Mantan Bupati Tanah Laut Bakal Ramaikan Pilkada Kulon Progo

Pulang kampung ingin majukan Kulon Progo

Kulon Progo, IDN Times - Pilkada 2024 di Kabupaten Kulon Progo mulai hangat dengan hadirnya sejumlah nama yang akan bersaing menjadi orang nomor satu di Bumi Binangun ini.

Salah satu kandidat yang muncul adalah Bupati Tanah Laut Kalimantan Selatan, H. Sukamta. 

 

1. Merantau ke Tanah Laut sejak lulus SMA

Mantan Bupati Tanah Laut Bakal Ramaikan Pilkada Kulon ProgoBakal calon Bupati Kulon Progo, H. Sukamta (kanan).(IDN Times/Daruwaskita)

Ditemui disela-sela acara Bedah Buku 'Lucunya Prabowo" di Novotel Hotel, Kulon Progo Sabtu (27/4/2024), Sukamta mengatakan dirinya merupakan orang asli Kulon Progo, yang lahir di Sentolo. Usai lulus SMA merantau ke Kalimantan Selatan, dan diterima menjadi ASN di Kabupaten Tanah Laut.

"Merintis karir dari ASN golongan rendah hingga menjabat kepala dinas diberbagai organisasi perangkat daerah. Kemudian terpilih menjadi Wakil Bupati Tanah Laut usai pensiun dan menjadi Bupati Tanah Luat periode 2018-2024," ujarnya.

2. Bercita-cita memajukan Kulon Progo

Mantan Bupati Tanah Laut Bakal Ramaikan Pilkada Kulon ProgoKesenian dari Bantul Tampil di Bandara YIA.(Dok.Istimewa)

Menurutnya, setelah memimpin Tanah Laut,  Sukanta memutuskan tak ingin meneruskan kepemimpinannya. Ia memilih untuk pulang kampung dan ingin memajukan Kabupaten Kulon Progo.

"Cita-cita saya yang tertinggi adalah untuk memajukan Kulon Progo, sebab sudah memiliki Bandara YIA, dan dekat Candi Borobudur, bisa menjadi magnet untuk mendongkrak perekonomian masyarakat Kulon Progo," ungkapnya.

Baca Juga: 5 Daya Tarik Pantai Congot Kulon Progo, Spot Nyoride Terbaik

3. Komunikasi intensif dengan Partai Gerindra, PPP dan PAN

Mantan Bupati Tanah Laut Bakal Ramaikan Pilkada Kulon ProgoIlustrasi pilkada serentak. IDN Times/Mardya Shakti

Untuk mewujudkan mimpinya, Sukamta telah berkomunikasi intensif dengan Partai Gerindra, PPP dan PAN. "Jadi dengan tiga partai tersebut sudah cukup untuk mengusung calon bupati dan calon wakil bupati, karena sudah ada 11 kursi, kan syaratnya hanya delapan kursi," ucapnya.

Ia mengaku tetap legowo dan akan menjadi warga biasa jika tidak mendapatkan rekomendasi dari DPP Partai Gerindra.

"Ketika nantinya saya juga tidak mendapatkan rekomendasi dari Partai Gerindra dan juga PPP serta PAN tetap akan legowo sebab yang dicari bukan kekuasaan. Saya sudah pernah jadi wakil bupati dan bupati. Kembali menjadi masyarakat biasa juga tidak masalah," pungkasnya.

4. Partai Gerindra utamakan kader sendiri untuk maju dalam pilkada

Mantan Bupati Tanah Laut Bakal Ramaikan Pilkada Kulon ProgoWakil Sekretaris Jenderal DPP Partai Gerindra, Ahmad Subagya.(kiri).(IDN Times/Daruwaskita)

Wakil Sekretaris Jenderal DPP Partai Gerindra, Ahmad Subagya mengatakan, prioritas Partai Gerindra dalam pilkada 2024 adalah mengutamakan kadernya. "H. Sukamta adalah kader Partai Gerindra sebab menjadi Bupati Tanah Laut diusung oleh koalisi Partai Gerindra dan PKS. Nanti ada syarat elektabilitas dari hasil survei dan bagaimana syarat untuk menang itu harus dipenuhi," ungkapnya.

Baca Juga: 4 Puisi Joko Pinurbo tentang Jogja, Melekat Indah nan Romantis

Hironymus Daruwaskita Photo Community Writer Hironymus Daruwaskita

Jurnalis

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Febriana Sintasari

Berita Terkini Lainnya