Comscore Tracker

Nyamankan Tamu, 6 Cara Hotel Terapkan Protokol Kesehatan

Porta By The Ambarrukmo berusaha kurangi sentuhan fisik   

Akibat pandemik yang berkepanjangan, bisnis perhotelan terkena imbas dan mengalami keelesuan. Saat ini beberapa hotel di Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) mulai membuka layanan dengan menerima tamu.

Untuk beradaptasi menyesuaikan di masa pandemik, PORTA By The Ambarrukmo menerapkan protokol kesehatan untuk menjaga tamu dan staf dari virus mematikan ini. 

 

1. Disediakan tempat cuci tangan otomatis serta pengecekan suhu di depan lobi hotel

Nyamankan Tamu, 6 Cara Hotel Terapkan Protokol KesehatanAris Retnowati, Cluster GM PORTA By The Ambarrukmo mendemokan fasilitas cuci tangan otomatis di depan lobi hotel, Selasa (8/9/2020) - IDN Times/Rijalu Ahimsa

Mulai 1 Juli 2020, di depan area parkir lobi, manajemen hotel menyediakan tempat cuci tangan otomatis sehingga para tamu tidak bersentuhan langsung dengan keran dan sabun cuci tangan.

Setelah itu saat memasuki ruangan hotel, staf akan mengecek suhu tubuh. Jika suhu tubuh lebih dari 37,3 derajat celcius, pihak PORTA menyediakan tempat khusus untuk isolasi sementara sebelum tamu dirujuk ke rumah sakit terdekat.

Baca Juga: Mulai Juni, Hotel-hotel di Yogyakarta Bakal Beroperasi Terbatas

2. Sediakan hygiene set bagi tamu yang menginap

Nyamankan Tamu, 6 Cara Hotel Terapkan Protokol KesehatanAris Retnowati, Cluster GM PORTA By The Ambarrukmo, dan Nur Laili Apriliyani, Cluster Marketing Communication PORTA By The Ambarrukmo, menunjukkan hygiene set yang akan didapatkan tamu - IDN Times/Rijalu Ahimsa

Dalam proses pencegahan kontak fisik antara tamu dan staf, PORTA menyediakan stiker di lantai untuk menjaga jarak tamu. Selain itu juga disediakan kode QR yang bisa diakses untuk pembayaran.

"Untuk proses check in apabila  belum melakukan payment bisa dilakukan dengan menggunakan QR code yang tersedia di sini," ucap Cluster Marketing Communication PORTA By The Ambarrukmo, Nur Laili Apriliyani saat The Breakfast Club Media Gathering, Selasa (8/9/2020).

Selain itu pihak PORTA juga menyediakan seperangkat alat hygiene set yang berisi masker, hand sanitizer, dan sarung tangan bagi para tamu yang menginap.

3. Kamar disterilkan dan diberi label untuk menjamin kebersihannya

Nyamankan Tamu, 6 Cara Hotel Terapkan Protokol KesehatanKamar hotel PORTA By The Ambarrukmo yang sudah diberi tanda steril - IDN Times/Rijalu Ahimsa

Bagian kamar pun dibersihkan menggunakan disinfektan sebelum ditempati tamu. Kamar yang sudah dibersihkan diberi tanda label khusus di pintu, sehingga tamu mengetahui kamar dalam keadaan steril dan belum dimasuki oleh orang lain.

"Begitu tamu check out kamar itu akan kita semprot dulu dan kita diamkan idealnya 4 jam, setelah itu baru staf kita akan masuk untuk membersihkan, setelah itu disemprot lagi kemudian di pintu-pintu itu akan di-seal. Itu sebagai tanda bahwa ini kamarnya sudah didisinfektan jadi pada saat tamu masuk kamar benar-benar bersih," ucap Aris Retnowati, Cluster GM PORTA By The Ambarrukmo.

Menurut Retno, standar ini dilakukan di seluruh hotel Ambarrukmo Group termasuk Grand Ambarrukmo dan Royal Ambarrukmo.

4. Staf restoran pun menerapkan protokol kesehatan ketat

Nyamankan Tamu, 6 Cara Hotel Terapkan Protokol KesehatanStaf Havene Restaurant menggunakan pelindung diri - IDN Times/Rijalu Ahimsa

Tak hanya itu, fasilitas sarapan pagi di Havene Restaurant pun menerapkan protokol kesehatan ketat.

Semua staf menggunakan standar alat pelindungan diri, serta seluruh makanan yang disediakan akan diambilkan oleh staf.

IDN Times sempat mencoba sarapan pagi dengan penerapan protokol kesehatan ini. Seluruh makanan yang ingin disantap semuanya dibantu oleh staf untuk diambilkan dan disajikan ke para tamu sehingga tidak ada kontak fisik antara tamu dengan tempat makanan.

Sendok dan garpu yang belum digunakan pun dikemas dalam kemasan plastik sehingga staf tidak melakukan kontak langsung dengan alat makan yang digunakan tamu.

Penerapan protokol kesehatan ini tentu perlu dilakukan agar para tamu tidak lagi khawatir untuk menggunakan jasa hospitality seperti hotel di era normal baru.

Baca Juga: Tanda Cinta, Puluhan Hotel di Jogja Nyalakan Lampu Berbentuk Hati

Topic:

  • Febriana Sintasari

Berita Terkini Lainnya