Comscore Tracker

Tahukah Kamu, Naik Kereta Api Ternyata Lebih Sehat Dibanding Pesawat 

Tubuh lebih bebas bergerak 

Di benua Eropa, transportasi kereta api paling efektif digunakan untuk aktivitas travelling.  Klook meneliti jenis transportasi ini lebih baik daripada naik pesawat. 

Kenapa demikian? Bagaimana di indonesia? Yuk, simak lima alasan utamanya berikut ini!

1. Kereta api bisa menghemat waktumu

Tahukah Kamu, Naik Kereta Api Ternyata Lebih Sehat Dibanding Pesawat instagram.com/stn_airport

Di Indonesia, mungkin berpindah kota dengan pesawat terasa lebih cepat. Lain halnya dengan Eropa, yang jalur keretanya telah terintegrasi dengan baik. Lebih dari 31 negara di Eropa bisa kita datangi hanya menggunakan kereta api. 

Alasan utama kereta api terasa lebih cepat adalah lokasinya yang berada di pusat kota. Kita hanya perlu beberapa menit dari stasiun untuk melanjutkan perjalanan.

Tahukah Kamu, Naik Kereta Api Ternyata Lebih Sehat Dibanding Pesawat Dok. IDN Times

Contoh konkretnya, misalnya dari London ke Paris. Kalau naik kereta api, kita hanya butuh waktu 2 jam 15 menit. Sedangkan, naik pesawat butuh waktu sekitar 4 jam 15 menit.

Kita akan menghabiskan waktu saat perjalanan ke bandara dan menunggu jadwal keberangkatan. Dari London ke bandara membutuhkan waktu sejam, waktu tunggu di bandara sekitar 1 jam 30 menit, lama penerbangan sekitar 1 jam 15 menit, dan dari bandara ke Paris butuh sejam.

Lebih efisien naik kereta, kan? Kita bisa hemat 2 jam 30 menit untuk digunakan kegiatan lainnya yang lebih berfaedah.

Baca Juga: 4 Kuburan Kereta Api Paling Estetik, Wisata Kece yang Murah Meriah 

2. Baik untuk kesehatan kulitmu

Tahukah Kamu, Naik Kereta Api Ternyata Lebih Sehat Dibanding Pesawat instagram.com/fas828

Bagi yang belum tahu, sebenarnya sering naik pesawat cukup berbahaya untuk kesehatan kulit. Kondisi kelembaban kabin yang rendah bisa membuat kulit dehidrasi. Ditambah ruang gerak terbatas yang membuat kita kurang nyaman.

“Biasanya kulit membutuhkan waktu hingga tujuh hari untuk pulih setelah penerbangan jarak jauh, dan 3-4 hari untuk jarak pendek,” kata Founder & Director HydroSkincare, Parish Stapleton, dalam keterangan pers yang diterima IDN Times, Rabu (14/8).

Tahukah Kamu, Naik Kereta Api Ternyata Lebih Sehat Dibanding Pesawat instagram.com/twistflip

Dia juga merekomendasikan naik kereta api, karena punya tingkat kelembaban lebih baik, sekitar 40-70 persen. Ruang gerak juga lebih leluasa, sepanjang perjalanan pun banyak pemandangan yang akan membuat kita senang.

3. Ramah lingkungan

Tahukah Kamu, Naik Kereta Api Ternyata Lebih Sehat Dibanding Pesawat Dok. IDN Times

Pesawat terbang menghasilkan emisi lebih banyak dibandingkan kereta api. Bahayanya lagi, emisi gas buang dari pesawat tidak langsung dilepaskan ke atmosfer. Hal tersebut bisa memicu hipertensi, iritasi mata, tenggorokan gatal, batuk-batuk, mengganggu perkembangan mental anak, dan lain-lain.

Penerbangan jarak pendek (kurang dari 480 kilometer) menghasilkan emisi karbon terbanyak. Konsumsi bahan bakarnya tinggi selama lepas landas dan mendarat.

Tahukah Kamu, Naik Kereta Api Ternyata Lebih Sehat Dibanding Pesawat instagram.com/justmovedtoswitzerland

Sebagai perbandingan, dalam jarak tempuh yang sama, kereta api dapat menggunakan bahan bakar 50 persen lebih sedikit per penumpang. Menurut Badan Perlindungan Lingkungan, beberapa kereta api di Eropa menggunakan energi yang telah diperbaharui, seperti matahari atau angin.

Kereta tersebut bisa mengimbangi jejak karbonmu. Beberapa negara yang telah menggunakannya antara lain Belanda, Belgia, dan Luksemburg

Baca Juga: 10 Hal Teraneh yang Pernah Terjadi Selama Traveling Naik Pesawat!

4. Menawarkan pengalaman wisata yang luar biasa

Tahukah Kamu, Naik Kereta Api Ternyata Lebih Sehat Dibanding Pesawat instagram.com/suvia_reps

Pemandangan saat naik pesawat terbatas dengan keindahan langitnya saja. Berbeda dengan naik kereta yang bisa membawamu ke kota-kota indah yang jarang terekspos. 

Apalagi saat ini, pemerintah dan pebisnis membangun bandara di lokasi yang strategis secara komersial dan ekonomis. Beberapa wisatawan mungkin akan menyesal, karena tidak bisa melihat kota-kota indah tersebut.

Tahukah Kamu, Naik Kereta Api Ternyata Lebih Sehat Dibanding Pesawat instagram.com/alfredocostanzophoto

Bayangkan, saat ke Zurich naik pesawat, kita akan melewatkan keindahan Luzern, sebuah kota kecil yang sangat meriah dengan aneka karnavalnya. Luzern bisa disinggahi di tengah perjalananmu antara Milan dan Zurich menggunakan kereta.

Tahukah Kamu, Naik Kereta Api Ternyata Lebih Sehat Dibanding Pesawat focusedcollection.com

Bisa juga ketika bepergian dari Berlin ke Frankfurt. Naik kereta api akan membawamu ke Weimar, sebuah kota yang punya banyak Situs Warisan Dunia UNESCO. Kota ini indah dan unik, layak banget untuk dijelajahi.

5. Kereta api membuat kita lebih bebas

Tahukah Kamu, Naik Kereta Api Ternyata Lebih Sehat Dibanding Pesawat karryon.com.au

Sama halnya dengan di Indonesia, kereta api lebih membebaskan penumpangnya dalam beberapa hal. Kita bisa membawa banyak barang tanpa harus mengeluarkan uang tambahan untuk bagasi.

Enaknya lagi, kita boleh membawa air mineral hingga 1,5 liter sekaligus. Suasananya juga lebih bersahabat, sangat pas buat kita yang pengin dekat dengan orang lokal. Tentunya ada banyak hal yang bisa kita lakukan di dalam kereta dibandingkan pesawat.

Maka dari itu, tak heran kalau wisatawan Eropa sangat suka naik kereta api daripada pesawat terbang. Nah, semoga dengan lima alasan tersebut, kita bisa lebih bijak dalam menentukan moda transportasi selama liburan di Eropa ya.

Baca Juga: 13 Tips Asyik Mudik Naik Kereta Api, Gak Bakal Mati Gaya

Topic:

  • Febriana Sintasari

Berita Terkini Lainnya