Comscore Tracker

10 Rekomendasi Film Horor yang Diangkat dari Kisah Nyata

Berani nonton sendirian?

Film horor sudah cukup mencekam, tapi cerita yang berdasarkan kisah nyata tentu menaikkan level kengeriannya. Pasalnya, kisah tersebut pernah benar-benar terjadi di dunia nyata. Tentu, vibes-nya akan berbeda dan lebih terasa horrornya.

Langsung saja, berikut daftar rekomendasi film horror yang diangkat atau terinspirasi dari kisah nyata.

1. The Haunting in Connecticut (2009)

https://www.youtube.com/embed/MRJA3lN0xCQ

Pada tahun 1978, sebuah keluarga pasangan muda, Sara Campbell (Virginia Madsen) dan Peter (Martin Donovan) yang memiliki anak penderita kanker, Matt (Kyle Gallner), memutuskan untuk menyewa rumah baru di dekat rumah sakit yang menangani penyakit anaknya di Southington, Connecticut.

Serangkaian kejadian mistis pun mulai dialami satu per satu anggota keluarga ini. Sampai akhirnya, Peter (Martin Donovan) menguak sejarah mengerikan yang sebenarnya terjadi di rumah tersebut.

Berdasarkan kisah nyata di mana rumah yang dikisahkan merupakan bekas penyimpanan mayat-mayat yang digunakan untuk keperluan ritual satanisme.

2. The Haunting in Connecticut 2: Ghosts of Georgia (2013)

https://www.youtube.com/embed/OBaK56Jw03k

Walaupun memiliki judul yang sama, namun film The Haunting in Connecticut 2: Ghosts of Georgia (2013) bukan merupakan sekuel dari film sebelumnya. Film ini memiliki cerita dan karakter yang berbeda, namun dengan teror yang serupa.

Mengisahkan sebuah keluarga muda yang pindah ke sebuah rumah baru di Georgia pada tahun 1993. Sang ibu,  Lisa Wyrick (Abigail Spencer) memiliki kemampuan melihat makhluk supranatural, dan kemampuan ini menurun ke anak perempuannya, Heidi Wyrick (Emily Alyn Lind). 

Teror mencekam dialami oleh keluarga kecil ini hari demi hari, sampai akhirnya seorang pastor berkunjung ke rumah mereka dan mengungkap sejarah kelam pada rumah yang mereka tempati.

Berdasarkan kisah nyata di mana bagian bawah tanah rumah yang dikisahkan tersebut merupakan bekas tempat penyiksaan dan penyembunyian budak manusia.

3. The Sacrament (2014)

https://www.youtube.com/embed/nM56RubwTHg

Digarap dari kisah nyata pembantaian massal di Jonestown (Jonestown Massacre) pada tahun 1978. 

Pembantaian massal Jonestown adalah pembantaian massal/bunuh diri massal sekte aliran sesat bernama Peoples Temple atas perintah pemimpin mereka, Jim Jones, pada 18 November 1978, total korban mencapai 918 jiwa.

4. Veronica (2017)

https://www.youtube.com/embed/lQW5I5tCy28

Kisah nyata seorang gadis remaja bernama Veronica (Sandra Escacena) yang kerasukan roh jahat setelah dia bermain Ouija dengan dua teman sekelasnya di gudang sekolah, kota Madrid tahun 1991.

5. Shadow People (2013)

https://www.youtube.com/embed/RszVo4me9qc

Film ini mengisahkan tentang seorang pembawa acara talk show di sebuah stasiun radio yang mengungkap teori konspirasi tentang pertemuannya dengan makhluk misterius yang dikenal sebagai The Shadow People. Makhluk ini dihubungkan dengan penyebab kematian misterius dari ratusan korban yang tidak terungkap pada tahun 1980-an.

Baca Juga: 10 Film Horor Underrated yang Gak Kalah Seram, Wajib Nonton!

