Comscore Tracker

Air Terjun Kembang Soka: Lokasi, Rute, Harga Tiket, dan Tips

Destinasi air terjun yang dikelilingi rindangnya pepohonan

Kulon Progo memiliki koleksi wisata alam yang beragam. Salah satunya adalah air terjun Kembang Soka. Pemandangan aliran air terjun yang dikelilingi pepohonan nan asri akan meluluhkan rasa lelahmu.

Nah, jika kamu ingin mengajak keluarga atau teman untuk menikmati kesejukan di ujung Yogyakarta ini, simak dulu beberapa tips berikut. 

Baca Juga: 10 Tempat Wisata Dekat Bandara YIA Kulon Progo yang Hits, Yuk Mampir!

1. Lokasi, jam operasional, dan harga tiket 

Air Terjun Kembang Soka: Lokasi, Rute, Harga Tiket, dan TipsPotret Air Terjun Kembang Soka (instagram.com/tri_priyanto_)

Lokasi: Desa Jatimulyo, Kecamatan Girimulyo, Kabupaten Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta. 

Jam operasional: 08.00 sampai 16.00 WIB, setiap hari.

Harga tiket: Rp11 ribu.

2. Rute menuju air terjun Kembang Soka 

Air Terjun Kembang Soka: Lokasi, Rute, Harga Tiket, dan TipsPotret Air Terjun Kembang Soka (instagram.com/zaskiadyamecca)

Air terjun Kembang Soka searah dengan destinasi wisata Taman Air Sungai Mudal. Rute menuju destinasi ini cukup mudah, hanya saja membutuhkan cukup tenaga dan keberanian untuk menaiki tanjakan di area sini.

Rute yang dilalui menuju air terjun Kembang Soka ini, dari Tugu Yogyakarta lurus terus ke arah Barat. Tidak terlalu jauh, waktu yang dibutuhkan untuk sampai ke sana sekitar 1,5 jam.

Lebih jelasnya, kamu hanya perlu menyusuri Jalan Godean ke Barat sekitar 35 kilometer. Setelah sampai di Pertigaan Goa Kiskendo, kamu bisa belok ke kiri dan ikuti jalan hingga melewati Objek Wisata Alam Sungai Mudal.

Setelah melintasi objek Sungai Mudal, kamu akan menemukan pos Air terjun Kembang Soka. Jika kamu bisa melaju dengan cepat dan gesit, kamu hanya perlu waktu satu jam saja buat sampai kesini karena jalur menuju tempat ini sudah beraspal halus. Hanya saja lebar jalur di area ini terbilang sempit dan menanjak, sehingga perlu trik.

3. Aktivitas yang bisa dilakukan di objek Air Terjun Kembang Soka 

Air Terjun Kembang Soka: Lokasi, Rute, Harga Tiket, dan TipsPotret Air Terjun Kembang Soka (instagram.com/tiaraassy)

Karena lokasi yang dikelilingi oleh rimbunnya pepohonan, nuansa asri dan ketenangannya bakal kamu dapatkan. Karena di lokasi yang masih asri dan jauh dari perkotaan, kesejukan air di objek ini gak tertandingi.

Selain bisa menikmati ketenangan alam di puncak Kulon Progo, kamu bisa berenang dan bermain air disini. Jika kamu terlalu takut dengan kedalaman air, kamu bisa persiapan pelampung dari rumah.

Jika kamu pengin berburu foto, banyak spot yang sudah dipersiapkan. Tipsnya jika berniat berburu foto tanpa ada yang bocor, datanglah saat hari kerja di mana pengunjung tidak terlalu banyak.

Baca Juga: Kangen Main Air, Berikut 7 Pantai di Kulon Progo yang Indah Banget

4. Fasilitas yang tersedia di Air Terjun Kembang Soka 

Air Terjun Kembang Soka: Lokasi, Rute, Harga Tiket, dan TipsPotret Air Terjun Kembang Soka (instagram.com/adriastemmy69)

Meski di sini termasuk wisata alam air, sudah disediakan beberapa toilet untuk pengunjung supaya bisa menjaga kebersihan. Selain itu buat kalian yang muslim gak perlu terburu-buru cabut, karena di Kembang Soka sudah disediakan musala untuk beribadah.

Area parkir di depan pun sudah cukup memadai untuk motor dan mobil juga, tarifnya pun standar Jogja. Jika ke sini dalam keadaan perut kosong, kamu bisa berburu makan ala kadarnya di rumah makan yang sudah tersedia.

5. Tips berkunjung ke Air Terjun Kembang Soka 

Air Terjun Kembang Soka: Lokasi, Rute, Harga Tiket, dan TipsPotret Air Terjun Kembang Soka (instagram.com/adriastemmy69)

Supaya liburanmu semakin nyaman, ada beberapa tips yang bisa kamu siapkan sebelum berangkat seperti di bawah ini:

  • Hindari kunjungan akhir pekan, supaya jalanan tidak macet dan sesi foto pun tidak terganggu.
  • Pastikan cuacanya cerah saat berkunjung, karena jika hujan air terjun bakal keruh dan arusnya deras.
  • Karena jalanan yang cukup sempit dan menanjak, usahakan pakai kendaraan bermotor saja ya.
  • Daripada macet di tengah jalan saat menanjak, pastikan ajak temanmu yang benar-benar sudah ahli berkendara dan pastikan juga motor berfungsi dengan baik.
  • Karena untuk menuju lokasi ini menempuh perjalanan yang cukup jauh dari pusat Kota Jogja, jangan lupa pakai sarung tangan atau sunscreen.
  • Patuhi protokol kesehatan saat berada di air terjun Kembang Soka.

Keasrian dan kesegaran sumber air di Kembang Soka bakal meluluhkan rasa capekmu, deh. Tempat yang dikelilingi pepohonan rindang mendukung sesi healing. Bakal betah banget ciblon di sini.

Baca Juga: Kebun Teh Nglinggo, Asrinya Kulon Progo dari Ketinggian

senja sandera Photo Community Writer senja sandera

.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Paulus Risang

Berita Terkini Lainnya