Comscore Tracker

Aplikasi Selly Permudah UMKM di Yogyakarta Berjualan secara Digital

Agar UMKM di Yogyakarta bisa go-digital

Kota Yogyakarta, IDN Times - Sebagai salah satu tonggak perekonomian di Yogyakarta,  pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) dihadapkan pada era teknologi. Oleh karena itu, UMKM dipandang perlu menerapkan digitalisasi dalam operasional bisnis sehari-hari, mulai dari pemasaran, pemrosesan order, pembayaran, pengiriman, hingga administrasi.

Melalui kelanjutan dari peluncuran inisiatif #MelajuBersamaGojek secara nasional, Gojek bekerja sama dengan berbagai pihak termasuk Pemerintah Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) melalui Dinas Koperasi dan UMKM untuk memberikan solusi yang mendukung UMKM agar bisa naik kelas melalui proses digital.

Baca Juga: Dukung Bangkitnya UMKM dan Pariwisata di Sleman, Gojek Luncurkan J3K

1. Gojek berupaya beri pelatihan aplikasi Selly untuk UMKM

Aplikasi Selly Permudah UMKM di Yogyakarta Berjualan secara DigitalTampilan awal aplikasi Selly - IDN Times/Rijalu Ahimsa

Dengan upayanya itu, Gojek berinisiatif menyediakan dan memberikan pelatihan aplikasi bernama Selly kepada lebih dari 400 UMKM yang saat ini tergabung dalam platform UMKM Pemprov Yogyakarta, Sibakul. 

Selly merupakan aplikasi berupa keyboard dan dashboard yang memiliki beragam fitur yang cocok digunakan oleh para pemilik toko online dalam melayani pelanggan agar lebih mudah mengelola bisnis secara modern dan profesional.

2. Selly berupa aplikasi keyboard pada ponsel yang serbaguna

Aplikasi Selly Permudah UMKM di Yogyakarta Berjualan secara DigitalTampilan keyboard pada aplikasi Selly - IDN Times/Rijalu Ahimsa

Beberapa fitur terdapat di aplikasi ini seperti autotext yang memungkinkan pengguna untuk membuat template pesan sesuai kebutuhan, mengirim tagihan otomatis, mengingatkan pelanggan yang belum membayar pesanan, memberikan laporan penjualan yang dikirim langsung ke email, hingga terintegrasi langsung dengan fitur dari Gojek seperti GoSend dan GoPay, sehingga aplikasi ini sangat praktis digunakan para pegiat UMKM.

Aplikasi ini dapat digunakan di ponsel Android dengan mengunduhnya melalui Play Store.

3. Dinas Koperasi dan UMKM Provinsi DIY menyambut baik langkah Gojek

Aplikasi Selly Permudah UMKM di Yogyakarta Berjualan secara Digitalpenandatangan kerja sama oleh VP Regional Strategy Gojek Jabar Jateng DIY, Becquini Akbar, dan perwakilan Koperasi Java Parama Niaga yang disaksikan Kepala Dinas Koperasi dan UMKM DI Yogyakarta, Ir. Srie Nurkyatsiwi, MMA pada Rabu (19/8/2020) - Dok. Gojek

Langkah baik Gojek memajukan UMKM di Yogyakarta disambut baik oleh Srie Nurkyatsiwi, Kepala Dinas Koperasi dan UMKM Provinsi DIY. 

"Kami berikan apresiasi atas dukungan Gojek dalam mendorong pertumbuhan UMKM di Yogyakarta khususnya di masa pandemi COVID-19. Dengan bergabungnya UMKM Yogyakarta ke dalam ekosistem Gojek, maka pelaku UMKM diharapkan mampu cepat beradaptasi," ucapnya sesuai dalam siaran pers yang diterima IDN Times pada Rabu (26/8/2020).

Dia juga mengajak pelaku UMKM yang belum bergabung secara online agar dapat memanfaatkan berbagai keunggulan teknologi platform digital seperti Gojek dan platform lainnya dengan optimisme perekonomian bisa tumbuh.

Kerja sama strategis Gojek dengan Pemprov DI Yogyakarta ini pun dikukuhkan melalui penandatanganan nota kesepahaman oleh VP Regional Strategy Gojek Jabar Jateng DIY, Becquini Akbar, dan perwakilan Koperasi Java Parama Niaga yang disaksikan Kepala Dinas Koperasi dan UMKM DIY pada Rabu (19/8/2020) lalu.

4. Gojek juga meluncurkan web berisi solusi ekosistem yang cocok untuk UMKM

Aplikasi Selly Permudah UMKM di Yogyakarta Berjualan secara DigitalHalaman web melajubersamagojek.com - IDN Times/Rijalu Ahimsa

Gojek melalui inisiatif #MelajuBersamaGojek juga meluncurkan web www.melajubersamagojek.com yang dapat diakses oleh seluruh pelaku UMKM nusantara.

Dalam situs web tersebut, para pelaku UMKM bisa mendapatkan solusi ekosistem Gojek yang paling tepat sesuai dengan bisnis mereka dengan dipandu oleh rangkaian angket sederhana.

Becquini Akbar juga menjelaskan, Gojek terus berupaya mengembangkan solusi komprehensif dan mudah untuk diterapkan guna membantu UMKM menjaga keberlangsungan usahanya, serta berharap bisa mempercepat transformasi UMKM dari bisnis tradisional menjadi usaha digital sehingga UMKM dapat terus berkontribusi positif untuk ekonomi Indonesia pada umumnya, serta Yogyakarta secara khusus.

Berbagai ragam solusi inklusif selain aplikasi Selly juga terdapat berbagai layanan lainnya seperti MidTrans Payment Link sebagai layanan pembayaran lengkap untuk usaha online, Moka sebagai aplikasi aplikasi kasir online dan alat pembayaran non tunai, serta beragam layanan dari Gojek seperti GoSend, GoBox, GoPay, GoFood, dan GoShop.

Baca Juga: Bioskop Segera Dibuka, Ini Protokol Kesehatan yang Wajib Dilakukan 

Topic:

  • Paulus Risang

Berita Terkini Lainnya