Comscore Tracker

7 Fakta Joy Boy dalam One Piece yang Jarang Diketahui Fans

Kisah tentang Joy Boy terkuak sedikit demi sedikit

Seperti yang diketahui para fans One Piece, keseluruhan cerita yang dibuat oleh penulis Eiichiro Oda ini mengandung banyak sekali misteri. Dan kebanyakan misteri tersebut ada kaitannya dengan karakter bersejarah yang dikenal sebagai Joy Boy.

Joy Boy sangat melegenda di dunia One Piece karena kisah perjalanannya yang penuh petualangan dan perlawanan dengan para pemerintah dunia. Kabar baiknya beberapa fakta menarik mengenai dirinya telah terungkap, namun jarang diketahui oleh para fans One Piece terutama bagi yang baru mengikuti kisah para bajak laut ini. Apa sajakah fakta menarik tersebut? Mari kita masuk ke rangkumannya.

1. Joy Boy dan Zunesha dahulu adalah rekan 

7 Fakta Joy Boy dalam One Piece yang Jarang Diketahui FansZunisha menghancurkan kapal Jack. (Dok. Funimation/One Piece)

Zunesha merupakan gajah raksasa berumur ribuan tahun di dalam serial One Piece. Diketahui kalau ia dahulu melakukan banyak kejahatan hingga ia kini dihukum tidak boleh bertarung selama berabad-abad.

Hukuman yang dijalani Zunesha ini besar kemungkinannya berkaitan dengan aksi perlawanan yang dilakukan Joy Boy di masa lalu. Tak heran pada alur cerita Zou, ia harus menerima perintah dari Momonosuke yang diketahui memiliki hubungan juga dengan Joy Boy agar dapat bertarung melawan bajak laut Jack.

2. Joy Boy pernah membuat janji kepada pulau manusia ikan 

7 Fakta Joy Boy dalam One Piece yang Jarang Diketahui FansPenampakan pulau manusia ikan di One Piece. (Dok. Funimation/One Piece)

Ketika para bajak laut Topi Jerami memulai perjalanan baru setelah 2 tahun bersembunyi, mereka memulai dengan menjelajahi Pulau Manusia Ikan. Di sana Luffy dan kawan-kawan menemukan sebuah Poneglyph yang sedikit berbeda dari yang lain, dan ternyata Poneglyph tersebut berisi permintaan maaf dari seseorang yang bernama Joy Boy.

Di dalam catatan Poneglyph, Joy Boy dengan sedih mengakui kegagalannya untuk memenuhi janjinya kepada Pulau Manusia Ikan dan menjamin bahwa seseorang akan melakukannya menggantikan dia di masa depan. Janjinya tersebut memang belum terungkap, tetapi hal ini telah mengungkap sedikit misteri tentang karakter legenda tersebut di dalam cerita One Piece.

Baca Juga: 9 Fakta Unik Yor Forger Spy X Family, Nama Aslinya Yolanda

3. Joy Boy menulis cerita lucu pada Poneglyph terakhir 

7 Fakta Joy Boy dalam One Piece yang Jarang Diketahui FansPenampakan pulau Laugh Tale di One Piece. (Dok. Funimation/One Piece)

Pada kilas balik perjalan sang raja bajak laut Roger, kita mengetahui kalau sebuah Poneglyph yang ada di pulau terakhir tersebut menjelaskan rinci tentang kisah Joy Boy beserta harta karun yang ia miliki.

Ketika Roger dan kawan-kawan sampai di pulau tersebut dan membaca pesan terakhir Joy Boy, sang kapten dan para kru tertawa terbahak-bahak mendengar hal tersebut. Dari sini kita bisa mengetahui kalau Joy Boy menuliskan sebuah cerita lucu disana, tak heran Roger menamai pulau tersebut dengan nama Laugh Tale.

4. One Piece adalah harta karun yang ditinggalkan Joy Boy 

7 Fakta Joy Boy dalam One Piece yang Jarang Diketahui FansGold D. Roger ketika di eksekusi. (Dok. Funimation/One Piece)

Diawal serial bajak laut karangan Eiichiro Oda ini, kita bisa melihat Roger dengan jelas menyatakan tujuan jangka panjang dari serial ini, yaitu menemukan sebuah harta Karun bernama One Piece. Karena pidato Roger ini, sebagian besar penggemar berharap Raja Bajak Laut adalah orang yang meninggalkan harta ini. Namun, seperti yang terungkap selama alur kilas balik Wano Kuni, terungkap bahwa bukan Roger yang meninggalkan harta karun tersebut.

Apa pun yang tersisa di dalam pulau Laugh Tale tersebut bukanlah peninggalan dari sang raja bajak laut, melainkan peninggalan dari seseorang bernama Joy Boy dari berabad-abad yang lalu. Di sini kita bisa menemukan fakta bahwa bajak laut Roger hanyalah satu-satunya pelancong yang diketahui menemukannya. Kilas balik dengan jelas menunjukkan bahwa Joy Boy, setidaknya memainkan beberapa peran dalam meninggalkan harta karun ini.

