Comscore Tracker

4 Cara Hemat Saat Mudik Lebaran

#RamadanMasaKini Pantau terus situs agen travel, ya, guys!

Jakarta, IDN Times - Puasa sudah berjalan beberapa hari lagi. Sebentar lagi arus mudik Lebaran akan mulai terasa. Mudik menjadi hal yang paling ditunggu-tunggu setiap tahunnya. Bagaimana tidak, mudik menjadi momen berkumpul bersama keluarga dan sanak saudara setelah disibukkan dengan pekerjaan di perantauan.

Tidak mengherankan, harga tiket transportasi umum pun melonjak mendekati libur panjang, seperti Hari Raya Idulfitri dan Natal. Kendaraan pribadi pun menjadi alternatif. 

Meskipun pemerintah selalu menambah armada transportasi setiap tahunnya, banyak calon pemudik yang mengeluh kehabisan tiket. Nah, sebenarnya perkara tiket ini bisa kamu siasati loh. Gimana caranya? Yuk, simak tips-tips berikut!

1. Beli tiket jauh-jauh hari

4 Cara Hemat Saat Mudik LebaranIDN Times/Fariz Fardianto

Selain menyiapkan anggaran pulang kampung, kamu juga tentukan kapan waktu yang tepat untuk pulang. Biasanya, permintaan tiket melonjak drastis saat puncak arus mudik dan arus balik. Belilah tiket jauh-jauh hari agar mendapat harga murah.

Baca Juga: Arus Mudik Lebaran, Menhub Kembali Imbau Jangan Gunakan Motor 

2. Sering pantau situs agen travel

4 Cara Hemat Saat Mudik LebaranIDN Times/Prayugo Utomo

Kedua, sering-seringlah memantau situs agen travel. Biasanya mereka menawarkan berbagai promo menarik, misalnya diskon harga tiket atau biaya bagasi. Jelang puncak arus mudik dan arus balik, biasanya tiket bisa ludes dalam hitungan jam.

Kehabisan tiket? Jangan khawatir. Pantengin terus kerersediaan tiket di situs agen travel. Beberapa saat setelah tiket sold out, biasanya ada saja calon pemudik yang membatalkan pembelian tiket. Nah, saat itulah kamu segera beli sebelum keduluan orang lain.

Baca Juga: 2.500 Tiket KA Lebaran Gratis Mulai Dibuka 8 Mei 2019

3. Daftar mudik gratis, yuk!

4 Cara Hemat Saat Mudik LebaranIDN Times/Nofika Dian

Nah, ini yang paling solutif, guys! Jelang lebaran, banyak banget tawaran mudik gratis dengan berbagai tujuan, biasanya melalui jalur darat dan laut. Tak hanya dari kementerian, mudik gratis juga sering diselenggarakan oleh berbagai ormas, partai, bahkan perusahaan swasta. Kumpulkan informasi sebanyak-banyaknya, lalu daftarlah mudik gratis sesuai daerah tujuanmu.

IDN Times juga menyelenggarakan mudik gratis bertajuk "Mudik Asik" tahun ini loh. Bus berangkat dari Jakarta dengan tujuan Yogyakarta dan Surabaya. Kamu berminat? Untuk informasi selanjutnya, pantengin terus situs idntimes.com dan instagram IDN Times ya!

4. Bawa barang seperlunya

4 Cara Hemat Saat Mudik LebaranIDN Times/Nofika Dian

Saat pulang ke kampung, pemudik biasanya membawa banyak barang untuk oleh-oleh di kampung halaman. Namun, bila kamu ingin berhemat, bawalah barang-barang seperlunya. Dengan demikian, kamu gak akan terjebak dengan drama membayar kelebihan bagasi. Kamu juga gak perlu susah payah sewa porter. Membawa sedikit barang juga bisa meminimalisasi potensi pencopetan loh! Jadi, jaga barangmu baik-baik yah.

Baca Juga: Urai Kepadatan Mudik Lebaran 2019, Polri Bakal Terapkan Sistem One Way

Topic:

  • Febriana Sintasari

Berita Terkini Lainnya