Comscore Tracker

Kuliner Bebek Goreng Akan Dijadikan Ikon Khas Srigading Bantul

Saat ini Srigading sentra kuliner bebek goreng di Bantul

Bantul, IDN Times - ‎Pemerintah Kalurahan Srigading, Kapanewon Sanden, Kabupaten Bantul, membidik kuliner bebek goreng untuk dijadikan sebagai ikon Srigading.

Pasalnya, ada banyak kuliner bebek goreng yang tersebar di berbagai padukuhan di Srigading, mulai dari Bebek Goreng Umar Plenteng di Padukuhan Baran, Bebek Goreng Hj. Indun yang berada di Padukuhan Tegalrejo hingga Bebek Goreng Pak Widodo yang berada di Padukuhan Malangan.

Baca Juga: Taman Kuliner Gilangharjo Bantul Hadirkan Puluhan Menu Lezat dan Murah

1. Lurah Srigading ingin angkat kuliner bebek goreng sebagai ikon

Kuliner Bebek Goreng Akan Dijadikan Ikon Khas Srigading BantulLurah Srigading, Kapanewon Sanden, Bantul, Prabowo Suganda (pegang mic).(IDN Times/Daruwaskita)

Lurah Srigading, Prabawa Suganda, mengatakan sejak dilantik menjadi Lurah Srigading pada 30 Desember 2020 yang lalu dirinya punya impian untuk mengembangkan kuliner bebek goreng menjadi ikon Srigading.

"Saya mencatat lebih dari lima warung atau rumah makan yang khusus menyajikan kuliner bebek goreng baik saat siang hari maupun malam hari," ucapnya, Kamis (17/3/2022).

2. Warga dan wisatawan biasa berburu kuliner bebek goreng di Srigading‎

Kuliner Bebek Goreng Akan Dijadikan Ikon Khas Srigading BantulBebek Goreng Hj.Indun yang belum lama buka namun sudah ramai dengan pembeli.(IDN Times/Daruwaskita)

Dari sejumlah rumah makan dengan menu bebek goreng ini yang paling banyak diburu warga maupun wisatawan adalah Bebek Goreng Pak Wid atau Widodo, Bebek Goreng Umar Plenteng, dan Bebek Goreng Hj. Indun.

"Saat buka ke tiga rumah makan itu selalu ramai dengan tamu bahkan tidak saja dari Bantul namun juga dari luar Bantul termasuk wisatawan," ucapnya.

Pemerintah Kalurahan Srigading saat ini menyiapkan Rencana Detail Tata Ruang Kalurahan di mana kuliner bebek goreng menjadi ikon Srigading.

"Kuliner bebek goreng sebagai ikon Kalurahan Srigading juga untuk menyongsong jembatan Kretek 2 yang akan segera dibuka sehingga akan banyak wisatawan yang berdatangan ke pantai barat Bantul," ungkapnya.

3. Ingin kembangkan Pengklik sebagai wisata kuliner bebek goreng‎

Kuliner Bebek Goreng Akan Dijadikan Ikon Khas Srigading BantulBebek Goreng Umar Plenteng salah satu rumah makan dengan menu bebek goreng yang legendaris di Bantul.(IDN Times/Daruwaskita)

Lebih jauh pria yang akrab disapa Bowo ini mengaku Bumkal yang pernah mengembangkan wisata kuliner di Pengklik tak berkembang bahkan saat ini mati. Padahal anggaran yang dikeluarkan cukup besar dan tidak ada hasilnya.

"Kita juga ingin mengembangkan Pengklik untuk tempat kuliner bebek goreng dengan menggandeng rumah makan bebek goreng yang sudah punya nama di Srigading untuk membuka cabangnya di Pengklik. Tahap awal kita ingin Pengklik ramai dulu," ucapnya.

4. Panewu Sanden minta seluruh kalurahan punya ikon sendiri-sendiri

Kuliner Bebek Goreng Akan Dijadikan Ikon Khas Srigading BantulPanewu Sanden, Kabupaten Bantul, Deni Ngajis Hartono (kanan).(IDN Times/Daruwaskita)

Sementera Panewu Sanden, Deni Ngajis Hartono, menyambut baik rencana Kalurahan Srigading yang ingin mengangkat kuliner bebek goreng sebagai ikon di Srigading. Bahkan Deni berharap semua kalurahan di Kapanewon Sanden punya ikon sendiri-sendiri yang bisa menjadi daya tarik wisata.

"Kapanewon Sanden itu di selatan Bantul yang nantinya kawasan selatan itu menjadi mukanya DIY sehingga semakin banyak kalurahan ikon dan semakin banyak alternatif destinasi wisata untuk dikunjungi. Tidak hanya pantai saja," ungkapnya.

Ke depan keberadaan JJLS yang nantinya akan jadi jalan utama di selatan DIY mempunyai potensi yang besar untuk pengembangan ekonomi masyarakat setempat.

"Jangan sampai masyarakat sendiri malah jadi penonton dan orang dari luar yang menikmati dampak keberadaan JJLS ini," tuturnya.‎

Baca Juga: Bantul Jadi Daerah Percontohan Nasional Penurunan Stunting

Topic:

  • Paulus Risang

Berita Terkini Lainnya