Comscore Tracker

15 Anime Terbaru Adaptasi Manga di 2023, Uzumaki hingga Mashle

Sangat dinantikan penggemar

Manga yang diadaptasi menjadi anime bukan hal yang asing di dunia animasi Jepang. Umumnya, manga yang sebelumnya telah populer memiliki kesempatan besar untuk digubah menjadi animasi dua dimensi. 

Sama seperti tahun-tahun sebelumnya, di 2023 ini ada banyak anime yang diangkat berdasarkan cerita manga. Beragam judul seru akan disajikan sepanjang tahun ini. Berikut daftar 15 anime terbaru adaptasi manga di 2023 beserta sinopsis singkatnya. 

1. Uzumaki

https://www.youtube.com/embed/uWF6UBz9Amc

Setelah tiga kali diundur penayangannya, adaptasi manga karya maestro horor Junji Ito ini dikonfirmasi tayang tahun 2023 ini. Kisahnya terjadi di Kota Kurozu yang dilanda kutukan mengerikan dan membuat orang-orang terobsesi dengan segala hal terkait bentuk spiral.  

2. Jigokuraku (Hell's Paradise)

https://www.youtube.com/embed/UkYTGSrtePU

Digarap oleh studio MAPPA, Jigokuraku diangkat berdasarkan manga karya Kaku Yuuji. Anime ini mengikuti kisah ninja bernama Gabimaru the Hollow yang tidak bisa mati. Dia lalu dikirim ke sebuah pulau misterius untuk mencari ramuan kehidupan. Anime ini akan tayang April 2023. 

3. Mashle: Magic and Muscles

https://www.youtube.com/embed/Hbz4shbCPCA

Anime ini diadaptasi dari manga komedi dan fantasi karya Hajime Komoto. Di dunia yang menganggap sihir sebagai keharusan, Mash sama sekali tak punya bakat sihir dan sebagai gantinya dia terus melatih kekuatan fisiknya. Anime ini akan tayang pada April 2023. 

4. A Galaxy Next Door

https://www.youtube.com/embed/ozAWwGETUBg

A Galaxy Next Door dibuat berdasarkan manga romcom karya Gido Amagakure yang sebelumnya dikenal pencipta manga Sweetness & Lightning. Kisahnya mengikuti perjuangan mangaka tak dikenal yang harus banting tulang menghidupi dua adiknya. Anime ini akan tayang April 2023. 

5. Insomniacs After School

https://www.youtube.com/embed/AQpHhU0SDb4

Akan rilis April 2023, adaptasi dari manga slice of life karya Makoto Ojiro ini dianimasikan oleh studio LIDENFILM. Ceritanya mengikuti Nakami dan Isaki yang sama-sama menderita insomnia. Mereka mulai menghabiskan waktu bersama kemudian membuat observatorium sekolah menjadi tempat tidur pribadi. 

Baca Juga: 5 Film Anime Terbaik Studio 4°C, Ada Children of the Sea

6. Oshi no Ko

https://www.youtube.com/embed/zQNPDRZc0Js

Oshi no Ko merupakan manga hasil kolaborasi kreator Kaguya-sama: Love is War, Aka Akasaka, bersama mangaka Kuzu no Honkai yakni Mengo Yokari. Anime ini perlihatkan sisi gelap nan mengerikan dari gemerlapnya dunia hiburan. Serial ini direncanakan rilis Spring 2023. 

7. Watashi no Shiawase na Kekkon (My Happy Marriage)

https://www.youtube.com/embed/JSNKlDm0AMw

Usai kematian sang ibu, Miyo Saimori menjalani kehidupan sebagai pelayan di rumahnya sendiri. Miyo mengira hidupnya akan semakin sulit ketika dia dijodohkan dengan perwira militer yang dikenal kejam. Alih-alih menikah dengan pria jahat, Miyo malah mendapati suaminya sangat baik hati dan menghargainya lebih dari siapapun. 

