Comscore Tracker

Jangan Dilakukan, 5 Kesalahan Menyimpan Makanan di Kulkas

Kalau keliru, bisa bikin sakit, lho!

Kulkas menjadi salah satu hal penting dalam rumah tangga. Sebab, keberadaannya membuat urusan dapur jadi lebih mudah. Bahan makanan yang disimpan dalam kulkas bisa tahan lama. Bahkan daging bisa tahan berbulan-bulan jika dibekukan. 

Selain itu, kamu juga dapat menyimpan makanan sisa hari ini untuk disantap esok harinya. Jadi gak mubazir, deh! Namun, tahukah kamu ada beberapa hal yang gak boleh dilakukan saat menyimpan makanan di kulkas? Jika tak hati-hati, bisa-bisa malah bikin sakit, lho! Ini dia beberapa kesalahan yang sebaiknya dihindari!

1. Menyimpan makanan tanpa penutup

Jangan Dilakukan, 5 Kesalahan Menyimpan Makanan di Kulkashome.bt.com

Sisa bahan makanan jangan dibiarkan terbuka saat kamu menyimpannya di dalam kulkas. Pastikan kamu menutupnya atau memindahkannya ke wadah tertutup.

Selain tetap awet, makanan yang disimpan juga akan lebih aman dari bakteri. Bakteri tidak akan mudah berpindah dari satu makanan ke makanan yang lainnya.

Mulai dari sekarang biasakan tutup kembali bahan makanan yang kamu simpan di kulkas, apalagi yang basah seperti daging-dagingan atau buah-buahan yang telah diiris.

2. Memakai air untuk mencairkan makanan beku

Jangan Dilakukan, 5 Kesalahan Menyimpan Makanan di Kulkasflickr.com/waiferx

Apakah kamu sering menggunakan air untuk mencairkan makanan beku di dalam freezer? Cara ini ternyata tidak tepat. Departemen Pertanian Amerika Serikat menjelaskan makanan beku yang langsung dimasukkan ke dalam air dengan suhu antara 4-60 derajat Celsius justru bisa membuatmu sakit.

Jadi, lebih baik cairkan secara perlahan dengan memindahkannya dari freezer ke pendingin sebelum dimasak.

Baca Juga: Hindari Menyimpan 7 Makanan Ini di Dalam Kulkas!

3. Tak langsung memasukkan makanan ke dalam kulkas

Jangan Dilakukan, 5 Kesalahan Menyimpan Makanan di Kulkassafebee.com

Kebiasaan membiarkan makanan di suhu ruang setelah belanja atau ketika akan mengolahnya ternyata juga gak baik, lho. Bakteri akan berkembang biak dengan cepat, apalagi kalau kamu membiarkannya selama dua jam. Lebih baik langsung mengolahnya setelah dikeluarkan, dan harus cepat dimasukkan jika tidak diolah.

4. Tidak memindahkan susu ke dalam botol

Jangan Dilakukan, 5 Kesalahan Menyimpan Makanan di Kulkasdowntoearth.org.in

Susu ternyata juga punya cara tersendiri dalam penyimpanannya. Normalnya mungkin kamu tinggal menyimpan susu dalam kemasannya selama berhari-hari, tapi coba deh sekarang kamu pindah ke botol lain. Bakteri akan lebih cepat tumbuh di kotak karton daripada botol plastik atau kaca nih. 

5. Meletakkan telur sembarangan

Jangan Dilakukan, 5 Kesalahan Menyimpan Makanan di Kulkasthepioneerwoman.com

Selama ini, mungkin kamu meletakkan telur seadanya di kulkas, tapi ternyata posisi penyimpanan telur juga berpengaruh lho! 

Setelah dicuci bersih, simpan telur di tempat yang ada di kulkas dengan posisi ujung yang kecil berada di sisi bawah. Hal ini akan membuat telur gak mudah busuk, karena kantung udara di atas gak bakal tertekan. 

Nah, kini kamu lebih tahu mana kebiasaan yang tak boleh dilakukan ketika menyimpan makanan di dalam kulkas. Semoga bermanfaat, ya!

Baca Juga: 9 Tips Menata Isi Kulkas Agar Muat Banyak!

Topic:

  • Paulus Risang

Berita Terkini Lainnya