TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

5 Kafe dekat Alun-alun Utara Jogja, Spot Nongkrong Segala Usia

Ada yang sudah buka sejak pukul 6 pagi, lho!

ilustrasi cafe dekat alun-alun utara jogja (unsplash.com/@nate_dumlao)

Intinya Sih...

  • Alun-alun Utara Jogja punya banyak spot nongkrong, mulai dari angkringan sampai kafe yang syahdu.
  • Pendopo Lawas di sekitar Alun-alun Kidul menawarkan live music setiap hari dengan harga makanan super lengkap.
  • Kopi Walik, Nol Kilometer Coffee & Tea, HSCO, dan RT Cafe adalah rekomendasi cafe dekat Alun-alun Kidul dengan suasana yang comfy dan menu kopi serta makanan yang enak.

Sejak dipagar tinggi, Alun-alun Utara Jogja mungkin tak seramai dulu, apalagi jika dibandingkan Alun-alun Selatan yang memang pusatnya kuliner di tengah kota. Jangan disepelekan, tempat yang dalam bahasa Jawa disebut Alun-alun Lor ini juga punya banyak spot nongkrong, kok. 

Ada angkringan sampai kafe dekat Alun-alun Utara Jogja yang syahdu, bisa berbaur juga dengan masyarakat lokal. Yuk, catat nama dan alamatnya, siapa tahu kamu ingin mampir selepas pulang kerja atau buat mengisi waktu luang!

1. Pendopo Lawas

pendopo lawas (instagram.com/junaidiar19)

Nongkrong di sekitar Alun-alun Kidul paling pas adalah saat sore hari. Sejuk, mulai banyak orang, dan yang terpenting Pendopo Lawas sudah buka! Pendopo Lawas ini sempat viral karena setiap harinya menghadirkan live music dengan beragam genre lagu. 

Berlokasi tepat di depan Alun-alun Kidul, tempatnya luas dan semi terbuka dengan pilihan menu makanan super lengkap, nyaris mirip angkringan. Harganya kaki lima, ajak teman sampai keluarga buat nongkrong bareng gak bikin kantong jebol!

Alamat: Jalan Alun-Alun Utara, Panembahan, Kapanewon Kraton, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta

Jam operasional: setiap hari, buka pukul 17.00-00.00 WIB

2. Kopi Walik

potrer Kopi Walik (instagram.com/kopi.walik)

Cafe dekat Alun-alun Utara Jogja memang didominasi yang berkonsep tradisional, salah satunya adalah Kopi Walik. Sesuai namanya, ada menu kopi yang disajikan dengan gelas terbalik tapi tak tumpah karena dilapisi piring kaca. Cara minumnya juga wajib perlahan dari bibir piringnya. 

Menggunakan rumah lawas bergaya joglo bikin Kopi Walik terasa luas. Ada area outdoor juga di teras kafe, sejuknya alami dari hembusan angin. Harga makanan dan minuman di sini sangat bersahabat, mulai dari Rp6 ribuan saja. 

Alamat: Jalan Alun-Alun Utara, Prawirodirjan, Kapanewon Gondomanan, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta

Jam operasional: setiap hari, buka pukul 17.00-00.00 WIB

3. Nol Kilometer Coffee & Tea

Nol Kilometer Coffee & Tea (instagram.com/0km.yogyakarta)

Kalau mencari kafe kekinian dekat Alun-alun Kidul, ada Nol Kilometer Coffee & Tea yang secara dekorasi dan interiornya instagenic. Ruangannya juga dilengkapi dengan pendingin ruangan dan memakai sofa-sofa, cocok buat work from cafe. Apalagi mereka buka dari pagi hari, si morning person wajib mampir. 

Menu kopinya serba enak. Kalau lagi ingin yang dingin-dingin kamu bisa pesan ice coffee gula aren atau ice coffee sidomukti. Sedangkan yang hangat-hangat ada cappucino atau caffe latte. 

Alamat: Jalan Pangurakan Nomor 04, Ngupasan, Kapanewon Gondomanan, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta

Jam operasional: setiap hari, buka pukul 07.00-23.00 WIB

Baca Juga: Krasan Cafe and Resto, Spot Healing Baru di Piyungan Bantul

4. HSCO. Had Some Coffee

HSCO. Had Some Coffee berlokasi di sebelah Museum Sonobudoyo. Tempatnya mungil dalam sebuah rumah gaya joglo, tapi tampak asri karen di sekitarnya masih ditumbuhi pohon-pohon besar. Di bagian terasnya juga diletakkan beberapa kursi dan meja, buat nongkrong saat sore hari pasti asyik!

Buat kamu si penyuka kopi manis dan dingin, wajib menjajal banana coffee milk atau es kopi susu hsco yang jadi menu andalan mereka. Ditemani aneka pastry yang fresh, ngopi jadi kian enak.

Alamat: Jalan Pekapalan, Alun-Alun Utara, Kapanewon Gondomanan, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta

Jam operasional: setiap hari, buka pukul 06.00-22.00 WIB

5. RT Cafe

RT Cafe (instagram.com/caferuangtengah)

RT Cafe atau Ruang Tengah Cafe sering jadi andalan mahasiswa hingga pekerja lepas saat ingin cari tempat ngopi tenang di tengah kota. Fasilitasnya lengkap, mulai dari colokan, akses internet cepat, toilet, dan penataan kursi yang dibuat sedemikian rupa hingga bikin nyaman berlama-lama kerja dari kafe mungil ini.

Gak perlu khawatir kelaparan selama di RT Cafe. Menu makan beratnya bikin ngiler, mulai dari nasi goreng bahkan ramen juga ada. Kalau mau mengudap saja, ada chicken wings sampai singkong goreng sebagai ide pilihan. 

Alamat: Jalan Patehan Lor Nomor 8, Patehan, Kapanewon Kraton, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta

Jam operasional: setiap hari, buka pukul 12.00-23.00 WIB

Itu lah rekomendasi cafe dekat Alun-alun Kidul yang bisa masuk wishlist kunjunganmu. Semuanya sama-sama comfy dengan menu kopi sampai makanam yang enak, rasanya kamu gak akan kecewa kalau mampir nantinya. Selamat mencoba!

Baca Juga: 5 Tempat Makan di Jogja Langganan Para Artis, Mantul!

Verified Writer

Dyar Ayu

Halo!

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Berita Terkini Lainnya