Baca Juga: 6 Judul Manga yang Perlu Adaptasi Anime Secepatnya, Seru!

5. Joy Boy meramalkan orang lain akan datang memenuhi semua janjinya 

7 Fakta Joy Boy dalam One Piece yang Jarang Diketahui FansBanyak kapal melaju di One Piece. (Dok. Funimation/One Piece)

Dari dua bukti Poneglyph yang bertuliskan janji Joy Boy kepada pulau manusia ikan, hingga tulisan-tulisan lainya yang ia tinggalkan di Laugh Tale. Keduanya menyebutkan bahwa orang lain akan meneruskan warisannya, serta menambahkan bahwa mereka akan muncul 800 tahun ke depan.

Menariknya, kisah perjalanan sang kapten bajak laut Topi Jerami Monkey D Luffy dimulai setelah 800 tahun kisah perjalanan Joy Boy tersebut. Dari beberapa aksi yang dilakukan Luffy dan kawan-kawan, selalu mengisyaratkan bahwa mereka lah orang yang dimaksud Joy Boy. Hingga pernyataan Zunisha saat peperangan Wano Kuni, kita tahu kalau saat ini Luffy adalah kandidat utama seseorang yang dimaksud oleh karakter melegenda tersebut.

6. Joy Boy adalah orang yang menginspirasi Oden 

7 Fakta Joy Boy dalam One Piece yang Jarang Diketahui FansKozuki Oden menyelamatkan Wano Kuni. (Dok. Funimation/One Piece)

Alur cerita Wano Kuni dalam serial One Piece sangat meningkatkan popularitas Kozuki Oden di kalangan penggemar, sebagian besar karena berbagai kilas balik yang menceritakan perjalanannya sebagai bagian dari bajak laut Shirohige dan Roger. Selama waktunya bersama para bajak laut inilah dia menemukan Laugh Tale dan ramalan Joy Boy.

Ramalan ini merinci penampilan seseorang yang akan melanjutkan upaya Joy Boy, dan sangat jelas memunculkan motivasi besar kepada Oden. Saat kembali ke tanah kelahirannya, Oden mendesak rakyatnya untuk membuka Wano Kuni, memahami bahwa mereka perlu bekerja dengan sosok yang diramalkan oleh Joy Boy dalam waktu dekat.

7. Luffy sudah hampir pasti akan mewarisi harta karun Joy Boy 

7 Fakta Joy Boy dalam One Piece yang Jarang Diketahui FansLuffy. (Dok. Toei Animation/One Piece)

Sama pentingnya dengan Joy Boy bagi peristiwa perjalanan mencari One Piece, sudah jelas sejak episode pertama bahwa seri ini berkisah tentang satu orang yang bernama Monkey D. Luffy. Dia ditakdirkan untuk menjadi Raja Bajak Laut, namun seperti yang diungkap beberapa misteri serial ini, masa depannya mungkin juga akan melibatkan ramalan yang dibuat oleh Joy Boy juga.

Joy Boy meramalkan bahwa seseorang akan kembali dalam 800 tahun untuk membantu Pulau Manusia Ikan, membuka perbatasan Wano Kuni, dan mengungkap rahasia Laugh Tale. Kedua dari ramalan tersebut sudah dilakukan oleh Luffy dan kawan-kawan, hanya tinggal menemukan Laugh Tale saja.

Selain itu, saat Luffy menggunakan bentuk Gear 5 yang baru ditemukan untuk mengalahkan Kaido, Zunesha dengan blak-blakan menyatakan bahwa tindakan Luffy menandai kembalinya Joy Boy. Mempertimbangkan hal ini, tampak jelas bahwa kapten Bajak Laut Topi Jerami adalah orang yang ditakdirkan untuk membawa semangat Joy Boy ke era baru para bajak laut tersebut.

Dari sini seharusnya kita sudah memahami bahwa penggambaran karakter legenda bernama Joy Boy dalam serial One Piece ini sangat mewarnai cerita. Membuat keseluruhan kisah yang dikarang Eiichiro Oda berkaitan satu sama lain, hingga hampir pasti akan meninggalkan sebuah pesan yang berarti bagi semua orang yang mengikuti perjalanan panjang mencari harta karun ini.

Menurut kamu sendiri bagaimana? Apakah kamu sudah semakin penasaran dengan akhir cerita serial One Piece ini?

Baca Juga: One Piece: 5 Fakta Ryokugyu yang Harus Kamu Ketahui

Ilham Maulana Photo Community Writer Ilham Maulana

Penulis konten dan Hobies dalam dunia Anime, Film, Musik dan Olahraga.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Paulus Risang

Berita Terkini Lainnya