Comscore Tracker

Penjualan Hewan Kurban di Pasar Ambarketawang Sleman Cenderung Turun

Akibat COVID-19, penjualan tak seramai tahun sebelumnya

Sleman, IDN Times - Adanya pandemik COVID-19, membuat penjualan hewan kurban di Pasar Ambarketawang, Gamping, Sleman, DI Yogyakarta mengalami penurunan.

Yuda Andi Nugroho , Kepala UPTD Pasar Hewan Ambarketawang dan Rumah Potong Hewan menjelaskan, pada tahun kemarin, rata-rata per pasaran jumlah sapi yang masuk sekitar 400 ekor. Sedangkan pada tahun ini, sapi yang masuk per pasaran ada 300 ekor.

"Penjualan ada penurunan, rata-rata per pasaran sapi yang terjual ada 45-50 persen dari jumlah sapi yang masuk," ungkapnya pada Jumat (10/7/2020).

Baca Juga: Gombloh Terpilih Jadi Sapi Kurban Presiden Joko Widodo

1. Harga hewan kurban cukup terkendali

Penjualan Hewan Kurban di Pasar Ambarketawang Sleman Cenderung TurunPasar Hewan Ambarketawang. IDN Times/Siti Umaiyah

Untuk harga hewan kurban sendiri, saat ini sudah cukup terkendali dibandingkan dengan awal COVID-19 yang memiliki kecenderungan menurun. Untuk harga sapi dengan bobot normal (300-350 kg), harga yang dibanderol sekitar Rp20-30 juta. Sedangkan untuk harga domba dan kambing rata-rata Rp2-3,5 juta.

"Kalau untuk sapi yang ukuran sekitar satu ton, harganya di atas Rp70-80 juta. Harga sudah mulai normal pada awal Juni lalu," ungkapnya.

2. Pembelinya berasal dari berbagai daerah

Penjualan Hewan Kurban di Pasar Ambarketawang Sleman Cenderung TurunPasar Hewan Ambarketawang. IDN Times/Siti Umaiyah

Menurut Yuda, untuk penjual sapi sendiri didominasi oleh warga dari DIY. Sedangkan untuk pembeli, biasanya datang dari berbagai daerah. Seperti Bandung, Nganjuk, Purworejo, Muntilan, dan lain sebagainya. Untuk mencegah penularan COVID-19 sendiri, saat ini pihaknya telah menyiapkan gerbang disinfektan, tempat cuci tangan, pengecek suhu, dan imbauan melalui spanduk.

"Kita wajibkan semua pakai masker. Kita juga berikan imbauan melalui pengeras suara dan spanduk," terangnya.

3. Sebelumnya harga sempat turun Rp1-2 juta

Penjualan Hewan Kurban di Pasar Ambarketawang Sleman Cenderung TurunPasar Hewan Ambarketawang. IDN Times/Siti Umaiyah

Salah satu penjual sapi di Pasar Ambarketawang, Jumbadi (50) asal Pleret, Bantul, membenarkan jika saat ini harga sapi sudah berangsur jumat setelah sebelumnya sempat turun. Dia menjelaskan, sebelumnya penurunan harga bisa sampai Rp1 juta hingga Rp2 juta per ekor. Selain harga, transaksi pun juga berangsur normal.

"Sudah normal lagi sehabis lebaran. Sebelumnya turun harganya. Tadi bawa 5 ekor, sudah terjual 3 ekor," paparnya.

Baca Juga: Pemkot Yogyakarta Batasi Penjual Hewan Kurban Dadakan

Topic:

  • Paulus Risang

Berita Terkini Lainnya