Comscore Tracker

5 Tips Transportasi Hemat Keliling Jogja, Ramah di Kantong!

Kalau gak cermat, jalan-jalan di Jogja bisa bikin boros

Jogja selalu ada di hati para pelancong. Tak heran, ada banyak destinasi wisata menarik yang bisa kamu kunjungi.

Sayangnya, jaringan transportasi umum yang ada belum bisa menjangkau seluruh tempat wisata. Kamu yang ingin liburan hemat, tentu harus putar otak agar bisa biaya transportasi bisa ditekan.

Nah, ini dia beberapa tips transportasi hemat keliling Jogja, tergantung ke mana kamu menuju. Apa saja?

1. Jalan Kaki

5 Tips Transportasi Hemat Keliling Jogja, Ramah di Kantong!IDN Times/Tunggul Kumoro

Sejumlah kawasan wisata di Jogja bisa kamu jelajahi dengan berjalan kaki. Salah satunya adalah kawasan seputaran Malioboro yang terletak di Kota Yogyakarta.

Ada banyak tempat wisata yang tersebar di area ini dan jaraknya dekat, hanya berkisar 1 sampai 2 kilometer saja. Mulai dari Jalan Malioboro sendiri, Keraton Yogyakarta, Museum Sonobudoyo, Alun-Alun Kidul, Plengkung Gading, Benteng Vredeburg, Panggung Krapyak, dan Taman Sari.

2. Trans Jogja

5 Tips Transportasi Hemat Keliling Jogja, Ramah di Kantong!Bus Trans Jogja. (Instagram/Trans Jogja Official)

Trans Jogja (TJ) merupakan jaringan Bus Rapid Transit yang menjangkau berbagai tempat di Yogyakarta. Ada sejumlah tempat wisata yang dilalui oleh TJ, seperti kawasan Malioboro, Pura Pakualaman, Monumen Jogja Kembali, hingga Candi Prambanan.

Kamu bisa melihat rute melalui aplikasi resmi yang tersedia di Google Play Store. Selain itu, harganya juga murah, mulai dari Rp3.500 saja. Bisa bayar tunai maupun nontunai, lho! Selama pandemik COVID-19, TJ beroperasi pada pukul 06.00–19.00 WIB.

3. Sewa sepeda

5 Tips Transportasi Hemat Keliling Jogja, Ramah di Kantong!Ilustrasi bersepeda. (IDN Times/Tunggul Damarjati)

Alternatif lain agar hemat saat jalan-jalan di Jogja adalah dengan menyewa sepeda. Kamu bisa menjangkau tempat-tempat yang lebih jauh dengan lebih cepat. Apalagi, pesepeda di Jogja ini juga cukup banyak, lho!

Kamu bisa menyewa sepeda dalam hitungan jam, harian, bahkan mingguan. Tarifnya mulai dari Rp5 ribu per jam.

4. Sewa kendaraan

5 Tips Transportasi Hemat Keliling Jogja, Ramah di Kantong!Tugu Pal Putih Yogyakarta (IDN Times/Febriana Sinta)

Jika kamu ingin mendatangi tempat wisata yang mblusuk, jauh lebih mudah dan leluasa menggunakan kendaraan bermotor. Ada banyak persewaan sepeda motor atau mobil di Jogja. Biar lebih murah, kamu bisa patungan bareng backpacker lain. Makin banyak, makin murah.

Untuk sepeda motor, tarif sewanya mulai dari Rp50 ribuan yang bisa ditumpangi berdua. Sementara, mobil mulai dari Rp200 ribuan dan bisa dinaiki hingga 7 orang. Tinggal pilih mana yang menurutmu lebih cocok dan murah. Oh iya, harga belum termasuk BBM dan sopir, ya.

5. Berbagi tumpangan taksi daring

5 Tips Transportasi Hemat Keliling Jogja, Ramah di Kantong!Ilustrasi Taksi Online (IDN Times/Sukma Shakti)

Kalau tempat wisata yang ingin kamu tuju lumayan jauh tapi enggan sewa kendaraan atau naik transportasi umum, kamu juga bisa memanfaatkan taksi online yang banyak tersedia di Jogja.

Agar lebih murah, pastikan kamu berbagi tumpangan dengan sesama wisatawan yang punya tujuan sama, sehingga bisa bayar patungan. 

Nah, dengan sejumlah tips di atas, budget transportasi untuk liburanmu di Jogja pasti bakal lebih hemat, deh!

Topic:

  • Paulus Risang

Berita Terkini Lainnya