Comscore Tracker

Tips Tingkatkan Imunitas Tubuh di Tengah Merebaknya COVID-19 

Ini tips tingkatkan daya tahan tubuh dari ahli gizi UGM

Sleman, IDN Times - Kasus COVID-19 di Indonesia tengah melonjak. Untuk itu, setiap orang diharapkan bisa meningkatkan imunitas tubuh untuk mencegah terpapar dari virus corona.

Berkaitan dengan hal tersebut, Ahli Gizi dari Universitas Gadjah Mada (UGM) dr. Toto Sudargo dan dr. Fasty Arum Utami, membagikan tips untuk meningkatkan daya tahan tubuh terhadap penyakit. Berikut hal-hal yang bisa dilakukan:

1. Lakukan olahraga teratur dan istirahat cukup

Tips Tingkatkan Imunitas Tubuh di Tengah Merebaknya COVID-19 Ilustrasi olahraga (IDN Times/Mardya Shakti)

Toto menjelaskan, hal yang perlu dilakukan adalah olahraga teratur dengan intensitas sedang. Yakni dilakukan 3-5 kali per minggu dengan durasi 30-45 menit. Olahraga tersebut bisa dilakukan di tempat terbuka dengan paparan sinar matahari pagi. Selain itu juga istirahat yang cukup dan selalu berpikir positif.

“Neural exercise, misalnya pernapasan, vokalisasi dan postur untuk menjaga kesehatan dan physical exercise untuk menjaga kebugaran," ungkapnya pada Jumat (25/6/2021).

2. Standar gizi harus dipenuhi

Tips Tingkatkan Imunitas Tubuh di Tengah Merebaknya COVID-19 Ilustrasi makanan bergizi (Pexels/Trang Doan)

Tidak kalah penting adalah menghadirkan standar gizi sederhana untuk meningkatkan imun. Hal ini dilakukan dengan perbanyak mengonsumsi buah dan sayur. Toto menjelaskan, makanan yang mengandung vitamin C, seperti semua buah segar, sayur segar juga diperlukan.

“Juga makanan-makanan yang mengandung vitamin E, seperti kecambah, kacang hijau, telor, almon, minyak zaitun dan zink, contoh bahan makanannya jamur, kecambah kacang hijau, udang, daging, selada air, alpukat, kacang almon dan membatasi konsumsi gula garam dan lemak sesuai anjuran Isi Piringku," terangnya.

Baca Juga: Benarkah Ivermectin Ampuh untuk Terapi COVID-19? Ini Kata Pakar UGM 

3. Luangkan waktu untuk berjemur

Tips Tingkatkan Imunitas Tubuh di Tengah Merebaknya COVID-19 ilustrasi terpapar sinar matahari (pexels.com/Maggie Zhan)

Selanjutnya, diperlukan juga untuk meluangkan waktu agar terkena paparan sinar matahari dan melakukan aktivitas fisik rutin. Sementara untuk menghindari penularan COVID-19 maka cuci buah dan sayur sebelum dimasak atau dikonsumsi dan memastikan lauk dimasak dengan matang sempurna.

Lalu, meskipun seseorang sudah divaksinasi, juga harus tetap menerapkan protokol kesehatan dengan ketat. Seperti memakai masker dengan benar, mencuci tangan dengan sabun dan air mengalir serta menjaga jarak dan menghindari kerumunan.

"Masyarakat tetap saja diharapkan menjalankan perilaku disiplin protokol kesehatan 3M," katanya.

4. Gunakan metode Isi Piringku

Tips Tingkatkan Imunitas Tubuh di Tengah Merebaknya COVID-19 Ilustrasi menu diet (Pexels.com/Alexander Mils)

Sementara itu, Fasty mengungkapkan, agar memudahkan untuk mengingat bagaimana kita dapat mengonsumsi aneka ragam pangan, bisa menggunakan metode Isi Piringku.  Contoh untuk menu sehari, maka berdasarkan prinsip gizi seimbang menu yang bisa diaplikasikan di rumah adalah menu yang bisa diwujudkan dengan bahan-bahan yang mudah ditemui.

Untuk orang dewasa sendiri, kebutuhannya adalah 3 kali makan dan 2 kali kudapan. Sedang untuk anak-anak adalah 3 kali makan dan 3 kali kudapan. Fungsi dari kudapan atau snack adalah agar kita bisa mengontrol makanan pada jam berikutnya sehingga tidak terlalu banyak. 

“Contohnya, sarapan pagi dilakukan antara jam 6.00 – 9.00 Dilanjutkan dengan snack sebagai selingan pada jam 10.00–12.00. Sehingga saat makan siang, porsinya tetap dapat kita kontrol," paparnya.

Dia melanjutkan, untuk gizi seimbang sesuai dengan isi piringku maka kandungan gizi untuk makan siang, misalnya mencerminkan kandungan energi 700 kkal, protein 44,2 gr, Vit A; 1.572µg, Vit C 101 mg, Vit E 4,1 mg, Zn 2,2 mg, B6 0,4 mg, Asam folat 184,5µg, Iron 6,6 mg. Bentuknya bisa 100 gr ikan, 150 gr pepaya, 50 gr tahu, 150 gr nasi putih dan 150 gr sayuran.

“Sayuran-sayuran ini merupakan sumber vitamin dan mineral, terutama karoten, Vit A, Vit C, Zat Besi dan Fosfor. Sebagian vitamin dan mineral ini berfungsi sebagai antioksidan," katanya.

Baca Juga: Waspadai Gejala COVID-19 pada Anak, Tak Sama dengan Orang Dewasa

Topic:

  • Paulus Risang

Berita Terkini Lainnya