kembali akun LINE membuatnya teringat Ekik

Kisah Bocah Penjual Kerupuk di Yogyakarta Wujudkan Impian ke The VoiceGaluh (kanan) dan Ekik saat membeli sepatu - Twitter.com/GalsGHMY

Sudah 4 tahun berlalu sejak pertemuan Galuh dan Ekik setelah pemberian sepatunya. Entah apa yang sedang dipikirkan Galuh, dia tidak sengaja membuka-buka akun LINE-nya dan menemukan kembali kisah pertemuannya dengan Ekik yang sempat dia tuliskan di sana.

"Semalam itu aku ga sengaja buka beranda akun Line aku kak, scroll sampe bawah nemu postingan itu. Jadilah aku keinget gimana kabar Ekky sekarang. Terus dipikir-pikir sudah 4 tahun berlalu juga, apa anak ini masih nerusin hobi nyanyinya, atau masih jualan keliling enggak," ungkap Galuh.

Galuh juga mengatakan sejak tahun 2016 itu dirinya sudah tak pernah melihat Ekik lagi di sekitar tempat dia berjualan biasanya.

Penasaran dengan kabar Ekik, Galuh pun mem-posting kisah yang dia tulis di LINE melalui akun Twitter-nya, sampai salah satu pengguna Twitter memberikan informasi akun Instagram Ekik.

Galuh pun kaget setelah melihat Instagram Ekik, karena setahun setelah pertemuannya, Ekik pada 2017 menjadi salah satu peserta The Voice Kids Indonesia.

"Speechless sih kak pas tau ternyata tahun 2017 tepat setahun setelah ketemu sama Ekky ternyata si Ekky ikut TVKI (The Voice Kids Indonesia) dan aku gak tau kalau dia ikut TVKI 2017. Baru tau semalam setelah follow akun Instagram Ekky, di profilnya ada keterangan dia TVKI Season 2 Team Tulus," ungkapnya haru.

Kini berkat viralnya cuitan Galuh, dirinya bisa menyambung kembali silaturahmi yang sempat terputus dengan Ekik.

Baca Juga: Viral, Bocah Hidup Sebatang Kara Pungut Rongsok di Mandala Krida

3. Penampilan Ekik di The Voice Kids Indonesia

https://www.youtube.com/embed/vbLnIssGFVY

Dalam unggahan kanal YouTube The Voice Kids Indonesia GTV, Ekik berhasil memukau Tulus dalam penampilannya membawakan lagu Berawal Dari Tatap milik Yura Yunita, sehingga Tulus memutuskan memutar kursinya di detik-detik terakhir sebelum lagunya selesai untuk menjadi coach Ekik di acara tersebut. Ibunya yang ikut menonton pun terharu dengan berhasilnya Ekik menarik perhatian Tulus.

Beberapa netizen yang mengomentari video ini mengaku bahwa Ekik adalah orang yang pantang menyerah karena mereka tahu bahwa Ekik sudah pernah mengikuti berbagai audisi pencarian bakat seperti Rising Star Indonesia, Indonesia Mencari Bakat, hingga X Factor Indonesia. Namun The Voice Kids Indonesia yang berhasil dia tembus.

4. Ekik kini masih menyanyi namun harus putus sekolah karena tak mampu membiayai

https://www.youtube.com/embed/_KaeOzNDjvI

IDN Times pun menghubungi Ekik yang kini mengaku sering menyanyi di beberapa kafe di Yogyakarta.

Ekik sendiri mengaku tahun ini putus sekolah karena tidak ada biaya untuk melanjutkan pendidikan. 

Meskipun begitu Ekik mengatakan bahwa dirinya sangat ingin menaikkan derajat orangtuanya dan menyekolahkan adiknya setinggi mungkin meski saat ini dirinya tidak bisa melanjutkan sekolah.

"yang pertama saya pengen menaikkan derajat kedua orang tua dan menyekolahkan adek setinggi mungkin walaupun saat ini saya berhenti sekolah," ungkap Ekik saat dihubungi IDN Times pada Jumat (8/5).

Dengan impiannya menjadi seorang penyanyi profesional, Ekik pun sempat menciptakan sebuah lagu dengan judul Kecewaku yang dia unggah di channel YouTube, Ekkyswan.

Dirinya mengaku belum bisa memasukkan lagu tersebut ke platform musik seperti Joox atau iTunes karena belum ada biaya yang cukup untuk melakukan proses rekaman yang bagus. 

"Lagunya belum bisa masuk ke JOOX, iTunes dan lain-lain karena belum ada biaya untuk rekaman di tempat bagus. Lagunya menceritakan tentang cinta di jaman sekarang," ungkap Ekik.

Ekik mengaku, menjadi alumni The Voice Kids Indonesia adalah sebuah prestasi yang sangat membanggakan dirinya.

Semoga cita-cita mulia Ekik untuk menjadi penyanyi profesional demi membahagiakan orangtua dan adiknya bisa tercapai, ya.

Baca Juga: Kisah Kakek Dagang Mi Ayam Keliling Yogyakarta demi Hidupi Keluarga 

Topic:

  • Rijalu Ahimsa
  • Paulus Risang

Berita Terkini Lainnya