Comscore Tracker

Anti Mogok, 5 Mobil Ini Terbukti Mampu Melibas Banjir Jakarta

Apakah mobil kamu termasuk di dalamnya?

Banjir yang melanda Jakarta dan sekitarnya merupakan sebuah musibah yang memilukan semua orang. Banyak sekali orang yang kehilangan barang berharganya termasuk mobil yang terendam banjir. Sebagian juga jadi rusak ketika dipaksakan berjalan di atas banjir.

Namun jagat maya digemparkan dengan beberapa video amatir yang memperlihatkan mobil-mobil ampuh yang bisa melibas banjir dengan selamat. Mobil ini bisa menjadi rekomendasi bagi kamu yang sedang mencari kendaraan yang bandel di kala musim penghujan dan banjir. Berikut 5 mobil yang IDN Times maksud beserta videonya.

Baca Juga: Banjir Besar Jakarta, Petisi Tolak Formula E Diteken Ribuan Orang!

1. Isuzu Panther

Rajanya Diesel yang menjadi jargon Isuzu Panther nampaknya benar-benar bisa merajai segala medan yang dilalui termasuk banjir. Seperti Isuzu Panther yang digunakan sebagai angkutan umum ini mampu melibas banjir yang sangat dalam. Menariknya setelah sampai di jalan yang tidak terendam air, masyarakat langsung memberikan tepuk tangan kepada mobil yang sudah cukup berumur ini.

Bahkan netizen juga mengedit video amatir ini dengan latar lagu pada iklan Isuzu Panther yang seolah benar-benar memperlihatkan keampuhan mobil ini. Rahasia dibalik ampuhnya mobil ini melibas banjir adalah posisi air intake yang tinggi dan kelistrikan yang tak mudah konsleting.

2. Suzuki Vitara

Tak mau kalah, Suzuki Vitara juga terbukti mampu melibas banjir sehingga sempat digunakan oleh relawan untuk mengevakuasi masyarakat yang terjebak banjir. Mobil keluaran tahun 1994 yang dimiliki oleh pengguna Instagram dengan akun @gatotstevanus ini memang sudah sering digunakan untuk melibas medan berat.

Terlihat di postingan akun Instagramnya yang sering menampilkan mobil ini untuk olahraga offroad. Tentunya mobil ini sudah dimodifikasi sedemikian rupa agar mampu melibas medan berat. "Mobil gua tuh... Semoga berkah...," komentar sang pemilik saat video mobilnya viral.

3. Jeep Wrangler Rubicon

Siapa lagi yang bisa meragukan kemampuan Jeep dalam menghajar medan berair. Jeep Wrangler Rubicon ini mampu mempermalukan mobil Sport Utility Vehicle (SUV) lain di jalanan yang banjir. Ground clearance yang tinggi diimbangi suspensi yang kokoh menjadi keistimewaan utama mobil ini untuk menerjang banjir sehingga meskipun melewati genangan air yang tinggi tak membuat pemilik mobil ini khawatir.

"Wrangler in natural habitat..," kata akun @herlanggaputra_03 mengomentari kemampuan mobil ini.

4. Land Rover Defender

Tak mau kalah dengan Jeep, Land Rover Defender juga menjadi kendaraan yang dengan santainya bisa melintasi genangan air saat banjir. Land Rover Defender juga memiliki ground clearance yang tinggi sehingga bisa menghambat air masuk ke ruang mesin dan air intake.

Land Rover Defender sendiri memiliki wading depth setinggi 900 mm yang menjadi patokan ketinggian untuk menghadapi banjir. Banjir bisa dianggap genangan air saja bagi mobil mewah ini. 

5. Daihatsu Ayla dan Sigra

Tak kalah dengan mobil tua atau mobil offroad, ternyata Low Cost Green Car (LCGC) juga mampu melibas banjir. Di dalam video yang dibagikan oleh reviewer otomotif Fitra Eri ini ditampilkan Daihatsu Ayla yang mampu menerjang banjir yang cukup dalam bahkan sudah mengenai kap mesin mobil ini, sorak memuji masyarakat yang melihat pun meramaikan keberhasilan mobil ini melewati genangan air tanpa mengalami mogok. 

Tak berbeda dengan saudara kecilnya, Daihatsu Sigra di slide selanjutnya juga mampu menghajar genangan air yang terlihat sampai menutup kap mesinnya. Mobil berhasil berjalan sampai ke jalan yang tidak terendam banjir sampai terlihat ada tumpukan sampah yang menempel di gril mobil ini. "Bukan cuma Panther yang bisa... Yang penting cara nyetirnya bener," tulis Fitra Eri dalam caption video ini.

Meskipun mobil yang kamu miliki sudah terbukti mampu melibas banjir namun sebaiknya tetap jaga mobil dari genangan air banjir karena bagaimanapun kemampuan mobil akan berkurang dan harga jual juga menurun jika sudah pernah terkena banjir. Jadi kita jaga kendaraan kita agar tidak mudah rusak dan kita doakan masyarakat yang tertimpa musibah ini bisa tetap tabah, ya.

Baca Juga: 5 Artis dan Politisi Indonesia Pemilik Mobil Listrik Tesla, Canggih!

Topic:

  • Paulus Risang

Berita Terkini Lainnya