Cerita Anies Baswedan Kerap Ditanya Akan Masuk Kabinet atau Tidak

Anies akan menjawab di waktu yang tepat

Sleman, IDN Times - Mantan Calon Presiden (Capres), Anies Baswedan bercerita dirinya kerap ditanya apakah akan masuk kabinet pemerintahan Prabowo Subianto - Gibran Rakabuming Raka. Anies menyebut dirinya akan menjawab itu ketika ada peristiwanya.

"Saya ditanyain terus mau gabung kabinet atau tidak," ucap Anies saat Syawalan Nasional Bersama Anies Rasyid Baswedan Merawat Silaturahmi Mengawal Perubahan Menuju Indonesia Adil dan Makmur, yang digelar Keluarga Besar HMI MPO, di Grha Sarina Vidi, Minggu (28/4/2024).

1. Anies bertanya kepada peserta syawalan nasional di Jogja

Cerita Anies Baswedan Kerap Ditanya Akan Masuk Kabinet atau TidakAnies Baswedan. (IDN Times/Herlambang Jati Kusumo)

Saat Anies mengungkapkan dirinya kerap ditanya apakah akan ke pemerintahan yang dipimpin Prabowo Subianto - Gibran Rakabuming Raka itu, ratusan orang yang hadir di acara syawalan itu pun berteriak. "Tidak, tidak, tidak," teriak ratusan orang yang hadir dalam agenda syawalan itu.

"Tidak setuju? (untuk bergabung). Saya bilang saya ikut kitchen cabinet istri saya saja," ujar Mantan Gubernur DKI Jakarta itu disambut tawa.

2. Sebut akan menjawab ketika ada peristiwanya

Cerita Anies Baswedan Kerap Ditanya Akan Masuk Kabinet atau TidakAnies Baswedan. (IDN Times/Herlambang Jati Kusumo)

Anies megaku khawatir jika menjawab pertanyaan soal dirinya bergabung atau tidak di kabinet nantinya, karena belum ada kepastian. Menurutnya, ia akan menjawab pada waktu yang tepat.

"Kalau saya jawab sekarang ini, saya tidak mau ikut, nanti ada yang bilang, emangnya ditawarin, GR bener, emang ditawarin, gaya gak mau, kita gak nawarin. Kalau kita bilang ya bersedia, lalu (ada yang bilang) emang ada tawaran?. Jadi saya jawab ketika ada peristiwanya, kalau jika-jika saya gak jawab," ucap Anies.

Baca Juga: Pasca Pilpres, Anies Baswedan Ingin Rehat Sejenak, Kumpulkan Energi

3. Tetap menjaga gerakan perubahan

Cerita Anies Baswedan Kerap Ditanya Akan Masuk Kabinet atau TidakAnies Baswedan. (IDN Times/Herlambang Jati Kusumo)

Meski belum ada kepastian langkah yang diambil Anies, dia menyebut akan terus berada di jalur perubahan. Menurutnya jalur perubahan tersebut tidak hanya soal masuk kabinet atau tidak.

"Saya katakan saya akan terus berada di jalur perubahan, kan jalur perubahan itu bukan kabinet dan tidak, betul gak?. Jadi jangan dibelokkan gitu, sekedar kabinet dan tidak. Gagasan perubahan kita jauh lebih besar dari sekedar urusan di dalam dan di luar kabinet," ungkap Anies.

Baca Juga: 7 Venue Pernikahan di Hotel Jogja, Tawarkan Kemewahan dan Elegansi

Topik:

  • Febriana Sintasari

Berita Terkini Lainnya