Menang 1-0 dari Persib, PSS Lolos dari Zona Degradasi Liga 1

Selamat, Super Elja!

Sleman, IDN Times - PSS Sleman berhasil mengamankan posisinya di Liga 1 musim mendatang usai mengalahkan Persib Bandung 1-0 di Stadion Manahan, Surakarta, Jawa Tengah, Selasa (30/4/2024). Kemenangan dramatis skuad Super Elang Jawa ditorehkan lewat gol tunggal penyerang PSS, Ajak Riak pada menit ke-89.

1. Ajak Riak cetak gol semata wayang

Menang 1-0 dari Persib, PSS Lolos dari Zona Degradasi Liga 1PSS Sleman mengamankan posisinya di Liga 1 usai mengalahkan Persib Bandung 1-0 di Stadion Manahan, Surakarta, Selasa (30/4/2024). (instagram.com/pssleman)

Dalam laga penutup pada pekan ke-34 BRI Liga 1-2023/24 ini, PSS menurunkan formasi 4-2-3-1, yakni M Ridwan (Penjaga Gawang), Ibrahim Sanjaya, Kevin Gomes, Leonard Tupamahu, Abduh Lestaluhu; Jihad Ayoub, Wahyudi Hamisi; Elvis Kamsoba, Esteban Vizcarra, Ricky Cawor; Ajak Riak.

Pada awal pertandingan, PSS tampil agresif dengan strategi umpan-umpan pendek cepat, di mana Esteban Vizcarra menjadi motor penggerak di lini tengah, didukung oleh Jihad Ayoub dan Wahyudi Hamisi. Meskipun serangan terus bergulir ke kubu lawan, gol pembuka belum tercipta hingga menit ke-42.

Ketika kebuntuan masih terjadi, pelatih Risto Vidakovic memutuskan untuk mengganti Ricky Cawor dengan Saddam Emiruddin Gaffar, namun kontribusi pemain baru tersebut belum terasa signifikan hingga turun minum, di mana skor masih bertahan 0-0.

Memasuki babak kedua, Jihad Ayoub harus dikeluarkan dari lapangan setelah mendapatkan kartu kuning kedua pada menit ke-55, sehingga harus menerima kartu merah dari wasit Gedion Padaherang. Meski bermain dengan sepuluh pemain, PSS tetap bertekad untuk meraih kemenangan dan mempertahankan peluang mereka di Liga 1 Indonesia musim depan.

Tanda-tanda kemenangan mulai terlihat ketika Elvis Kamsoba mendapatkan pelanggaran keras di kotak penalti oleh bek Persib Bandung. Tendangan penalti tersebut berhasil dieksekusi dengan baik oleh Ajak Riak pada menit ke-89, menciptakan gol yang membuat skor menjadi 1-0 untuk PSS hingga akhir pertandingan.

2. Risto ucapkan terima kasih kepada pemain dan seluruh pihak yang mendukung

Menang 1-0 dari Persib, PSS Lolos dari Zona Degradasi Liga 1PSS Sleman mengamankan posisinya di Liga 1 usai mengalahkan Persib Bandung 1-0 di Stadion Manahan, Surakarta, Selasa (30/4/2024). (instagram.com/pssleman)

Pelatih Kepala PSS, Risto Vidakovic, mengungkapkan terima kasihnya kepada seluruh pemain yang menjadi kebanggaannya. 

"Mereka telah menjalani kompetisi ini dengan kerja keras dalam situasi yang berat tidak hanya terbatas pada satu pertandingan ini,” ujar Risto pada sesi jumpa pers pascapertandingan di Ruang Jumpa Pers Stadion Manahan, Surakarta, Selasa.

Risto juga menyampaikan ucapan terima kasih kepada seluruh staf pelatih dan manajemen Dia juga mengapresiasi semua pihak yang terlibat dalam tim, termasuk media resmi dan semua yang membantu di sekitar tim. "Tanpa mereka, kami bukan siapa-siapa,” imbuhnya.

Selain itu, dukungan tak henti-hentinya dari suporter PSS dari awal hingga akhir kompetisi, memberikan energi besar bagi Laskar Sembada dalam melewati liga yang panjang dan berat. 

Dukungan suporter PSS yang terus menyala dari awal hingga akhir kompetisi menjadi energi besar Laskar Sembada menjalani liga yang panjang dan berat. Kontribusi yang tak terhingga menjadi faktor PSS tetap bertahan di Liga 1 musim depan.

“Kepada pendukung PSS Sleman, saya mewakili seluruh tim PSS izinkan saya menyampaikan rasa terima kasih yang dalam dan tidak terhingga. Mereka telah memberikan 100 persen dukungan kepada PSS. Kami sangat bersyukur memberikan mereka hadiah untuk bertahan di Liga 1,” pungkasnya.

Baca Juga: PSS Bakal Main Habis-habisan Vs Persib Demi Bertahan di Liga 1

3. PSS tutup musim di peringkat 13

Menang 1-0 dari Persib, PSS Lolos dari Zona Degradasi Liga 1PSS Sleman mengamankan posisinya di Liga 1 usai mengalahkan Persib Bandung 1-0 di Stadion Manahan, Surakarta, Selasa (30/4/2024). (instagram.com/pssleman)

Ajak Riak, pencetak gol tunggal dalam kemenangan tersebut, menyampaikan kebahagiaannya atas pencapaian PSS dalam mengakhiri liga dan berhasil bertahan di Liga 1 musim depan.

“Saya pikir ini pertandingan yang sulit. Setelah kartu merah pemain menampilkan performa terbaik dan berjuang dengan baik percaya satu sama lain,” ucapnya dalam kesempatan yang sama.

“Suporter juga percaya kepada kami, manajemen dan semua yang bekerja di klub membantu kami untuk mencapai tujuan kami hari ini. Saya senang dengan hasil ini dan tentu itu persaingan yang bagus untuk akhir pertandingan,” pungkasnya.

Tambahan tiga poin ini mengamankan posisi PSS untuk bertahan di Liga 1 musim depan dengan koleksi 39 poin, yang sama dengan Persita Tangerang yang menempati urutan ke-14. Namun, PSS unggul dalam head to head melawan Persita Tangerang.

Sementara itu, posisi ke-15 dihuni oleh Arema FC dengan raihan 38 poin. Selain itu, RANS FC menyusul Bhayangkara FC dan Persikabo 1973 untuk turun kasta, setelah mengalami kekalahan 2-3 dari PSM Makassar.

Baca Juga: FIFA Sanksi PSS Sleman Registration Ban 3 Periode Bursa Transfer

Topik:

  • Paulus Risang

Berita Terkini Lainnya