Comscore Tracker

Makan Lupis Paling Enak di Yogyakarta, 7 Tempat ini Bisa Jadi Pilihan

Bintang K-Pop pernah mencoba juga lho

Lee Seung Gi, salah satu artis Korea beberapa waktu lalu mengunjungi Yogyakarta. Aktor tampan itu berada di Kota Pelajar untuk syuting variety show Korea.

Keberadaan Lee Seung Gi di Yogyakarta itu tercium bermula saat videonya membeli lupis di tempat Mbah Satinem mendadak viral di media sosial. Tentu saja banyak orang penasaran kenapa aktor sekaligus penyanyi ini mencoba jajanan tradisional itu.

Yuk, cari tahu di mana saja tempat makan lupis yang enak di Yogyakarta!

1. Lupis Mbah Satinem

Makan Lupis Paling Enak di Yogyakarta,  7 Tempat ini Bisa Jadi PilihanInstagram.com/gembulfoodie

Jajanan tradisional buatan Mbah Satinem ini cukup melegenda di Yogya. Bahkan, lupis buatan wanita paruh baya ini menjadi kesukaan Presiden Soeharto, lho. Gak heran kalau Lee Seung Gi datang untuk mencicipi jajanan tradisional ini.

Untuk bisa menikmatinya, kamu harus datang pagi sekali, pukul 06.00-08.00. Harganya sekitar Rp5.000. Lupis legendaris ini terletak di Jalan Diponegoro dekat Tugu Jogja.

Baca Juga: Diangkat Netflix, Mbah Satinem: Ada yang Mengajak Foto Bareng

2. Lupis samping RS Hardjolukito

Makan Lupis Paling Enak di Yogyakarta,  7 Tempat ini Bisa Jadi PilihanInstagram.com/jogjataste

Lupis ini terletak di daerah Blok O atau tepat di samping Rumah Sakit Hardjolukito. Buka sejak pagi, tempat jajanan ini ramai didatangi para pembeli yang banyak dari luar kota.

Tak cuma lupis, ada klepon, cenil, dan masih banyak lagi yang lainnya. Harganya cuma Rp5.000-an.

3. Lupis depan Gardena

Makan Lupis Paling Enak di Yogyakarta,  7 Tempat ini Bisa Jadi PilihanInstagram.com/javafoodie

Kalau kamu sering melewati Jalan Solo atau Jalan Urip Sumoharjo, mungkin sudah gak asing lagi dengan Gardena. Ya, Gardena ini merupakan pusat perbelanjaan legendaris di Yogya.

Di depan Gardena, banyak jajanan yang bisa kamu cicipi. Salah satunya lupis yang dijual saat sore hari. Sang penjual biasanya menggunakan gerobak biru. Dia menjual klepon dan putu yang enak. Datanglah mulai pukul 15.00 ya biar gak kehabisan.

4. Kedai Lupis

Makan Lupis Paling Enak di Yogyakarta,  7 Tempat ini Bisa Jadi PilihanInstagram.com/kedailupis

Selain dijual secara tradisional, terdapat pula kafe kekinian yang menyediakan lupis, seperti Kedai Lupis yang terletak di Jalan Persatuan Nomor 84, Condongcatur.

Di sini lupisnya juga terbilang sudah modern. Kamu bisa memilih beragam topping, mulai dari cokelat, keju, hingga green tea. Jam bukanya selama pukul 08.00-20.00.

Baca Juga: 8 Rekomendasi Tempat Sarapan di Yogyakarta, Enak dan Murah Meriah

5. Lupis Babarsari

Makan Lupis Paling Enak di Yogyakarta,  7 Tempat ini Bisa Jadi PilihanInstagram.com/cecekuliner

Jajanan satu ini gak kalah terkenal di Yogyakarta. Datang kesiangan sedikit saja, kamu bisa gak kebagian. Lupis dan cenilnya memang sangat menggoda selera, makanya selalu laris manis.

Yang bikin unik, lupis di sini dipotong menggunakan benang. Dengan siraman gula cair membuat lupis ini benar-benar bikin ketagihan. Kamu bisa datang mulai pukul 06.30 di depan SDN Babarsari.

6. Warung Ocik

Makan Lupis Paling Enak di Yogyakarta,  7 Tempat ini Bisa Jadi PilihanInstagram.com/warungocik_yk

Berbeda dengan lainnya, lupis di rumah makan khas Medan ini berbentuk segitiga. Dengan taburan parutan kelapa dan gula cair membuatnya disukai banyak orang.

Warung Ocik berada di Jalan Wahid Hasyim, Nologaten, tepat di depan minimarket. Untuk bisa menikmatinya, kamu harus datang pukul 08.00-22.00.

7. Lupis Bu Soro Pasar Talok

Makan Lupis Paling Enak di Yogyakarta,  7 Tempat ini Bisa Jadi Pilihanardiankusuma.com

Kalau ingin mencicipi lupis ini, kamu harus blusukan ke dalam Pasar Talok untuk menemukannya. Lupis Bu Soro selalu jadi jujugan para pengunjung pasar yang berada di Kecamatan Gondokusuman ini. Harganya juga Rp5.000-an.

Itu tadi beberapa tempat makan lupis yang bisa kamu cicipi selama liburan di Yogyakarta. Nah dari beberapa tempat itu ada yang sudah pernah kamu cicipi belum?

Baca Juga: 10 Potret Kocak Ekspektasi vs Realita Saat Liburan di Yogyakarta

Topic:

  • Febriana Sintasari

Just For You