Comscore Tracker

5 Kuliner Kaki Lima di Yogyakarta Rasanya Bikin Nagih 

Soal rasa jangan ditanya, lezat!

Seperti kota yang tak pernah tidur, Yogyakarta memang dikenal sebagai salah satu tujuan wisata komplet di Indonesia. Biasanya wisatawan tak hanya mampir untuk melihat lokasi wisata, tapi kuliner khas kota yang dijuluki sebagai Kota Gudeg ini memang pantang dilewatkan.   

Kuliner yang harus kamu cicipi tidak berada di sebuah restoran, tapi soal rasa jangan ditanya. Berada di dalam pasar tradisional dan lokasi kaki lima di tepi jalan , makanan rasa bintang lima ini wajib dicoba.

1. Lesehan Terang Bulan

5 Kuliner Kaki Lima di Yogyakarta Rasanya Bikin Nagih www.instagram.com/jogjafoodhunter

Terletak di jalan Margo Mulyo, Ngupasan, Jogja, Lesehan Terang Bulan tidak pernah sepi pengunjung. Dinamai "terang bulan" karena lesehan ini digelar di sepanjang depan toko batik terang bulan.

Di sini menyajikan menu spesial burung dara goreng, ayam goreng dan nasi gudeg dengan harganya yang relatif murah yaitu mulai dari Rp15.000,00 - Rp25.000,00. Tak lupa lalapan segar dan sambal menjadikan makanan semakin nikmat. Kamu juga bisa menambah lauk tempe, tahu dan terong goreng.

Kuliner ini buka setiap hari mulai pukul 21:00 sampai 00:30. Pas buat kamu yang suka lapar tengah malam. Meskipun sederhana, lesehan terang bulan ini menjadi favorit dan langganan para artis dan pejabat lho.

 

2. Bakmi Jawa Pak Gembel

5 Kuliner Kaki Lima di Yogyakarta Rasanya Bikin Nagih www.instagram.com/bakmi_pak_gembel

Kurang lengkap rasanya jika sedang berkunjung ke Sleman tidak menikmati bakmi jawa. Kamu bisa datang ke bakmi jawa pak Gembel yang berlokasi di Jalan Kabupaten, Ngawean, Sleman, Jogja. Harga seporsinya juga murah yaitu Rp17.000,00.

Warung Bakmi Jawa Pak Gembel sangat unik, karena dibangun dari dinding bambu berdekorasi ruangan barang - barang jadul dan antik. Di sini kamu bisa menikmati bakmi jawa dengan nyaman. Selain karena nuansanya, di sini juga tidak padat pengunjung. Jangan lupa memesan kopi atau teh tarik yang dibuat dengan tekhnik tarik khas Aceh. Rasanya mantap.

Baca Juga: Selalu Ramai, 6 Kuliner Ini Wajib Kamu Coba Saat ke Yogyakarta

3. Sego Empal Bu Warno

5 Kuliner Kaki Lima di Yogyakarta Rasanya Bikin Nagih https://www.instagram.com/triana_wulandari

Ingin menikmati nasi empal dengan daging yang empuk dengan rasanya yang enak? Kamu wajib datang ke warung sego empal Bu Warno yang berada di Jl. Brijen Katamso Joga. Di sini kamu bisa menyantap daging empal yang empuk, sedikit manis, gurih dengan aromanya dagingnya yang khas.

Daging empal ini disajikan dengan nasi hangat lengkap dengan lalapan dan sambal koreknya yang mantab. Harganya juga sangat ramah di kantong yaitu Rp17.000,00 per porsinya. Tak heran jika warung empal Bu Warno selalu ramai pengunjung dan harus bersabar untuk mengantre.

4. Uma Yumcha Dimsum

5 Kuliner Kaki Lima di Yogyakarta Rasanya Bikin Nagih kumparan.com

Buat kamu pencinta dimsum, kamu wajib mencoba Uma yumcha dimsum. Dimsum ayam ini menyediakan tiga varian isi rasa yaitu : jamur, udang, kepiting dan daging asap. Soal rasanya jangan ditanyakan, gak kalah dengan restoran chinese food. Dipadukan dengan saus sambalnya yang pedas rasanya semakin mantab bikin ketagihan.

Uma yumcha dimsum ini berada di pasar tradisional, hanya dengan menggelar tikar lesehan dan gerobak berisi dimsum sederhana.

Uma yumcha dimsum tidak pernah sepi pembeli bahkan sebelum lesehan digelar, mereka sudah ramai menunggu. Selain rasanya yang enak, harga dimsum ini juga murah yaitu Rp3.000,00 per dimsum.

5. Sate Ratu

5 Kuliner Kaki Lima di Yogyakarta Rasanya Bikin Nagih www.ranselmungil.com

Bosan dengan sate berbumbu kacang? Kamu bisa mencoba varian sate baru tanpa bumbu kacang, yaitu sate ratu di jogja tepatnya di Jalan Magelang No.KM. 6. Kedai sate ratu ini sudah terkenal kelezatannya hingga mancanegara lho.

Menu specialnya adalah sate merah yang merupakan daging ayam yang direndam bumbu merah dengan rempah husus selama 3 jam dan dibakar hingga caramelized.

Potongan daging ayamnya cukup besar, berbeda pada sate ayam pada umumnya yang cenderung kecil, sehingga pengunjung puas menyantapnya. Soal harga jangan khawatir, karena cukup terjangkau yaitu Rp23.000,00 per porsinya. Warung sate Ratu ini benar - benar memanjakan lidah dan perut pembeli. Tak heran jika setiap harinya padat pengunjung.

Dijamin kuliner di atas bakal membuatmu gagal move on dari Yogyakarta. Dari lima tempat makan di atas, mana yang pernah kamu cicipi?    

Baca Juga: 5 Wisata Bukit di Yogyakarta, Pemandangan Indahnya Bikin Terpesona!

Artikel ini pertama kali ditulis oleh Cocochip Safitri di IDN Times Community dengan judul 5 Hidden Gem Kuliner di Jogja, Rasa Bintang Lima Harga Kaki Lima

Topic:

  • Febriana Sintasari

Berita Terkini Lainnya