Comscore Tracker

5 Kiat Menerapkan Mindful Eating agar Gak Kalap

Salah satunya dengan makan makanan favorit paling akhir

Pernah gak sih kamu makan namun gak benar-benar menikmati makanan tersebut? Misalnya makan sambil bekerja, atau mungkin sambil cek smartphone. Alhasil, kamu bisa jadi makan lebih kalap. 

Agar bisa lebih menikmati dan awas terhadap makanan, kamu perlu nih mulai menerapkan mindful eating. Ini adalah pola makan dengan melibatkan kesadaran penuh untuk mengontrol waktu, porsi, dan jenis makanan yang dikonsumsi. Bukan hal sepele, kebiasaan ini baik untuk kesehatan fisik dan mental, lho.

Lantas bagaimana kiat untuk melakukan mindful eating agar lebih efisien? Simak ulasannya berikut ini! 

1. Duduk dengan posisi yang nyaman 

5 Kiat Menerapkan Mindful Eating agar Gak Kalapilustrasi makan bersama (Unsplash.com/ National Cancer Institute)

Selama ini, kita sering mendengar konsep mindful dengan menenangkan pikiran. Seperti dengan berlatih meditasi, atau menghirup udara segar. Namun bukan itu saja, mindful eating juga gak kalah penting untuk diterapkan.

Gak perlu ribet, kamu bisa memulainya dengan memperhatikan posisi makan yang baik. Antara lain, dengan menghentikan sejenak aktivitasmu yang lain dan mengatur posisi duduk yang nyaman di meja makan.

Dengan menerapkan cara makan seperti itu, ada banyak manfaatnya. Selain agar lebih fokus, kamu juga bisa makan perlahan dan tidak terburu-buru. Sehingga, akan mempermudah kerja sistem pencernaan.

2. Menikmati detail makanan dari aroma hingga rasa

5 Kiat Menerapkan Mindful Eating agar Gak Kalapilustrasi pria makan (Unsplash.com/ Donovan Sikaona)

Sadar atau tidak, kita juga kerap terburu-buru saat menikmati makanan. Bukan hanya karena menu makanan sesuai selera misalnya, namun juga karena lebih fokus pada aktivitas lain. Agar lebih awas dengan makanan, coba untuk menikmati setiap suapan mulai dari aroma hingga rasanya.

Misalnya, dengan menikmati rasa sup yang gurih dengan kuah yang agak kental. Dijamin deh, ketika selesai makan, kamu akan mendapatkan kenikmatan dan kepuasan yang lebih. Sehingga bukan hanya bagi fisik, ini juga akan mengurangi stres dan kecemasan.

Baca Juga: Ahli Gizi UGM Ungkap Cara Konsumsi Buah dan Sayur yang Baik

3. Berhenti makan sebelum atau saat kenyang 

5 Kiat Menerapkan Mindful Eating agar Gak Kalapilustrasi makan sayur (Unsplash.com/ Louis Hansel)

Berhenti makan sebelum atau saat kenyang nyatanya juga penting untuk melakukan mindful eating. Sebab logikanya kalau kita makan dengan takaran yang tidak tepat atau berlebihan, justru malah membuat perut jadi sesak dan malas beraktivitas. Nah, dengan berhenti makan sebelum kenyang, maka tubuh juga akan lebih bugar.

Selain itu, berhenti makan sebelum kenyang juga membuat nutrisi pada makanan yang dikonsumsi terserap dengan baik. Sehingga, kamu akan lebih sehat karena asupan makan dalam keadaan seimbang seimbang. Satu lagi, ini juga bisa membantu menurunkan berat badan bagi kamu yang ingin memiliki tubuh yang ideal.

4. Makan makanan favorit paling akhir 

5 Kiat Menerapkan Mindful Eating agar Gak Kalapilustrasi makanan favorit (Unsplash.com/ Helena Lopes)

Nyatanya, menyisakan makanan favorit paling akhir saat makan juga bagus, lho. Misalnya, saat makan nasi dengan daging, kamu lebih dulu menghabiskan nasinya dan menyisakan sedikit daging di akhir. Meski terbilang receh, ini bisa membantu kamu agar lebih sadar saat makan.

Dari kebiasaan ini, tentunya kamu juga akan lebih santai ketika makan. Kamu akan lebih menikmati makanan tersebut. Sehingga, akan lebih mudah untuk mensyukuri setiap makanan yang dikonsumsi.

 5. Akhiri makan dengan minum cukup air

5 Kiat Menerapkan Mindful Eating agar Gak Kalapilustrasi wanita minum air (Pexels.com/ Andrea Piacquadio)

Terakhir, minum cukup air juga penting untuk menerapkan mindful eating. Sebab, seperti yang kita ketahui, minum air bukan hanya untuk melepas dahaga namun juga banyak memiliki manfaat lainnya. Seperti meningkatkan proses metabolisme, mencegah dehidrasi hingga menurunkan berat badan.

Satu lagi, minum cukup air setelah makan juga akan membuat kebutuhan nutrisi dalam tubuh tercukupi. Dengan begitu, tanpa harus banyak makan pun perut kita juga akan lebih cepat kenyang. Tentunya ini baik untuk membatasi pola makan berlebihan, yang justru buruk bagi kesehatan.

Apakah selama ini kamu sudah menerapkan mindful eating? Jika belum, kamu bisa memulainya dengan kebiasaan sederhana seperti di atas.

Baca Juga: 7 Minuman Ini Kadar Gulanya Setara Soda, Wajib Hati-hati!

Aprilia Nurul Aini Photo Community Writer Aprilia Nurul Aini

Let's share positive energy

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Paulus Risang

Berita Terkini Lainnya