Comscore Tracker

Jadi Makanan Kesukaan MLTR, 9 Batagor dan Gado-gado Enak di Jogja

Yang suka makanan disiram bumbu kacang, wajib merapat!

Michael Learns to Rock atau MLTR adalah grup musik beraliran soft rock asal Denmark, dikabarkan akan mengadakan show di Jakarta dan Surabaya pada September 2022 mendatang. Alih-alih seperti artis lain yang meminta makanan mewah, MLTR justru meminta makanan nusantara yaitu batagor dan gado-gado lengkap dengan bumbu kacangnya sebelum konser. 

Bicara soal gado-gado dan batagor, kamu tahu gak sih di mana saja tempat makan enak kedua makanan tersebut di Jogja? Kalau masih bingung, berikut ini 9 rekomendasi tempat makan batagor dan gado-gado terenak di Jogja. Bumbu kacangnya juara!

1. Lotek dan Gado-gado Bu Bagyo

Jadi Makanan Kesukaan MLTR, 9 Batagor dan Gado-gado Enak di Jogjalotek & gado-gado bu bagyo (instagram.com/giv_food_note)

Katanya sih gak lengkap kalau ke Jogja tanpa makan gado-gado atau loteknya Bu Bagyo. Punya banyak cabang, warung satu ini memang terkenal dengan bumbu kacangnya yang manis, gurih, dan kental. 

Selain kedua menu tadi, ada juga bakwan bumbu yang gak kalah enak dan jadi kesukaan banyak orang. Bakwan hangat yang renyah, disiram saus kacang yang khas sayang banget kalau gak dicoba. 

Alamat: Jalan Prof. Herman Yohanes Nomor 1, Terban, Kapanewon Gondokusuman, Kota Yogyakarta dan Jalan Mozes Mrican.

Jam operasional: setiap hari, buka pukul 10.00-18.00 WIB

2. Lotek dan Gado-gado Teteg Lempuyangan

Jadi Makanan Kesukaan MLTR, 9 Batagor dan Gado-gado Enak di JogjaLotek Teteg Lempuyangan (instagram.com/prtwiayud)

Gak jauh dari Stasiun Lempuyangan, ada rekomendasi gado-gado enak, namanya Lotek dan Gado-Gado Teteg Lempuyangan. Tempatnya sederhana, tapi saat jam makan siang antrenya cukup panjang. 

Jangan heran karena porsinya lumayan banyak dan harganya pun ramah di kantong. Jangan lupa, pesan wedang tape kalau makan di sini, dijamin segar!

Alamat: Jalan Argolubang Nomor 39, Baciro, Kapanewon Gondokusuman, Kota Yogyakarta

Jam operasional: setiap hari, jam 09.00-17.00 WIB

Baca Juga: 10 Tempat Makan Dekat Stasiun Lempuyangan, Lotek hingga Bubur Manado

3. Lotek dan Gado-gado Bu Ning

Jadi Makanan Kesukaan MLTR, 9 Batagor dan Gado-gado Enak di Jogjalotek & gado-gado bu ning (instagram.com/uyusanpeyut)

Salah satu penjual gado-gado dan lotek legendaris di Jogja, Lotek dan Gado-gado Bu Ning sudah eksis sejak 1983. Lokasi mudah ditemukan meski di dalam gang, terlebih parkirannya juga luas jadi gak perlu khawatir kalau bawa kendaraan roda empat. 

Yang bikin senang tentu saja karena bumbu di sini gak pelit. Bisa juga request pakai bakwan supaya lebih gurih. Selain gado-gado, ada juga menu lain seperti nasi liwet.

Alamat: Gang Pronocitro Nomor 719, Wirogunan, Kapanewon Mergangsan, Kota Yogyakarta

Jam operasional: setiap hari, buka pukul 09.00-18.00 WIB 

4. Gado-gado Bu Hadi

Jadi Makanan Kesukaan MLTR, 9 Batagor dan Gado-gado Enak di Jogjagado-gado bu hadi (instagram.com/streetfoodstories)

Gado-gado Bu Hadi jadi andalan saat belanja di Pasar Beringharjo. Gado-gado yang satu ini memang buka di pasar tertua di Kota Yogyakarta sejak tahun 1960. Jadi salah satu yang legendaris, gak heran banyak wisatawan mampir di Gado-gado Bu Hadi. 

Ada yang unik dari Gado-gado Bu Hadi, yaitu kamu bisa request meminta sayurannya untuk digoreng. Walau begitu, dinikmati secara original saja sudah enak plus dapat renyahnya dari kerupuk udang.

Alamat: Jalan Pabringan Nomor 84, Ngupasan, Kapanewon Gondomanan, Kota Yogyakarta

Jam operasional: setiap hari, buka pukul 09.00-15.30 WIB

5. Lotek Bu Iduk

Jadi Makanan Kesukaan MLTR, 9 Batagor dan Gado-gado Enak di Jogjalotek Bu Iduk (instagram.com/gamarosi_)

Meski namanya belum seterkenal warung gado-gado di Jogja, tapi warung milik Bu Iduk ini sudah buka sejak tahun 1988. Soal harga juga lebih murah, tapi gak kalah enak dengan bumbunya yang manis dan gurih. 

