Laga Timnas Indonesia di Piala Asia U-23 Bisa Gaet Turis Asing

Permainan timnas bikin turis manca penasaran

Sleman, IDN Times - Penampilan Timnas Indonesia pada gelaran Piala Asia U-23 2024 di Qatar disebut berdampak positif bagi sektor pariwisata di Indonesia. Klaim tersebut disampaikan oleh Deputi Bidang Industri dan Investasi Kemenparekraf, Rizki Handayani.

"Sangat berdampak, jadi ketika bicara pariwisata itu tidak hanya alam, tidak hanya bicara kekhazanahan, tapi juga bicara mengenai event, dan sport," kata Rizki di Hotel Marriot, Sleman, Kamis (2/5/2024).

 

 

1. Tebar pesona bikin turis manca penasaran

Laga Timnas Indonesia di Piala Asia U-23 Bisa Gaet Turis AsingSkuad Timnas Indonesia di Piala Asia U-23 Qatar 2024. (Dok. PSSI)

Rizki berujar, prestasi cemerlang anak-anak asuh Shin Tae-yong yang terus berjuang hingga perebutan juara 3 Piala Asia U-23 2024, memberikan efek samping berupa daya tarik para pencinta olahraga si kulit bundar.

Mereka yang penasaran akan mencari tahu lebih dalam tentang Indonesia. "Indonesia menang berapa kali, orang itu (di benaknya), apaan sih (negara Indonesia). Ada apa di Indonesia," ujar Rizki.

Sebagaimana diketahui, Timnas U-23 telah sampai ke fase semifinal Piala Asia U-23 2024 sebelum akhirnya harus tunduk saat melawan Uzbekistan.

Kini, Witan Sulaeman dan kawan-kawan masih berpeluang merebut tiket Olimpiade lewat duel perebutan juara 3 kontra Irak nanti malam waktu Indonesia. 

2. Promosi terintegrasi jaring pelancong

Laga Timnas Indonesia di Piala Asia U-23 Bisa Gaet Turis AsingIlustrasi wisatawan mancanegara di Lombok. (IDN Times/Muhammad Nasir)

Rizki melanjutkan, promosi wisata terintegrasi antara pemerintah dan asosiasi pelaku usaha pariwisata, diandalkan untuk menjaring rasa penasaran wisatawan. "Banyak negara sekarang menjadikan sport itu sebagai salah satu cara mengundang atau mempromosikan dia (wisatawan mancanegara)," katanya.

Baca Juga: Nobar Timnas Indonesia Kembali Digelar, Ini Imbauan Polres Bantul

3. Perbanyak kompetisi internasional

Laga Timnas Indonesia di Piala Asia U-23 Bisa Gaet Turis AsingPrambanan Jazz Festival 2023 tampak dari udara. (Dok. istimewa)

Kemenparekraf berharap ada lebih banyak event olahraga level internasional yang diselenggarakan di Indonesia untuk memikat para wisatawan asing.

Tak terbatas di event olahraga saja, acara musik bahkan ekonomi-bisnis diharapkan mendatangkan dampak serupa.

"Sport event atau event lain itu, bisa didorong dikembangkan. Jadi kompetisi-kompetisi internasional kalau bisa sebanyak mungkin ada di Indonesia," ujar Rizki.

"Jadi, event yang mendatangkan, mau sport, mau musik, ada lagi namanya business event, itu kaya briefing, meeting, itu yang harus kita dorong, tidak hanya melulu leisure," tutupnya. 

Baca Juga: 9 Potret Manis Kiper Timnas Ernando Ari Bareng Kekasih

Topik:

  • Febriana Sintasari

Berita Terkini Lainnya