3 Fakta Calzone, Pizza Pilihan Para Buruh Kota Naples di Italia 

Pizza tertutup seperti pastel

Berbicara tentang makanan Italia, pasti salah satu yang tidak ketinggalan adalah pizza. Umumnya, makanan ini berbentuk lingkaran dengan saus, keju, dan ditaburi aneka topping.

Salah satu jenis pizza unik adalah calzone. Alih-alih berbentuk lingkaran, calzone menyerupai kue pastel, dan disebut dengan pizza tertutup dan berbentuk setengah lingkaran. Konon, calzone populer di kalangan buruh di Italia karena praktis dibawa. Untuk tahu lebih lanjut fakta menarik calzone, simak artikel ini sampai habis, ya!

 

1. Calzone, pizza tertutup khas Naples, Italia

3 Fakta Calzone, Pizza Pilihan Para Buruh Kota Naples di Italia ilustrasi calzone (pexels.com/adrian vieriu)

Walau disebut pizza, namun calzone berbeda dengan lainnya. Pizza dari Kota Naples, Italia ini, bentuknya adonannya dilipat sehingga menyerupai half moon. Ukurannya kurang lebih seperti sandwich karena diperuntukkan untuk porsi satu orang. Namun ada juga calzone berukuran besar agar bisa dimakan ramai-ramai.

 

2. Calzone adalah hidangan yang populer di kalangan buruh pelabuhan

3 Fakta Calzone, Pizza Pilihan Para Buruh Kota Naples di Italia ilustrasi calzone (pixabay.com/ignaciomeseguersocarra)

Melansir dari Tasting Table, calzone tercipta di Naples pada abad ke-18. Pada zaman itu, pizza terkenal sebagai makanan para kelas pekerja. Namun bentuknya yang bulat datar dengan toping dan saus, dan harus menggunakan garpu dan pisau untuk memakannya, membuat ribet para para pekerja pelabuhan.

Akhirnya, dibuatlah inovasi pizza berupa calzone, yang praktis dan mudah dibawa oleh para pekerja. Nama calzone berarti celana panjang, yang maksudnya makanan ini dapat dimakan sambil berjalan. Calzone tradisional dibuat tanpa saus untuk mencegah saus tercercer saat dimakan.

 

Baca Juga: Pizza Marzano Hadir di Jogja, Ada Pizza Making Class Mulai Rp75 Ribuan

3. Isian calzone bermacam-macam sesuai wilayahnya

3 Fakta Calzone, Pizza Pilihan Para Buruh Kota Naples di Italia ilustrasi calzone (freepik.com/boyarkinamarina)

Toping calzone disesuaikan dengan daerah masing-masing. Setiap daerah punya isian khas. Adapun salah satu resep isian awal calzone terdiri dari sawi putih, ikan teri, zaitun hitam, kismis, bawang putih, dan kuning telur.

Saat ini, calzone diisi aneka macam isian dari sayuran, daging, keju, hingga herbal. Salah satu keju yang populer jadi isian adalah ricotta dan keju mozarela. Kamu pasti pernah mencicipi calzone kan?

Baca Juga: 5 Fakta Sepultura, Band Heavy Metal Siap Guncang Jogja

Wanudya A Photo Community Writer Wanudya A

You'll never walk alone.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Febriana Sintasari

Berita Terkini Lainnya