Comscore Tracker

Kakak-Beradik Asal Belanda Ciptakan Jelle's Marble Runs

Pertandingan kelereng layaknya pertandingan di olimpiade

Kelereng sangat melekat dengan dunia anak-anak. Namun saat ini kelereng bisa dimainkan semua kalangan, setelah YouTuber dengan nama akun Jelle's Marble Runs ini menciptakan sebuah kompetisi kelereng. Bahkan, keseruan kompetisi ini layaknya  kompetisi olahraga pada umumnya.

Nah, penasaran seperti apa pertandingannya dan siapa orang di balik ide ini? Berikut ulasannya.

Baca Juga: Selain Covidiot, Ini 9 Sebutan Baru yang Muncul Akibat Pandemi Corona 

1. Diciptakan oleh dua bersaudara dari Belanda

Kakak-Beradik Asal Belanda Ciptakan Jelle's Marble RunsJelle (kiri) dan Dion Bakker (kanan) - Instagram.com/jellesmarbles

Jelle Bakker dan Dion Bakker, dua orang kakak beradik dari Belanda yang pertama kalinya menciptakan permainan kelereng ini. Jelle awalnya bermain kelereng seperti anak pada umumnya dan mulai membuat video kelereng sederhana. Saudaranya, Dion, lalu mengusulkan untuk menambahkan elemen balap pada permainan kelereng Jelle.

Setelah itu pada tahun 2016 permainan kelerengnya mulai memiliki unsur kompetitif bergaya mirip seperti Olimpiade dengan berbagai cabang olahraga seperti yang dilakukan manusia, namun ini menggunakan kelereng sebagai pesertanya.

2. Diproduksi dengan profesional

Kakak-Beradik Asal Belanda Ciptakan Jelle's Marble RunsYoutube.com/Jelle's Marble Runs

Pertandingan yang ada di Jelle's Marble Runs ini tak hanya balap kelereng biasa, tetapi diproduksi secara profesional. Pada saat itu, sudah banyak channel YouTube yang mengunggah kompetisi kelereng, sehingga Jelle dan timnya memutuskan untuk membuat video kompetisi kelereng dengan sangat profesional.

Mulai dari cara pengambilan gambar, lintasan, dan arena pertandingan dibuat sangat niat sehingga terlihat seperti nuansa perlombaan olahraga sesungguhnya di Olimpiade. Kelereng yang digunakan pun diberi nama tim dengan ciri khas warnanya masing-masing. Bahkan Jelle juga menambahkan tribun lengkap dengan kelereng yang menonton pertandingan layaknya sebuah pertandingan asli.

Menariknya lagi diadakan upacara pembukaan yang meriah seperti di Olimpiade dengan menggunakan teknik video stop motion. Kreatif banget, ya!

3. Pertandingan atletik, hingga balap rally dan Formula One ada di sini

https://www.youtube.com/embed/kBWTFr3bNXQ

Awalnya berbagai pertandingan diadakan dan diberi nama MarbleLympics, namun karena masalah merek dagang, Jelle harus mengganti nama pertandingannya menjadi Marble League.

Di dalam Marble League ada berbagai macam pertandingan olahraga layaknya Olimpiade. Mulai dari pertandingan yang biasa dilakukan manusia seperti sprint, rafting, surfing, lompat jauh, lompat tinggi, hingga rally. Selain itu juga diadakan pertandingan seru lainnya yang khusus untuk kelereng seperti funnel race, gravitrax slalom, hingga relay run. Marble League diadakan tiap tahunnya mulai tahun 2016 hingga yang terbaru tahun 2019.

Di tahun 2020 ini Jelle's Marble Runs merilis pertandingan baru yaitu Marbula One sebagai Formula One versi kelereng yang nuansanya dibuat mirip dengan nuansa seperti kita melihat balap Formula One.

Menariknya lagi, setiap pertandingan dilengkapi dengan latar suara riuh penonton dan disempurnakan dengan komentator bernama Greg Woods yang sebelumnya juga memiliki channel YouTube serupa.

4. Traffic penayangan YouTube Jelle's Marble Runs naik karena corona

https://www.youtube.com/embed/fvrGNgY9_i4

Pandemi corona yang saat ini menyebar di seluruh dunia, menyebabkan seluruh pertandingan olahraga di dunia dihentikan. Masyarakat dunia pun harus berdiam diri di rumah untuk menghindari penyebaran virus. Akibatnya channel YouTube Jelle's Marble Runs mendapatkan lebih banyak penonton karena pertandingan yang mereka lakukan tak terpengaruh virus corona.

Penonton yang menyukai pertandingan olahraga pun mendapat hiburan baru yang tak kalah menarik. Bahkan pertandingan kelereng ini ditayangkan oleh saluran TV olahraga dunia, ESPN, dan kini channel YouTube Jelle's Marble Runs pun memiliki subscriber lebih dari 700 ribu.

Nah, menarik banget kan buat hiburan di kala berdiam diri di rumah, ya. Penasaran bagaimana asyiknya pertandingan kelereng lainnya? Langsung menuju channel YouTube-nya, ya!

Baca Juga: Dijamin, 13 Desain Aneh Toilet Ini Malah Bikin Ngakak 

Topic:

  • Rijalu Ahimsa
  • Febriana Sintasari

Berita Terkini Lainnya