Comscore Tracker

Pantai Karang Telu Gunungkidul: Lokasi, Rute, Harga Tiket dan Tips

Keindahan hidden gems di Gunungkidul ini menyegarkan mata

Suka memilih berlibur di tempat yang jarang dikunjungi wisatawan? Kalau ini pilihannmu, maka ada sebuah tempat di Gunungkidul yang bisa kamu jadikan referensi, yaitu Pantai Karang Telu. Penasaran dengan keindahan pantai yang berlokasi di Gunung Kidul ini? Berikut informasinya. 

 

1. Lokasi, harga tiket dan jam buka

Pantai Karang Telu Gunungkidul: Lokasi, Rute, Harga Tiket dan TipsPantai Karang Telu (maps.google.com/maps/aurorakidscollection)

Pantai Karang Telu masih asri dan jarang dikunjungi orang. Tempat ini berada Wiloso, Girikarto, Kapanewon Panggang, Kabupaten Gunung Kidul. Lebih asyik lagi, tidak ada pungutan tiket alias gratis. Wisatawan hanya membayar biaya parkir Rp2 ribu untuk motor dan Rp4 ribu untuk mobil. Pengunjung dapat menikmati pantai ini sejak pagi hingga sore hari. 

2. Rute menuju Pantai Karang Telu

Pantai Karang Telu Gunungkidul: Lokasi, Rute, Harga Tiket dan TipsPantai Karang Telu (https://maps.google.com/maps/waonerakarwan)

Bila ingin pergi ke Pantai Karang Telu, kamu bisa menggunakan kendaraan pribadi roda dua dan empat menuju hidden gems ini. Pertama, arahkan kendaraanmu menuju Jalan Imogiri menuju Siluk hingga Jalan Panggang, kemudian pilih menuju ke Jalan Raya Panggang Wonosari. Ikuti jalan hingga sampai di Desa Girikarto. Lokasi lokasi Pantai Karang Telu berada di desa ini. 

Baca Juga: 5 Destinasi Wisata Air di Gunungkidul Ini Cocok untuk Healing

3. Aktivitas seru yang bisa dilakukan

Pantai Karang Telu Gunungkidul: Lokasi, Rute, Harga Tiket dan TipsPantai Karang Telu (https://maps.google.com/maps/waonerakarwan)

Kamu bisa melakukan banyak aktivitas seru di pantai ini, misalnya:

  • Berburu foto dan menikmati pemandangan

Pantai Karang Telu memiliki daya tarik pemandangan indah dengan tebing tinggi dan batu karang di sisi kanan kiri pantai. Ombaknya cukup besar dan bagian pinggirnya dipenuhi pasir putih dan berbatu. Hal menarik lainnya adalah sunset yang terlihat menawan dari balik tebing di sisi barat pantai ini. Sangat cocok untuk kamu yang suka hunting foto. 

  • Memancing dan melihat hewan laut

Pantai Karang Telu juga menjadi tempat hidup bagi hewan laut kecil yang sering nampak saat airnya mulai surut saat sore hari. Tak heran warga sekitar sering datang ke sini untuk mencari hewan laut untuk dijual maupun dijadikan lauk. Kamu juga bisa ikut memancing di pantai ini dan memilih spot duduk di batu karang yang banyak tersebar di sini. 

  • Berkemah dan trekking

Suasananya yang masih sepi membuat pantai ini jadi spot berkemah. Selama berkemah kamu bisa menjajal treking atau berjalan-jalan ringan di bukit yang ada di sekitar pantai. 

4. Fasilitas yang tersedia

Pantai Karang Telu Gunungkidul: Lokasi, Rute, Harga Tiket dan TipsPantai Karang Telu (maps.google.com/maps/waonerakarwan)

Nama Pantai Karang Telu ternyata berasal dari gabungan kata karang yang berarti batu karang dan telu dalam bahasa jawa yang artinya tiga. Pantai ini diapit batu karang yang tingginya hampir sama di semua sisinya.

Main ke pantai, tak usah terlalu khawatir karena lokasi ini sudah mempunyai fasilitas seperti toilet, musala tempa parkir, dan area untuk berkemah

5. Tips berwisata

Pantai Karang Telu Gunungkidul: Lokasi, Rute, Harga Tiket dan TipsPantai Karang Telu (maps.google.com/maps/aurorakidscollection)

Agar dapat menikmati keindahan Pantai Karang Telu tanpa khawatir lapar, jangan lupa membawa bekal makanan dan minuman. Di tempat ini belum tersedia warung atau tempat makan. 

Jika menggunakan kendaraan roda dua, maka perjalanan yang kamu tempuh akan dirasa cukup jauh, sehingga penting untuk mempersiapkan fisik dan bekal untuk mengunjungi pantai indah di Gunungkidul ini. 

Sering disebut hidden gems di Gunungkidul, Pantai Karang Telu bisa menjadi destinasi liburanmu selanjutnya saat ke Jogja. Terutama untukmu yang ingin healing dengan suasana sunyi dan asri. 

Baca Juga: 7 Wisata Ekstrem di Gunungkidul, Bukan Buat Si Penakut!

Natasha Wiyanti Photo Community Writer Natasha Wiyanti

I'm still beginner of everything

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Febriana Sintasari

Berita Terkini Lainnya