Comscore Tracker

8 Film Drama Romantis Indonesia di Disney+ Hotstar, Gemas!

Banyak film baru keluaran tahun 2022, lho

Selain film buatan Disney dan Pixar, platform streaming Disney+ Hotstar juga menayangkan film-film dalam negeri. Ada beragam genre yang bisa kamu saksikan, mulai dari horor, dokumenter, hingga romance.

Nah, berikut ini rekomendasi film romance Indonesia yang tayang di Disney+ Hotstar. Sudah nonton semua?

1. Garis Waktu (2022)

https://www.youtube.com/embed/YiQ3rsd6jkw

Garis Waktu merupakan film drama romantis garapan sutradara Jeihan Angga. Film ini didasarkan dari novel dan lagu berjudul sama karya Fiersa Besari. Meski begitu, jalan ceritanya berbeda sama sekali, lho!

Film ini menceritakan seorang perempuan puitis bernama April yang jatuh cinta pada Senandika, pria baik yang tempo hari pernah menolongnya. Berasal dari latar belakang yang berbeda, hubungan April dan Senandika ditolak mentah-mentah oleh orang tua April.

2. Surat Cinta untuk Starla (2017)

https://www.youtube.com/embed/CEwLJnrT3X0

Film arahan sutradara Rudi Aryanto ini didasarkan dari lagu dengan judul sama karya musisi Virgoun. Film ini menceritakan hubungan dua anak muda, Hema dan Starla. 

Hema seorang yang mencintai alam. Ia kerap menulis puisi surat cinta untuk alam. Hingga suatu hari, ia bertemu Starla. Perkenalan yang hanya enam jam itu telah membangkitkan bunga-bunga cinta di dalam hati Hema. Kini, ia menulis surat cintanya untuk Starla. 

3. Kukira Kau Rumah (2022)

https://www.youtube.com/embed/yLIY-yaF9tE

Film Kukira Kau Rumah merupakan garapan Umay Shahab sebagai debut penyutradaraannya. Diadaptasi dari lagu berjudul sama karya Amigdala, film ini menceritakan seorang gadis bipolar bernama Niskala. 

Hal ini membuat ayahnya bersikap protektif, sehingga Niskala jarang bersosialisasi selain dengan teman dekatnya. Suatu hari, Niskala bertemu seorang pria bernama Pram. Keduanya pun saling jatuh cinta. Tetapi, kisah mereka tidaklah selalu berjalan mulus. 

4. Ada Apa dengan Cinta? (2002)

https://www.youtube.com/embed/mSZ-ySRW29k

Ada Apa dengan Cinta? merupakan sebuah film romance ikonik garapan sutradara Rudi Soedjarwo. Film ini menampilkan kisah cinta masa SMA yang unik sekaligus rumit antara Rangga dan Cinta. 

Sifat mereka yang bertolak belakang membuat keduanya kerap terlibat pertengkaran. Meski begitu, tak dapat dipungkiri bahwa Cinta benar-benar menyukai Rangga sebagaimana Rangga juga mencintainya. 

Baca Juga: 11 Profesi Vino G Bastian dalam Film dan Serial Indonesia

5. Cinta Subuh (2022)

https://www.youtube.com/embed/DD79b9xhvkI

Film yang disutradarai Indra Gunawan ini diadaptasi dari novel berjudul sama karangan Ali Farighi. Menceritakan Angga, seorang mahasiswa yang jarang ibadah tepat waktu. 

Suatu hari, Angga jatuh cinta pada Ratih, seorang perempuan yang cerdas dan religius. Ratih meminta satu hal pada Angga, yaitu agar ia melaksanakan salat subuh tepat waktu. Hal ini merupakan tantangan yang cukup berat bagi Angga.

Di sisi lain, ada seorang pria yang juga mencintai perempuan itu, Arya. Berbeda dengan Angga, Arya merupakan seorang yang patuh pada nilai-nilai dan aturan agama. 

6. Perahu Kertas (2012)

https://www.youtube.com/embed/vFjTDMJam30

Film yang disutradarai Hanung Bramantyo ini diadaptasi dari novel berjudul sama karangan Dee Lestari. Film ini sendiri terbagi dalam dua bagian, dirilis secara terpisah pada Agustus 2012 dan Oktober 2012.

Film ini menampilkan pasang surut kisah cinta antara Kugy dan Keenan. Kugy merupakan seorang yang periang dan gemar menulis. Sedangkan Keenan seorang pelulis berbakat yang terpaksa masuk fakultas ekonomi karena menuruti bapaknya. 

Mulanya dua orang ini hanya saling mengagumi secara diam-diam. Tetapi lambat laun, benih-benih cinta mulai tumbuh satu sama lain. Tetapi, berbagai halangan dan rintangan datang silih berganti menguji rasa masing-masing. 

7. Malik & Elsa (2020)

https://www.youtube.com/embed/TEjIj9baqJc

Film drama romantis arahan sutradara Eddy Prasetya ini merupakan adaptasi novel dengan judul sama karya Boy Candra. Bercerita tentang Malik dan Elsa yang saling menyukai lewat cara pendekatan yang tak biasa. 

Keduanya bermain tebak-tebakan dan Elsa kalah. Hukumannya ialah mentraktir Malik selama tujuh hari. Sepanjang hari-hari hukuman itulah, Malik dan Elsa kian dekat dan merasa telah menemukan dunianya bersama. 

8. Hujan Bulan Juni (2017)

https://www.youtube.com/embed/7tgG8A_lejM

Film garapan sutradara Hestu Saputra ini diadaptasi dari novel berjudul sama karya sastrawan Sapardi Djoko Damono. Hujan Bulan Juni sendiri dulunya merupakan sebuah puisi sebelum dialihwahanakan menjadi novel. 

Film Hujan Bulan Juni menceritakan kisah romantis antara Pingkan dan Sarwono. Hubungan mereka berjalan baik-baik saja. Hingga suatu hari, Pingkan yang merupakan seorang dosen sastra Jepang mendapat kesempatan belajar ke negeri sakura tersebut. Hal ini membuat Sarwono nelangsa. Ujian cinta mereka pun dimulai.

Nah, deretan film drama romantis Indonesia di atas dapat kamu saksikan di Disney+ Hotstar. Kisah suka dan duka yang dihadirkan dalam film-film tersebut mampu membawa penonton terlibat dalam suasananya. Dari delapan film di atas, mana saja yang belum kamu tonton? 

Baca Juga: 5 Film Anime Terbaik Studio 4°C, Ada Children of the Sea

Ekos Saputra Photo Community Writer Ekos Saputra

gemar membaca dan menulis

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Paulus Risang

Berita Terkini Lainnya