8. Sacrificial Princess and the King of Beasts

https://www.youtube.com/embed/GuI9M2p9nmk

Diangkat dari manga shoujo karya Yu Tomofuji, anime ini berpusat pada Sariphi yang dijadikan  persembahan untuk Raja Leonhart dari kerajaan binatang. Akan tetapi, aih-alih memakannya, Raja Leonhart membiarkan Sariphi tetap hidup. Anime romansa fantasi ini akan tayang April 2023. 

9. Sousou no Frieren

https://www.youtube.com/embed/QzjVEbf0ppg

Sebagai elf yang masa hidupnya lama, penyihir Frieren menyaksikan satu-persatu sahabatnya meninggal. Frieren lalu melakukan perjalanan menyusuri kembali tempat-tempat yang pernah dikunjunginya dan para sahabatnya. 

10. Blue Orchestra

https://www.youtube.com/embed/gLR5Xa2nAtY

Anime ini diangkat dari manga bergenre drama dan musik karya Makoto Akui yang juga merupakan kreator film Kokoro ga Sakebitagatterunda. Blue Orchestra berfokus pada Hajime Aono yang berusaha membangun kembali kepercayaan diri untuk bermain biola. Anime ini akan rilis pada April 2023. 

Baca Juga: 9 Fakta Unik Yor Forger Spy X Family, Nama Aslinya Yolanda

11. Tearmoon Empire

https://www.youtube.com/embed/0cKGjYRv3cM

Angkat tema time travel, Tearmoon Empire bercerita tentang Putri Mia yang melakukan perjalanan waktu ke masa anak-anak setelah dia dieksekusi menggunakan guillotine. Sadar punya kesempatan kedua, Mia mulai memperbaiki kesalahannya dan mengubah sistem kekaisaran bobrok yang menjadi cikal bakal pemberontakan di masa depan. 

12. Tomo-chan wa Onnanoko! (Tomo-chan is Girl!)

https://www.youtube.com/embed/ljl2fdQ9dYc

Sudah tayang sejak 5 Januari 2023 lalu, anime ini sajikan kisah kocak Tomo Aizawa yang berusaha menyatakan cinta pada sahabat masa kecilnya Junichirou "Jun". Sial bagi Tomo, karena Jun tidak pernah memandangnya sebagai perempuan melainkan sebagai teman laki-laki. 

13. My Home Hero

https://www.youtube.com/embed/vOZqSzk63U0

Anime ini perlihatkan kisah ayah yang mencoba segala cara untuk melindungi keluarga. Konflik dimulai ketika Tosu Tetsuo tak sengaja membunuh pacar putrinya. Nahas, orang itu adalah anak dari pemimpin sindikat kriminal. Sejak itu, Tosu dan keluarganya menjadi buronan. Adaptasi anime dari manga karya Masashi Asaki dan Naoki Yamakawa ini akan rilis April 2023. 

14. Skip to Loafer

https://www.youtube.com/embed/l5tRGkHYl7k

Iwakura Mitsumi merupakan gadis desa yang naif dan punya impian belajar di universitas bergengsi. Usai lulus SMP, dia memberanikan diri pindah dari desa ke SMA di Tokyo. Beruntung bagi Iwakura, dia dengan cepat menjalin pertemanan bersama cowok tampan baik hati bernama Shima Sousuke. 

15. Under Ninja

https://www.youtube.com/embed/VekwkmxMBS4

Berdasarkan manga karya Kengo Hanazawa, anime action ini bercerita tentang organisasi resmi para ninja untuk memerangi kriminal dan terorisme. Karakter utama anime ini adalah Kubo yang bekerja keras menjadi ninja hebat di tengah banyak rintangan yang menghadangnya. 

Deretan anime di atas siap menemani sepanjang tahun 2023 ini. Kamu bisa menyaksikan anime-anime tersebut di platform legal seperti BStation, iQIYI, atau kanal Youtube Muse Indonesia. Jangan sampai kelewatan!

Baca Juga: 6 Judul Manga yang Perlu Adaptasi Anime Secepatnya, Seru!

Nufi Photo Community Writer Nufi

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Paulus Risang

Berita Terkini Lainnya