Comscore Tracker

Simak Dengan Baik, Ini 4 Arti Kode Label pada Buah

Harus teliti membacanya ya...

Buah-buahan bisa dibeli di supermarket atau pasar tradisional. JIka membeli buah di supermarket, biasanya ada kode-kode tertentu yang tertera di buah. 

Stiker angka itu merupakan kode Price Look Up (PLU) digital yang berisi informasi penting mengenai buah tersebut. Cek di bawah ini untuk artinya ya!

Baca Juga: 10 Fakta Bebek Goreng H. Slamet yang Terkenal Hingga Seantero Negeri

1. Kode 4 digit diawali dengan angka 3 atau 4

Simak Dengan Baik, Ini 4 Arti Kode Label pada Buahsnopes.com

Jika pada stiker tertera 4 digit angka, artinya buah atau sayuran tersebut diproduksi dengan bantuan teknik agronomik, termasuk penggunaan pestisida dan pupuk. Tetapi jangan panik, karena penggunaan pestisidanya sangat rendah jadi tidak beracun.

Selain itu, yang paling penting kamu harus tahu adalah cara membersihkan buah atau sayuran yang benar, supaya bisa menghilangkan residu pestisida, kuman, dan bakteri.

Baca Juga: 7 Makanan Khas Indonesia Sukses Curi Perhatian di Luar Negeri, Bangga 

2. Kode 5 digit diawali dengan angka 8

Simak Dengan Baik, Ini 4 Arti Kode Label pada Buahjuicing-for-health.com

Jika kamu melihat stiker ini, artinya buah ini telah dimodifikasi genetika dalam proses pertumbuhannya. Buah tersebut termasuk dalam pangan GMO yang sempat menjadi pro dan kontra.

Penelitian menunjukkan bahwa melon, pepaya, dan pisang termasuk buah yang sering dimodifikasi genetika. Jika kamu mencari informasi tentang kode PLU, jangan sertakan nomor pertama dari 5 digit angka ini, karena itu hanya sebuah identitas untuk produk GMO.

Baca Juga: 12 Bahan Makanan Khas Indonesia Ini Terkenal di Dunia, Suka yang Mana?

3. Kode 5 digit diawali dengan angka 9

Simak Dengan Baik, Ini 4 Arti Kode Label pada Buahenergyfanatics.com

Jika kamu melihat kode 5 digit yang diawali dengan angka 9, artinya buah atau sayuran ini tumbuh sesuai dengan USDA organik standar. Alasannya, Program Organik Nasional USDA memiliki banyak syarat. Buah atau sayuran tersebut diproduksi dengan metode pertanian alami, tanpa menggunakan zat kimia.

4. Buah yang tak ada stiker kode PLU

Simak Dengan Baik, Ini 4 Arti Kode Label pada Buahfood.ndtv.com

Kamu pasti sering membeli buah yang nggak ada stiker kodenya, kan? Namun, itu bisa saja berbahaya. Buah yang impor seharusnya memiliki label stiker. Kalau tidak ada label sama sekali, kemungkinan telah dilepas karena alasan tertentu.

Itu tadi arti stiker kode yang tertera pada buah atau sayuran. Nah, sebelum membeli buah, cobalah selalu memperhatikannya ya. Jangan sampai salah makan, maunya sehat, eh tapi malah bahaya.

Baca Juga: 7 Makanan Diet Ekstrem Para Artis KPop, Pantas Saja Cepat Langsing

Topic:

  • Febriana Sintasari

Just For You