Comscore Tracker

Pakai Masker, Jangan Sembarangan Pilih Skincare!

Ini bahan skincare yang perlu dihindari menurut dokter UGM

Sleman, IDN Times - Kondisi pandemik COVID-19 mengharuskan semua orang untuk mengenakan masker. Namun, masalah kulit bisa timbul ketika seseorang tidak memperhatikan kebersihan masker maupun skincare yang digunakan.

Dokter Flandiana Yogianti, dari Departemen Dermatologi dan Venereologi Fakultas Kedokteran, Kesehatan Masyarakat dan Keperawatan (FKKMK) Universitas Gadjah Mada (UGM) mengatakan jika saat pandemik COVID-19, kita perlu memperhatikan skincare yang dipakai untuk terhindar dari masalah kulit seperti jerawat dan kulit kemerahan.

Lalu, bahan skincare yang seperti apa yang disarankan agar terhindar dari masalah kulit? Berikut penjelasan dari Flandiana.

Baca Juga: Kamu Bisa Konsultasi Psikologi Gratis lewat Tenang Lapang, Ini Caranya

1. Beberapa bahan yang disarankan untuk dihindari

Pakai Masker, Jangan Sembarangan Pilih Skincare!Ilustrasi perempuan memakai skincare (unsplash.com/Kalos Skincare)

Flandiana menjelaskan, ada beberapa bahan skincare yang harus dihindari penggunaannya pada saat memakai masker. Dari banyak jurnal yang ada, seseorang perlu untuk menghindari skincare yang mengandung alkohol, asam salisilat, dan retinol. Dengan kondisi tertutup, memakai masker, berjam-jam, jadi suatu kemungkinan untuk menyebabkan iritasi pada kulit juga lebih tinggi.

"Jadi kalau mau dipakai malam aja, lebih bijaksana, bukan tidak memakai sama sekali,” ungkapnya pada Kamis (19/8/2021).

2. Sesuaikan dengan jenis kulit

Pakai Masker, Jangan Sembarangan Pilih Skincare!freepik.com

Menurut Flandiana, penggunaan skincare yang tidak tepat bisa memicu munculnya masalah kulit. Untuk itu, sangat penting bagi seseorang untuk mengetahui jenis kulitnya terlebih dahulu. Hal tersebut agar seseorang tahu apakah produk perawatan yang digunakan sesuai dengan jenis kulit.

"Kalau tidak sesuai akan menyebabkan gangguan kulit, salah satunya beruntusan juga. Memang seyogyanya kalau membeli suatu produk di cek ada tidak izin edarnya, BPOM-nya. Sekarang kan zamannya online, sangat mudah untuk belanja, kita perlu cermat,” terangnya.

3. Disarankan tidak pakai make up terlalu tebal saat pakai masker

Pakai Masker, Jangan Sembarangan Pilih Skincare!Ilustrasi mengenakan masker (pexels.com/Anna Shevts)

Flandiana menyarankan agar saat menggunakan masker seseorang tidak memakai make up terlalu tebal. Hal tersebut akan menyumbat dan nantinya akan meningkat potensi untuk munculnya jerawat.

4. Segera konsultasi jika terjadi masalah kulit

Pakai Masker, Jangan Sembarangan Pilih Skincare!ilustrasi peradangan di kulit (pexels.com/AnnaNekrashevich)

Terakhir, Flandiana menegaskan jika sudah terdapat tanda peradangan dari penggunaan skincare seperti kulit merah, gatal, perih, kering mengelupas dan sebagainya segera konsultasi ke Dokter Spesialis Kulit dan Kelamin atau Dokter Spesialis Dermatologi dan Venereologi terdekat. Hal tersebut untuk menghindari permasalahan kulit yang lebih parah.

Baca Juga: WFH Bikin Stres, Ini Cara Mengatasinya menurut Psikolog UGM

Topic:

  • Paulus Risang

Berita Terkini Lainnya