Comscore Tracker

Mampu Meningkatkan Daya Tahan Tubuh, Ini 5 Khasiat Konsumsi Jahe

Rempah-rempah yang wajib ada di dapur orang Indonesia

Salah satu Warga Negara Indonesia (WNI) yang sempat menjalani observasi karantina di Natuna setelah tinggal di Wuhan, Tiongkok, adalah Nugraha Krisdianta (46), yang berasal dari Yogyakarta. Nugraha mengaku punya tips menjaga kesehatan agar terhindar dari Covid-19.

Pria yang sehari-hari menjadi pengajar di salah satu sekolah tinggi swasta ini, menjelaskan untuk menjaga tubuh agar tetap bugar dia rutin berolahraga. Tak hanya itu, pria asal Sleman, juga mengonsumsi makanan bergizi, dan jahe, yang tidak lain merupakan obat-obatan warisan nenek moyang.

Untuk itu kita lihat yuk, apa saja sebenarnya khasiat jahe yang mampu menjaga tubuh tetap sehat dari gempuran corona. 

Baca Juga: RSUP dr Sardjito Isolasi Pasien yang Sakit Usai Umrah

1. Jahe kaya akan antioksidan

Mampu Meningkatkan Daya Tahan Tubuh, Ini 5 Khasiat Konsumsi JahePixabay/Leo_65

Antioksidan sangat penting bagi tubuh manusia. Antioksidan berfungsi untuk menyeimbangkan reaksi pada tubuh yang diakibatkan dari gaya hidup tidak sehat. Reaksi pada tubuh ini berasal dari radikal bebas.

Meskipun pada dasarnya tubuh manusia bisa menangkal radikal bebas secara alami, namun berbagai kegiatan tidak sehat seperti merokok, bisa menyebabkan tubuh mengalami kesulitan untuk menangkal radikal bebas secara alami.

Nah, jahe mengandung antioksidan yang bisa memperlambat proses radikal bebas yang ada di dalam tubuh, sehingga lebih kebal terhadap risiko penyakit yang ditimbulkan oleh radikal bebas. 

2. Dapat mengendalikan kadar gula darah

Mampu Meningkatkan Daya Tahan Tubuh, Ini 5 Khasiat Konsumsi JahePixabay/TesaPhotography

Bagi orang yang memiliki diabetes, mengonsumsi jahe secara rutin bisa membantu mengendalikan gula darah. Penderita diabetes membutuhkan hormon insulin agar mampu mengatur kadar gula darah dalam tubuh, sedangkan jahe memiliki kemampuan untuk membantu respon insulin agar bisa mengatur kadar gula darah. Jika hormon insulin ini kurang, maka gula darah tidak dapat dipecah dan menimbulkan penumpukan keton yang berbahaya bagi penderita diabetes.

Meskipun mengonsumsi jahe bisa membantu penderita diabetes, namun ada baiknya untuk berkonsultasi kepada dokter jika penderita juga meminum obat diabetes setiap hari. Hal ini untuk meminimalkan agar tidak terjadi reaksi yang mengganggu khasiat obat yang diminum.

3. Memperlancar program penurunan berat badan

Mampu Meningkatkan Daya Tahan Tubuh, Ini 5 Khasiat Konsumsi JaheFlickr/Alan Cleaver

Jahe ternyata juga baik bagi orang yang sedang menurunkan berat badan. Jahe dapat memperbaiki kadar leptin yang ada di dalam tubuh. Leptin ini berfungsi untuk menimbulkan rasa kenyang lebih lama, sehingga orang yang sedang program menurunkan berat badan bisa menambahkan jahe pada menu dietnya agar tidak mudah tergoda dengan makanan.

Selain itu jahe juga membantu metabolisme tubuh sehingga proses pembakaran lemak, sehingga akan lebih baik dan membantu mencapai berat badan yang diinginkan.

4. Menurunkan zat pemicu peradangan pada tubuh

Mampu Meningkatkan Daya Tahan Tubuh, Ini 5 Khasiat Konsumsi JahePixabay/whitesession

Jahe memiliki kandungan flavonoid yang merupakan salah satu antioksidan. Flavonoid ini mampu mengurangi rasa sakit bagi penderita rematik. Rematik disebabkan akibat peradangan pada sendi-sendi. Dengan mengonsumsi jahe, peradangan di sendi-sendi ini dapat mereda sehingga penderita rematik bisa lebih membaik. 

Selain itu jahe juga bisa meredakan radang usus. Kandungan yang bernama Zingerone dapat menghambat munculnya enzim yang menyerang penderita radang usus, sehingga mengonsumsi jahe juga baik bagi pencernaan.

5. Meningkatkan kekebalan tubuh

Mampu Meningkatkan Daya Tahan Tubuh, Ini 5 Khasiat Konsumsi JahePixabay/silviarita

Penyebaran penyakit dan virus tergantung pada daya tahan tubuh setiap orang, sehingga menjaga kesehatan agar daya tahan tubuh meningkat perlu dilakukan, salah satunya dengan mengonsumsi jahe. Jahe mengandung sekumpulan zat bioaktif yang mampu memaksimalkan sel imun agar tubuh kita lebih kebal terhadap penyakit dan virus.

Itulah berbagai khasiat jahe yang ternyata sangat menyehatkan tubuh. Dalam mengonsumsinya kamu bisa membuat racikan air jahe dengan air hangat agar kandungannya tidak banyak yang hilang karena panas. Yuk, jaga kesehatan agar tidak mudah terkena penyakit.

Baca Juga: Jahe dan Olahraga Kunci WNI yang Diobservasi di Natuna Tetap Bugar

Topic:

  • Rijalu Ahimsa
  • Febriana Sintasari

Berita Terkini Lainnya