Comscore Tracker

HUT Ke-76 RI, Puluhan Panther Berjejer di JJLS Pantai Samas

Para pemilik mobil melakukan hormat bendera dengan khidmat

Bantul, IDN Times - ‎Ada yang berbeda dengan pemandangan Jalan Jalur Lingkar Selatan (JJLS) Pantai Samas, Kabupaten Bantul, Selasa (17/8/2021) pagi. Puluhan mobil Isuzu Panther tampak berjajar di kanan dan kiri jalan.

Bendera Merah Putih tampak berkibar di antara puluhan mobil yang produksinya telah disuntik mati itu. Sementara, sejumlah orang tampak berdiri di samping mobil dan memberi hormat dengan sikap sempurna ke arah bendera dengan diiringi lagu Indonesia Raya.

Baca Juga: Dikenal Bandel dan Murah! Ini 5 Alasan Isuzu Panther Selalu Diminati

1. Upacara bendera peringati HUT RI ke-76 diinisiasi secara dadakan‎

HUT Ke-76 RI, Puluhan Panther Berjejer di JJLS Pantai SamasPanther Mania Jogja dan Bantul gelar upacara bendera HUT Ke 76 Kemerdekaan RI di JJLS Pantai Samas.(IDN Tes/Daruwaskita)

Ternyata, mereka tak lain adalah klub penggemar mobil Panther. Para pencinta mobil berbahan bakar solar ini memperingati HUT Ke 76 Kemerdekaan RI yang sengaja digelar secara sederhana dengan menerapkan protokol kesehatan yang ketat.

Salah satu anggota sekaligus penasihat Panther Mania Jogja Istimewa (PMJI), Artha, mengatakan upacara peringatan HUT Ke-76 Kemerdekaan RI yang digelar bersama dengan Panther Mania Bantul (PMB) ini dilakukan secara dadakan. Undangannya pun hanya melalui media sosial grup untuk anggota PMJI dan PMB.

"Tanggal 15 Agustus kemarin kita buat undangan, kemudian disebar melalui grup media sosial PMJI dan PMB," ujarnya, Selasa (17/8/2021).

2. Gelar bakti sosial donor darah‎

HUT Ke-76 RI, Puluhan Panther Berjejer di JJLS Pantai SamasIlustrasi donor darah (ANTARA FOTO/Oky Lukmansyah)

Antusiasme anggota PMJI dan PMB cukup tinggi dengan kehadiran puluhan mobil Panther meski undangan hanya disebar dalam waktu singkat.

"Ya karena masih masa pandemi maka upacara bendera juga kita lakukan secara sederhana dan memperhatikan protokol kesehatan,"ungkap pria yang memilik usaha jasa towing ini.

Diakuinya selama masa pandemi tak banyak kegiatan yang dilakukan oleh PMJI maupun PMB karena terbentur aturan tidak boleh berkerumun yang bisa berpotensi menularkan COVID-19. 

"Termasuk juga saat pelaksanaan upacara bendera peringatan HUT Ke-76 Kemerdekaan RI ini para peserta hanya berdiri di samping mobil mereka masing-masing,"ungkapnya.

Dalam peringatan HUT Ke-76 Kemerdekaan RI ini, kata Artha, pihaknya juga menggelar bakti sosial dengan donor darah yang dilaksanakan di Jalan Godean yang pesertanya dari anggota PMJI dan PMB.

"Jadi kita juga punya misi sosial donor darah," ujarnya.‎

3. Anggota Panther Mania tak cuma hura-hura

HUT Ke-76 RI, Puluhan Panther Berjejer di JJLS Pantai SamasEko Susanto salah satu anggota PMB.(IDN Times/Daruwaskita)

Sementara, salah satu anggota PMB, Eko Susanto mengatakan undangan untuk peringatan HUT Kemerdekaan RI Ke-76 ini memang sifatnya dadakan. Namun, karena lokasinya di JJLS Samas, banyak anggota PMB yang datang ke lokasi.

"Saya baru dapat informasi kemarin malam dan pagi tadi saya menyempatkan hadir. Kebetulan rumah dengan JJLS Pantai Samas tidak jauh," ujarnya.

Menurut dia, menjadi anggota PMB tidak hanya bersenang-senang saja namun ada misi sosial yang juga diemban apalagi saat ini dalam masa pendemik COVID-19 yang dampaknya sangat dirasakan masyarakat.

"Kita telah melakukan kegiatan sosial dengan membagikan sembako hingga donor darah," ungkapnya.

Keberadaan PMJI dan PMB, kata Eko, sangat membantu terutama saat mengalami kendala di mobil seperti kerusakan dan lainnya bisa berkomunikasi dengan anggota lain untuk mendapatkan suku cadang yang murah hingga bengkel spesialis mobil panther.

"Dengan banyaknya pekerjaan di rumah memang tidak bisa ikut kegiatan PMJI maupun PMB namun untuk saat ini kegiatan PMB khususnya juga sepi karena masih dalam masa pandemi," ungkapnya.

"Ya semoga setelah HUT Ke 76 Kemerdekaan RI ini, masyarakat semakin sadar untuk menerapkan 5M dan kasus COVID-19 di Bumi Projotamansari segera turun dan masyarakat bisa hidup normal kembali," tambah Eko yang juga seorang Ketua RT di Padukuhan Ngepet, Kalurahan Srigading, Kapanewon Sanden, ini.‎

Baca Juga: Hari Ini 12 Makanan dan Minuman di Yogyakarta Beri Diskon, Asyik!

Topic:

  • Paulus Risang

Berita Terkini Lainnya