Comscore Tracker

Unik dan Murah, 6 Oleh-oleh Khas Kulon Progo Ini Wajib Kamu Coba

Jangan lupa dibawa pulang untuk buah tangan

Kabupaten Kulon Progo tengah naik daun sebagai daerah tujuan wisata. Ditambah lagi dengan dibangunnya bandara internasional Yogyakarta di kabupaten yang kerap disebut Westprog ini, berpotensi membuat wisatawan yang datang semakin meningkat.

Nah, selain destinasi wisata alam yang jadi unggulan, Kulon Progo juga memiliki sejumlah kuliner khas yang cocok dibawa pulang sebagai buah tangan, lho. Apa saja, ya? Berikut oleh-oleh khas Kulon Progo yang unik dan murah, wajib coba!

1. Geblek

Unik dan Murah, 6 Oleh-oleh Khas Kulon Progo Ini Wajib Kamu Cobainstagram.com/less_tari

Bisa dibilang, kuliner satu ini paling dikenal di Kulon Progo. Geblek adalah makanan tradisional Kulon Progo. Makanan ini terbuat dari tepung kanji dan tapioka yang digoreng, hasilnya rasanya benar-benar gurih dengan tekstur crispy.

Biasanya, untuk teman bersantap menggunakan tempe bacem. Makanan ini paling enak kalau dinikmati ketika masih hangat. 

2. Growol

Unik dan Murah, 6 Oleh-oleh Khas Kulon Progo Ini Wajib Kamu Cobatwitter.com/watespahpoh

Growol sudah ada sejak dulu. Ini adalah makanan pengganti nasi, karena dulu beras cukup susah mendapatkannya – terlebih bagi wilayah pinggiran dan pelosok. Growol adalah olahan dari singkong yang rasanya gurih. Untuk teman bersantap biasanya menggunakan serundeng atau tempe benguk.

3. Besengek

Unik dan Murah, 6 Oleh-oleh Khas Kulon Progo Ini Wajib Kamu Cobatempbesengek.blogspot.co.id

Besengek atau tempe benguk terbuat dari biji kacang koro yang lebih besar dari kedelai. Gak perlu ragu dulu dengan penampilannya. Pasalnya rasa dari tempe benguk ini sangat khas, gurihnya pun berbeda dari tempe kedelai. Paling nikmat, tempe besengek cocok dimakan dengan geblek atau growol.
 

Baca Juga: 5 Fakta Unik SGPC Bu Wiryo, Nasi Pecel Legendaris di Kawasan UGM

4. Gula Semut

Unik dan Murah, 6 Oleh-oleh Khas Kulon Progo Ini Wajib Kamu Cobamasfikr.com

Makanan ini mirip seperti gula jawa, hanya saja bentuk seperti gula pasir atau hampir seperti bubuk. Gula semut terbuat dari nira kelapa dan produksinya ada di daerah Hargotirto, Kokap, Kulon Progo. Bahkan, dua produsen gula semut yakni CV Menoreh Politan dan KSU Jatirogo pernah mengikuti pameran internasional di Hong Kong untuk memperluas jaringan ekspor mereka. Wuih, keren!
 

5. Cenil

Unik dan Murah, 6 Oleh-oleh Khas Kulon Progo Ini Wajib Kamu Cobayoutube.com/Unik Channel

Bentuknya bulat atau lonjong, kecil-kecil berwarna-warni serta ditaburi parutan kelapa dan gula pasir di atasnya, makanan khas ini disebut cenil. Jajanan ini bisa ditemukan di pasar-pasar tradisional Kulon Progo. Rasanya manis dan gurih, teksturnya pun kenyal dan empuk. Makanan ini terbuat dari sari pati ketela pohon. Kalau kamu sedang ke Kulon Progo, mampirlah ke pasar tradisionalnya. Dijamin kamu bakal menemukan jajanan lain yang gak kalah uniknya.
 

6. Enting-enting jahe

Unik dan Murah, 6 Oleh-oleh Khas Kulon Progo Ini Wajib Kamu Cobatipswisatamurah.com

Mungkin beberapa dari kamu sudah mengenal oleh-oleh ini, atau bahkan pernah mencicipinya. Enting-enting jahe bisa dengan mudah ditemukan di toko oleh-oleh Kulon Progo. Makanan ini terbuat dari campuran gula, kacang, wijen, kelapa, dan vanili. Rasa manis dan pedasnya jahe berpadu sempurna. Jadi gak heran kalau kuliner ini juga jadi salah satu kudapan yang digandrungi.

Itulah dia beberapa oleh-oleh khas Kulon Progo yang unik sekaligus murah. Tergoda untuk mencoba? Jangan lupa dibawa pulang untuk buah tangan bagi orang-orang tersayang!

Baca Juga: 10 Inovasi Makanan Ini Jadi Penemuan Terbaik di Bidang Kuliner

Artikel ini pertama kali ditulis oleh Nara Yana di IDN Times Community dengan judul Murah & Enak, Oleh-Oleh khas Kulon Progo Ini Wajib Dibawa Pulang!

Topic:

  • Paulus Risang

Berita Terkini Lainnya