TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Profil Citra Scholastika, Jebolan Indonesian Idol yang Humble

Meski jarang tampil di televisi, Citra tetap produktif, lho!

Citra Scholastika (IDN Times/Febriyanti Revitasari)

Nama Citra Scholastika bukanlah nama asing di belantika musik tanah air. Perempuan asal Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta, ini merupakan runner-up Indonesian Idol pada 2010. Citra sempat begitu eksis hingga tahun 2015-an. 

Setelah 12 tahun berkarier, namanya masih eksis di dunia tarik suara. Meski jarang tampil di acara musik televisi, pelantun "Pasti Bisa" ini lebih sering tampil off-air dari satu kota ke kota lain.

Berikut profil lengkap Citra Scholastika yang dihimpun dari berbagai sumber.

1. Biodata Citra Scholastika

Citrascholastika (instagram.com/citrascholastika)

Nama Lengkap: Skolastika Citra Kirana Wulan

Nama Panggilan: Citra

Agama: Katolik

Tempat, tanggal lahir: Kulon Progo, 5 Juni 1993

Pendidikan: SMA Kak Seto Home Schooling

Profesi: Penyanyi solo

Akun Instagram: @citrascholastika

Akun Youtube: CitraScholastika Official

Baca Juga: Profil dan Biodata Farel Prayoga, Penyanyi Cilik yang Viral

2. Perjalanan karier menyanyi

Citrascholastika (instagram.com/citrascholastika)

Tahun 2022, Citra merayakan 12 tahun berkarier di Industri musik tanah air. Karier Citra menanjak setelah menjadi runner-up ajang Indonesian Idol musim keenam pada 2010. Kala itu, Citra bersaing dengan Igo di babak final. Meski menjadi runner-up, perempuan asal Yogyakarta yang waktu itu baru berusia 17 tahun ini lebih bersinar.

Indonesian Idol merupakan awal perjuangannya sebagai penyanyi profesional. Butuh waktu tiga tahun hingga ia menelurkan album perdananya bertajuk Pasti Bisa pada 2013. Kemudian, menyusul Tuhan Melihat Hati (album rohani/2014), dan Love & Kiss (2015).

Selain album sendiri, Citra juga menelurkan album kompilasi dengan beberapa musisi Tanah Air seperti Ayu Ting Ting, Fariz RM, dan Maia Estianty. Single lain yang cukup dikenal antara lain: "Everybody Knew", "Galau Galau Galau", "Turning Back To You", "Dulu Kini Nanti", dan "Hati-Hati Cinta".

3. Menjajal dunia akting

Biodata citra (imbd.com)

Sukses berkareir sebagai penyanyi Citra tak lantas berpuas diri. Dirinya pun sempat menjajal dunia film layar lebar. Ia didapuk memerankan film Mantan (2017) garapan Renee Production. 

Di film tersebut Citra beradu peran dengan Gandhi Fernando, Luna Maya, Karina Nadia, Ayudia Bin Slamet, dan Kimberly Ryder. Citra memerankan tokoh bernama Deedee yang memiliki karakter bertolak belakang dengan ia yang sebenarnya.

4. Pernah mendaftar jadi calon legislatif

Citrascholastika (instagram.com/citrascholastika)

Pada Pemilu 2019 lalu, lulusan SMA Home Schooling Kak Seto ini juga mencoba peruntungan di dunia politik. Menjadi kader Partai Nasdem, Citra maju sebagai calon legislatif DPR RI pada Daerah Pilihan (Dapil) Jawa Barat I.

Namun, Citra kalah suara dan batal melenggang ke Senayan. Kala itu Citra mendapat  2.735 suara. 

Baca Juga: Profil Shani Indira, Kapten JKT48 Asal Jogja yang Multitalenta

Verified Writer

Rama Dhanila

Hiiii~~

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Berita Terkini Lainnya