Menu di sini hanya disediakan dua macam, yaitu lotek dan gado-gado. Menu minuman yang tersedia yaitu es dawet yang menyegarkan sebagai teman makan gado-gado. Yummy!

Alamat: Mrican, Caturtunggal, Kapanewon Depok, Kabupaten Sleman

Jam operasional: setiap hari, buka pukul 11.00-14.30 WIB

Baca Juga: Es Gosrok Kotabaru, Minuman Jadul yang Bangkitkan Kenangan

6. Batagor Sempurna

Jadi Makanan Kesukaan MLTR, 9 Batagor dan Gado-gado Enak di Jogjabatagor sempurna (instagram.com/javafoodie)

Gak jauh dari UGM dan UNY, ada pedagang batagor enak yang jadi andalan mahasiswa, Batagor Sempurna, namanya. Buka sejak tahun 1922, Batagor Sempurna punya porsi yang banyak, jadi cukup buat mengganjal lapar. 

Harga hanya berkisar Rp10 ribuan saja, batagor di sini selalu digoreng dadakan yang bikin makin enak saat disantap hangat-hangat. Nah, selain batagor, ada siomay dan bubur ayam juga. 

Alamat: Perempatan Syantikara Jalan Sagan, Caturtunggal, Kapanewon Depok, 

Jam operasional: setiap hari, buka pukul 13.00-21.30 WIB

7. Batagor Pak Kirno

Jadi Makanan Kesukaan MLTR, 9 Batagor dan Gado-gado Enak di Jogjabatagor pak kirno (instagram.com/javafoodie)

Jadi batagor paling populer di Jogja, tentu bukan tanpa alasan. Batagor Pak Kirno renyah, tapi juga gurih sekalipun belum diberi sambal kacang. Selain itu porsinya juga banyak, apalagi kalau ditambah telur.

Jika bingung pilih batagor atau siomay, kamu bisa request buat mencampurnya. Rasa siomay yang dominan ikan cocok banget disantap bareng batagornya. Yummy! 

Alamat: Jalan Kaliurang Nomor 4, Manggung, Caturtunggal, Kapanewon Depok, Kabupaten Sleman

Jam operasional: setiap hari, buka pukul 10.30-21.00 WIB

8. Siomay & Batagor '1512' Kang Is

Jadi Makanan Kesukaan MLTR, 9 Batagor dan Gado-gado Enak di Jogjasiomay & batagor '1512' (instagram.com/jajanantasha)

Sudah pernah mencoba siomay & Batagor '1512' Kang Is? Kalau belum, wajib agendakan buat makan di sini, terlebih jika kamu doyan tipe batagor yang garing, tapi empuk bagian dalamnya, bukan batagor pangsit. 

Selain batagor goreng, di sini juga menyediakan batagor kuah yang pas banget disantap saat dingin atau hujan. Kuahnya bening, lalu diberi daun bawang yang membuat semakin menggoda dan gurih. 

Alamat: Jalan Magelang Nomor Km. 5,5, Kutu Asem, Sinduadi, Kapanewon Mlati, Kabupaten Sleman

Jam operasional: setiap hari, buka pukul 08.00-21.00 WIB

Baca Juga: 10 Lagu dari Album MLTR ini Sukses Bikin Baper!

9. Batagor Balai Yasa

Jadi Makanan Kesukaan MLTR, 9 Batagor dan Gado-gado Enak di Jogjabatagor balai yasa (instagram.com/mampirmakan)

Di belakang Balai Yasa, yaitu bengkel kereta api terkenal es doger, siomay, dan batagor yang enak. Batagornya empuk, hangat karena digoreng dadakan, dan yang terpenting, murah dan porsinya cukup mengenyangkan. Kalau suka pedas, kamu bisa menambahkan sambal dan saus sesuai selera. 

Jangan lupa juga minum es dogernya, ya. Isinya lengkap dengan mutiara, ketan hitam, jeli, dan lain sebagainya. Per porsi tak sampai Rp20 ribu loh untuk batagor dan es dogernya!

Alamat: Jalan Kusbini, Demangan, Kapanewon Gondokusuman, Kota Yogyakarta

Jam operasional: setiap hari, buka pukul 08.00-21.00 WIB

MLTR saja tahu loh mana makanan enak dan sehat ala Indonesia. Makanya, kamu jangan sampai kalah dengan menjajal gado-gado dan batagor enak di Jogja di atas tadi. Pencinta bumbu kacang wajib merapat!

Dyar Ayu Photo Community Writer Dyar Ayu

Jalan-jalan mencari penyu Alabiyu~

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Febriana Sintasari

Berita Terkini Lainnya