TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

5 Rekomendasi Anime tentang Naga selain Dragon Ball, Wajib Nonton!

Kemunculan naga bisa membuat kagum, takut, atau ketawa

Fairy Tail. (dok. A-1 Pictures / Fairy Tail)

Naga sangat dihormati dalam beberapa budaya sebagai makhluk suci pembawa keberkahan. Termasuk di anime, makhluk legendaris ini menjadi elemen penting yang memikat penonton dengan kehadirannya yang mengagumkan. Naga bisa menjadi pelindung, penghancur, atau bahkan penghibur yang tak terduga.

Kini makin banyak anime tentang naga selain Dragon Ball. Peran mereka dalam cerita juga beragam. Kira-kira anime apa saja ya itu? 

1. Fairy Tail

Di dunia Fairy Tail, ada yang disebut dragon slayer atau pembunuh naga, yaitu orang-orang yang bisa menggunakan sihir pembunuh naga, yang diajarkan langsung oleh naga tersebut. Dengan tujuan agar mereka bisa melawan naga jahat di masa depan.

Salah satunya adalah Natsu. Saat kecil ia diasuh Igneel, sang naga api. Natsu sudah menganggap Igneel seperti ayahnya sendiri, tapi suatu hari Igneel tiba-tiba menghilang. Karena itu Natsu memutuskan untuk mencari Igneel bersama Lucy dan Happy. Dan tentu saja seiring berjalannya waktu, ia menemui banyak naga lainnya. 

2. Akatsuki no Yona

Di dunia Akatsuki no Yona, eksistensi naga sudah dipercaya sejak 2000 tahun lalu. Lebih tepatnya saat kemunculan Raja Hiryuu dan Prajurit Naga generasi pertama. Prajurit Naga adalah empat orang yang menerima kekuatan dari para dewa naga untuk melindungi sang naga merah, Hiryuu. Mereka memiliki kekuatan jauh di atas manusia biasa.

Tahun demi tahun berlalu, terjadi kerusuhan di Kastil Kouka dan Sang Kaisar dibunuh. Yona, Putri Mahkota Kouka, pun harus kabur dari kerajaan karena berbagai pihak mengincar nyawanya. Suatu hari seorang pendeta menyarankan Yona pergi mencari Prajurit Naga untuk menjadi rekan sekaligus pelindungnya. Dan dimulailah petualangan Yona dan kawan-kawan yang seru dan penuh tantangan.

Baca Juga: 10 Anime Terbaik Mirip Harry Potter yang Wajib Ditonton

3. Miss Kobayashi's Dragon Maid

Kehidupan membosankan Kobayashi, seorang pekerja kantoran, berubah setelah ia menyelamatkan seekor naga yang sedang dalam kesulitan. Merasa berterima kasih, naga bernama Tohru berubah wujud menjadi manusia dan memutuskan untuk menjadi pembantu Kobayashi. Namun kenyataannya, kehadiran Tohru malah mengundang makhluk mistis lain datang ke rumah Kobayashi. 

4. Gate

Kisah dimulai ketika sebuah portal misterius berbentuk gerbang besar di Tokyo terbuka, memunculkan makhluk-makhluk gaib dan prajurit yang mengenakan baju besi abad pertengahan. Mereka menyerbu kota, membunuh dan menghancurkan semuanya.

Perwira Pasukan Bela Diri Jepang mencoba melawan dan melindungi tanah mereka. Hingga akhirnya mereka harus memasuki portal tersebut dengan harapan menciptakan perdamaian. Di dunia makhluk gaib, mereka menemukan makhluk-makhluk seperti elf, ogre, humanonoid, dan pastinya, naga. Naga-naga itu sangat ditakuti karena memangsa mereka.

5. Ragna Crimson

Ragna adalah seorang pemburu naga, tapi ia tidak memiliki keterampilan yang cukup dalam profesi ini. Makanya, Ragna berguru pada seseorang yang lebih kuat yaitu Leonica. Namun, suatu hari ia memimpikan kematian Leonica dan percaya bahwa ini adalah ramalan.

Demi menggagalkan ramalan tersebut, Ragna harus bekerja sama dengan sosok misterius yang dikenal sebagai Crimson dan membasmi semua naga untuk selamanya.

Meski penggambaran naga sangat bervariasi di berbagai anime, namun biasanya selalu memiliki peran sama yaitu sebagai entitas kuat dan misterius yang menuntut penghormatan dari manusia. Kehadiran mereka sukses membuat hati penonton berdegup kencang karena kagum dan terpikat. Kalau menurut kalian, mana pilihan anime tentang naga yang paling seru? 

Baca Juga: Sejarah Grand Inna Malioboro, Hotel Pertama di Jogja

Verified Writer

Dinda Hamzah

Ad astra per aspera.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Berita Terkini Lainnya