Comscore Tracker

Pakar UGM Sarankan Kamu Lakukan Tips Ini Jelang Vaksinasi COVID-19

Apa saja yang perlu disiapkan sebelum menjalani vaksinasi?

Sleman, IDN Times - Vaksinasi bagi Sumber Daya Manusia (SDM) kesehatan di Indonesia telah selesai dilakukan. Saat ini pun vaksinasi mulai menyasar pelayanan publik dan lansia, hingga nanti akhirnya bisa menyasar masyarakat luas.

Lalu, apa yang harus dilakukan sebelum menjalani vaksinasi? Berikut beberapa tips dari Pakar Virologi dan Imunologi dari Universitas Gadjah Mada (UGM), dr. Mohamad Saifudin Hakim.

Baca Juga: Akhirnya Terima Vaksinasi, Sultan HB X: Tidak Sakit, Tak Ada Implikasi

1. Konsumsi makanan yang bergizi dan seimbang

Pakar UGM Sarankan Kamu Lakukan Tips Ini Jelang Vaksinasi COVID-19Pixabay.com/diapicard

Hakim mengungkapkan, pada dasarnya tidak ada persiapan khusus yang harus dilakukan menjelang vaksinasi COVID-19, namun ada beberapa hal yang perlu diperhatikan. Salah satunya dengan menjaga kesehatan dan kebugaran tubuh. Hal itu dapat diperoleh antara lain dengan konsumsi makanan yang bergizi dan seimbang.
 
"Sebenarnya tidak ada persiapan spesifik yang mesti dilakukan dari sisi medis, misalnya harus konsumsi makanan, minuman, atau obat tertentu," ungkapnya.

2. Hindari kegiatan yang mengakibatkan kelelahan

Pakar UGM Sarankan Kamu Lakukan Tips Ini Jelang Vaksinasi COVID-19Ilustrasi Vaksinasi COVID-19 (ANTARA FOTO/Nova Wahyudi)

Selanjutnya, hal yang perlu dilakukan adalah dengan beristirahat dengan cukup. Menurut Hakim, seseorang yang akan divaksinasi sebisa mungkin harus dalam keadaan prima. Untuk itu, dirinya menganjurkan agar bisa menghindari kegiatan-kegiatan yang menimbulkan kelelahan.

"Hindari melakukan kegiatan berat yang mengakibatkan kelelahan sehingga saat menerima vaksin kondisi tubuh dalam keadaan prima," katanya.

3. Tidak perlu mengkonsumsi obat anti alergi sebelum vaksinasi

Pakar UGM Sarankan Kamu Lakukan Tips Ini Jelang Vaksinasi COVID-19Ilustrasi Obat-Obatan (IDN Times/Mardya Shakti)

Hakim menjelaskan, menjelang vaksinasi seseorang juga disarankan untuk tidak mengonsumsi obat anti alergi. Menurutnya, sebelum divaksinasi petugas kesehatan akan melakukan skrining riwayat kesehatan termasuk alergi.

"Apabila ada riwayat alergi berat terhadap komponen vaksin, maka tidak akan diberikan vaksin COVID-19," terangnya.

4. Selalu patuhi protokol kesehatan

Pakar UGM Sarankan Kamu Lakukan Tips Ini Jelang Vaksinasi COVID-19Warga melintas di dekat mural bergambar simbol orang berdoa menggunakan masker yang mewakili umat beragama di Indonesia di kawasan Juanda, Kota Depok, Jawa Barat, Kamis (18/6/2020) (ANTARA FOTO/Yulius Satria Wijaya)

Hal yang tidak boleh diabaikan menjelang, saat vaksinasi maupun setelah vaksinasi adalah mematuhi protokol kesehatan. Menurut Hakim, protokol kesehatan seperti memakai masker, cuci tangan, jaga jarak dan beberapa hal lain harus selalu diperhatikan.

"Jangan lupa untuk tetap patuh menerapkan protokol kesehatan 5M, yaitu memakai masker, mencuci tangan dengan sabun di air mengalir, menjaga jarak, menghindari kerumunan, serta membatasi mobilitas," tuturnya. 

5. Pascavaksinasi, tidak perlu konsumsi obat pereda nyeri

Pakar UGM Sarankan Kamu Lakukan Tips Ini Jelang Vaksinasi COVID-19pexels.com/@pietrozj

Beberapa orang usai menjalani vaksinasi ada yang merasakan nyeri, lalu apakah dia perlu mengonsumsi obat pereda nyeri? Hakim menerangkan jika konsumsi obat pereda nyeri tidak disarankan karena injeksi vaksin hanya menimbulkan nyeri yang ringan. Obat pereda nyeri hanya diberikan atas indikasi dokter pada kondisi tertentu.

Jadi, apakah kamu siap untuk divaksinasi?

Baca Juga: Tarian 'Petruk Divaksin', Simbol Kegembiraan Rakyat Sambut Vaksinasi

Topic:

  • Paulus Risang

Berita Terkini Lainnya