NasDem, PKB Beri Sinyal Merapat ke Prabowo Gibran, Anies Pilih Bungkam

Anies enggan beri komentar

Sleman, IDN Times - Partai NasDem dan Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) memberi sinyal untuk merapat di pemerintahan Prabowo Subianto - Gibran Rakabuming Raka. Mantan Calon Presiden (Capres) yang diusung oleh kedua partai itu dalam Koalisi Perbuahan, Anies Baswedan pilih bungkam.

"Gak ada komentar," ujar Anies seusai menghadiri Syawalan Nasional Bersama Anies Rasyid Bawedan, Silaturahmi Mengawal Perubahan Menuju Indonesia Adil dan Makmur, yang digelar Keluarga Besar HMI MPO, di Grha Sarina Vidi, Minggu (28/4/2024).

1. NasDem mendukung pemerintahan Prabowo - Gibran

NasDem, PKB Beri Sinyal Merapat ke Prabowo Gibran, Anies Pilih BungkamKonferensi pers Surya Paloh bersama Prabowo Subianto di Jalan Kertanegara IV, Jakarta Selatan (25/4/2024) (IDN Times/Yosafat Diva Bayu Wisesa)

Diketahui, Partai NasDem menyatakan akan mendukung pemerintahan baru yang dipimpin oleh presiden dan wakil presiden terpilih periode 2024-2029, Prabowo Subianto - Gibran Rakabuming Raka.

Ketua Umum NasDem, Surya Paloh menegaskan, partainya siap bergabung ke dalam pemerintahan Prabowo-Gibran. Hal tersebut disampaikan Surya Paloh usai menggelar pertemuan di rumah presiden terpilih, Prabowo Subianto di Jalan Kertanegara IV, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Kamis (25/4/2024) sore.

"Saya katakan NasDem hari ini menyatakan kembali menegaskan, mendukung pemerintahan baru di bawah kepemimpinan Bapak Prabowo Subianto dan Mas Gibran," kata Surya Paloh.

2. PKB sebut ingin terus kerja sama dengan Gerindra

NasDem, PKB Beri Sinyal Merapat ke Prabowo Gibran, Anies Pilih BungkamKetua Umum DPP PKB Muhaimin Iskandar menerima Presiden Terpilih Prabowo Subianto di DPP PKB. (IDN Times/Amir Faisol)

Ketua Umum DPP PKB, Muhaimin Iskandar alias Cak Imin, mengaku terhormat bisa berdiskusi langsung bersama presiden terpilih Prabowo Subianto. Cak Imin mengatakan, PKB dan Gerindra selama ini terus bekerja sama, baik di parlemen dan eksekutif.

Cak Imin menegaskan, PKB ingin terus bekerja sama dengan Gerindra. Ia berharap kerja sama yang dibangun lebih produktif.
"PKB dan Gerindra sebagai partai yang selama ini kerja sama di parlemen maupun di eksekutif, ingin terus berkerja sama, lebih produktif lagi," kata Cak Imin dalam jumpa pers di Kantor DPP PKB, Jakarta Pusat, Rabu (24/4/2024).

Baca Juga: Sosok Joko Pinurbo, Penyair yang Membuat Jogja Jadi Romantis

3. Prabowo-Gibran coba rangkul semua partai

NasDem, PKB Beri Sinyal Merapat ke Prabowo Gibran, Anies Pilih BungkamCawapres terpilih, Gibran Rakabuming Raka. (IDN Times/Larasati Rey)

Wakil presiden (wapres) terpilih Gibran Rakabuming Raka berkomentar soal pertemuan antara Presiden Terpilih Prabowo Subianto dengan Ketua Umum Partai NasDem Surya Paloh, dan Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Muhaimin Iskandar atau Cak Imin. 

Terkait pertemuan tersebut Gibran mengaku hanya menunggu arahan dari Prabowo Subianto. Gibran juga meminta awak media untuk menunggu. "Kita tunggu saja nanti, yang jelas Pak Prabowo sudah bertemu dengan tokoh-tokoh di luar koalisi (Koalisi Indonesia Maju), jadi ke depan seperti apa, kita tunggu," ujar Gibran saat ditemui awak media di SMK Negeri (SMKN) 8 Solo, Jumat (26/4/2024).

"Yang jelas Pak Prabowo sudah merangkul semua. Yang kemarin menjadi kontestan di Pilpres, 01 maupun 03, ditunggu saja nanti. Partai-partai lain nanti ditunggu saja," jelasnya.

Baca Juga: Polemik Snack KPPS Sleman, KPU DIY Serahkan pada Proses Hukum

Topik:

  • Febriana Sintasari

Berita Terkini Lainnya