6. My Friend Dahmer (2017)

https://www.youtube.com/embed/jmnuC7tn9D4

Film ini mengisahkan tentang pembunuh berantai homoseksual yang melakukan praktik kanibalisme bernama Jeffrey Lionel Dahmer (Ross Lynch). 

Jeffrey Lionel Dahmer, adalah seorang pembunuh berantai yang juga melakukan praktik kekerasan seksual, mutilasi, nekrofilia, dan kanibalisme. Total korban dari Jeffrey Lionel Dahmer adalah sebanyak 17 pria dan anak-anak pada tahun 1978 sampai 1991. 

7. The Haunting of Sharon Tate (2019)

https://www.youtube.com/embed/ICVydsoFTTk

Berdasarkan kisah nyata dari salah satu pembunuhan paling mengerikan dalam sejarah, yaitu pembunuhan seorang artis Hollywood yang sedang hamil bernama Sharon Tate pada tahun 1969. Pembunuhan dilakukan secara sadis oleh empat orang yaitu Charles Manson dan teman-temannya.

 

8. The Snowtown Murders (2012)

https://www.youtube.com/embed/OXgxhH01ea0

"The Snowtown Murders"  merupakan serangkaian pembunuhan (12 pembunuhan) yang dilakukan oleh John Bunting (Daniel Henshall), Robert Wagner (Aaron Viergever) dan James Vlassakis (Lucas Pittaway) pada Agustus 1992 dan Mei 1999.

Pembunuhan tersebut dilakukan di dan kota Adelaide, Australia Selatan. Pembunuh keempat, Mark Haydon (David Walker), juga ikut dikenakan hukuman karena ikut membantu membuang mayat.

Pengadilan para pembunuh ini merupakan salah satu pengadilan yang paling lama dan paling populer dalam sejarah hukum Australia. Sebagian besar mayat ditemukan dalam tong di lemari besi bank yang ditinggalkan di Snowtown, oleh karena itu "The Snowtown Murders" juga dikenal sebagai pembunuhan dalam tong.

9. Winchester (2018)

https://www.youtube.com/embed/0Juc2cL26mg

Terinspirasi dari kisah nyata, di area tanah yang terisolasi di dekat kota San Francisco di mana terdapat rumah yang dijuluki paling berhantu di dunia. Dibangun oleh Sarah Winchester (Dame Helen Mirren), seorang pewaris kekayaan Winchester.

Proses pembangunan rumah tersebut dilakukan 24 jam sehari, 7 hari seminggu, selama puluhan tahun. Rumah tersebut terdiri dari tujuh lantai dan berisi ratusan kamar.

Sarah Winchester (Dame Helen Mirren) adalah istri dari pemilik produsen senjata terkenal bernama William Wirt Winchester. Kematian mendadak suaminya dan kematian dari anak mereka, Annie, membawa keterpurukan hebat. Winchester yakin bahwa dirinya dikutuk oleh hantu-hantu yang tewas akibat senjata api buatan perusahaan Winchester.

10. Deliver Us From Evil (2014)

https://www.youtube.com/embed/2RR42oZX3-U

Mengisahkan tentang seorang petugas polisi New York bernama Ralph Sarchie (Eric Bana), yang menyelidiki serangkaian kejahatan aneh yang tidak masuk akal. Dia bekerja sama dengan seorang pendeta (Edgar Ramirez) yang khusus menangani ritual pengusiran setan.

Digarap berdasarkan buku, yang memberikan uraian detail terkait kasus-kasus mengerikan yang ditangani oleh Ralph Sarchie.

Serangkaian film yang dicantumkan di atas merupakan yang paling banyak diperbincangakan sejak pertama kali ditayangkan. Beberapa adegan dalam film juga dikategorikan untuk umur tertentu, harap bijak dalam menonton, dan menontonlah sesuai kategori umur kalian, ya. Selamat menonton!

Baca Juga: 10 Film Horor Terlaris Di Dunia, Seram tapi Bikin Kecanduan

Tamara Puspita Ayu Photo Community Writer Tamara Puspita Ayu

I write what i know & know what i write

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Paulus Risang

Berita Terkini Lainnya