Keterwakilan Perempuan Pendaftar PPK Kota Yogyakart Capai 46 Persen

Jumlah pendaftar PPK sebanyak 261

Yogyakarta, IDN Times - KPU Kota Yogyakarta menyebut pendaftar Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) memenuhi kebutuhan di setiap wilayah.

Ketua KPU Kota Yogyakarta, Noor Harsya Aryosamudro menuturkan, keterwakilan perempuan dalam proses pendaftaran calon anggota PPK melebihi 30 persen.

 

 

1. Jumlah pendaftar perempuan hingga 46 persen

Keterwakilan Perempuan Pendaftar PPK Kota Yogyakart Capai 46 PersenKetua KPU Kota Yogyakarta, Noor Harsya Aryo Samudro. (IDN Times/Herlambang Jati Kusumo)

Harsya merinci, jumlah total pendaftar PPK sebanyak 261, terdiri laki-laki 141 orang dan perempuan 120 orang. Menurut Harsya, jumlah pendaftar tersebut sudah memenuhi sebaran di 14 kecamatan yang ada di Kota Yogyakarta. Setiap kecamatan setidaknya minimal 10 pendaftar dan 5 orang di antarnya diterima. 

"Keterwakilan perempuan dari jumlah pendaftar sebesar 46 persen," kata Harsya saat dihubungi, Kamis (2/5/2024). 

2. Tahapan seleksi PPK

Keterwakilan Perempuan Pendaftar PPK Kota Yogyakart Capai 46 PersenIlustrasi Pilkada Serentak 2024 (ANTARA/Afif/fqh)

Harsya melanjutkan, penelitian berkas pendaftar calon PPK telah dilakukan sejak 24 April sampai dengan 3 Mei. Pengumuman pendaftar yang lolos seleksi berkas diumumkan Sabtu (4/5/2024) besok. 

"Setelah kami umumkan, kemudian menerima masukkan masyarakat pada tanggal 4-6 Mei, akan ada tes CAT pada antara 6 hingga 8 Mei. Lokasinya di UIN Sunan Kalijaga," jelasnya.

Harsya menambahkan hasil tes CAT akan diumumkan 7 Mei 2024. Mereka yang lolos masih mengikuti tes wawancara pada 11-13 Mei 2024, dan hasilnya diumumkan hari berikutnya.

"PPK yang resmi akan ditetapkan 15 Mei, dan pelantikan direncanakan 16 Mei 2024. Setelah pelantikan akan kami berikan bimbingan teknis sebelum bekerja sosialisasi tahapan Pilkada," ucapnya. 

Baca Juga: Bawaslu Bantul Butuh 8 Orang Panwaslucam untuk 5 Kapanewon

3. Langsung dihadapkan banyak pekerjaan

Keterwakilan Perempuan Pendaftar PPK Kota Yogyakart Capai 46 PersenIlustrasi Pemilu. (IDN Times/Mhd Saifullah)

Selanjutnya, para PPK akan diberikan tugas persiapan pembentukan Panitia Pemungutan Suara (PPS) pada 26 Mei. Kemudian, sosialisasi jingle serta maskot Pilkada awal Juni 2024.

Pada Juni mendatang sesuai jadwal juga akan diselenggarakan tahap pemutakhiran data pemilih.

"Durasi kerja PPK selama 8 bulan, bekerja sampai 27 Januari setelah dilantik. PPS bekerja 26 Mei hingga 27 Januari, dan Partarlih (petugas pemutakhiran data pemilih) Juli-Agustus, sekitar sebulanan," pungkasnya. 

Baca Juga: Aktivis Soroti Baliho Pj Wali Kota Yogyakarta Tutup ILM PBB

Topik:

  • Febriana Sintasari

Berita Terkini Lainnya