Comscore Tracker

Napak Tilas Perjuangan Pekerja, Ini 7 Museum Buruh di Dunia

#HariBuruhInternasional Dulu mereka bekerja hingga 20 jam

Tanggal 1 Mei diperingati sebagai Hari Buruh Internasional. Ada sejarah panjang mengenai penetapan 1 Mei sebagai Hari Buruh. Bahkan di Indonesia sendiri, Presiden RI ke-6 Susilo Bambang Yudhoyono baru menetapkannya sebagai libur nasional pada 2014.

Hal tersebut dikarenakan pada masa Presiden RI ke-2 , Soeharto, peringatan Hari Buruh dianggap kegiatan komunis. Pasalnya, momen tersebut identik dengan paham komunis yang diakibatkan kejadian G30S pada 1965.

Sejauh ini peringatan Hari Buruh Internasional baru sebatas aksi demonstrasi di berbagai daerah. Belum ada museum khusus yang berisi hal ihwal tentang buruh. 

Lain halnya di beberapa negara berikut ini, kamu bisa menemukan museum-museum yang membuat orang-orang paham makna Hari Buruh yang sebenarnya.

Baca Juga: Sejarah May Day di Indonesia Hingga Menjadi Hari Libur Nasional 

1. Museum of Work and Culture, Amerika Serikat

Napak Tilas Perjuangan Pekerja, Ini 7 Museum Buruh di Duniathesunchronicle.com

Negeri Paman Sam dianggap sebagai sejarah awal di balik adanya Hari Buruh Internasional. Pada 1806, para buruh melakukan mogok kerja untuk pertama kalinya. Aksi mogok ini dipicu karena mereka biasa bekerja 19 hingga 20 jam per hari pada saat itu.

Kalau ingin menengok salah satu perjuangan buruh di Amerika Serikat, datanglah ke Museum of Work and Culture. Berlokasi di 42 South Main St. in Woonsocket, museum ini menceritakan diorama kehidupan pekerja di pabrik tekstil. Museum buka mulai 09.30 hingga 16.00, dengan harga tiket masuknya sekitar US$8 atau sekitar Rp114 ribu.

2. The Finnish Labour Museum Werstas, Finlandia

Napak Tilas Perjuangan Pekerja, Ini 7 Museum Buruh di Duniamuseot.fi

Museum di Finlandia ini buka setiap hari, selain Senin, pukul 11.00 hingga 18.00. Museum ini menceritakan kehidupan kerja dan sosial para buruh di bidang industrial.

Museum yang berada di daerah pabrik kapas ini juga menghadirkan museum mesin uap dan pameran seni. Pameran bersifat permanen dan terus diperbaharui supaya pengunjung tidak bosan. Asyiknya lagi, kamu tidak perlu membayar tiket masuk untuk bisa berwisata ke sini.

3. People's History Museum, Inggris

Napak Tilas Perjuangan Pekerja, Ini 7 Museum Buruh di Duniaruukki.com

Ide awal museum di Manchester ini berasal dari aktivis buruh pada 1960-an. Mereka membangun museum untuk memberikan edukasi dan inspirasi dalam memperjuangkan haknya. Mulai dari kesetaraan gender, keadilan sosial, kerja sama, dan dunia adil untuk semua.

Secara keseluruhan, museum ini menceritakan sejarah demokrasi di Inggris, khususnya tentang kehidupan para pekerja selama 200 tahun terakhir. Kamu bisa menikmati museum secara gratis pukul 10.00 hingga 17.00.

4. Labour Museum, Norwegia

Napak Tilas Perjuangan Pekerja, Ini 7 Museum Buruh di Duniaoslomuseum.no

Museum di Norwegia ini berlokasi di kawasan pemukiman buruh di Sagveien 28. Jam bukanya tidak pasti, kamu bisa cek langsung ke laman resminya di visitnorway.pl. Pada Mei nanti, museum buka selama tanggal 2-16, pukul 11.00 hingga 16.00.

Ketika tutup, kamu tetap bisa eksplorasi di sekitar museum yang sangat apik. Kamu akan menemukan bangunan tua yang terdiri dari pabrik tua, sekolah, kolam renang umum, dan tempat tinggal buruh yang terus dipertahankan keasliannya.

Baca Juga: Selamat Hari Buruh, 5 Publik Figur Ini Awali Karier Sebagai Buruh!

5. Kaohsiung Museum of Labor, Taiwan

Napak Tilas Perjuangan Pekerja, Ini 7 Museum Buruh di Duniataiwan-scene.com

Kaohsiung Museum of Labor dibuka untuk umum sejak 26 Desember 2009 dan diresmikan pada 1 Mei 2010. Di dalam museum, kamu bisa mempelajari kehidupan tenaga kerja dari tahun ke tahun di Taiwan.

Supaya lebih menarik, museum menampilkan secara visual melalui animasi, komik, bahkan video game. Museum buka setiap hari, selain Senin, pukul 09.00 hingga 17.00.

6. American Labor Museum, Amerika Serikat

Napak Tilas Perjuangan Pekerja, Ini 7 Museum Buruh di Duniabusinessyab.com

Museum yang berada di New Jersey, Amerika Serikat, ini berlokasi di bekas pabrik sutra sejak 1908. Dulunya, banyak buruh imigran yang tertindas di sana. Hingga akhirnya pada 1913, mereka mulai menuntut keadilan, terutama masalah jam kerja.

Di dalam museum, kamu bisa melihat kamar kuno yang telah dipugar, pameran, pusat edukasi, perpustakaan, dan lain-lain. Museum bisa diakses secara gratis, buka hanya setiap Rabu sampai Sabtu, pada  pukul 13.00-16.00.

7. Thai Labour Museum, Thailand

Napak Tilas Perjuangan Pekerja, Ini 7 Museum Buruh di Duniathailabourmuseum.org

Di Thailand ada museum khusus pekerja yang bernama Thai Labour Museum. Museum yang dibuka sejak 1993 ini menceritakan tragedi buruh di Thailand secara detail. Banyak kisah yang bisa dipelajari, seperti awal terbentuknya serikat buruh, kebakaran pabrik yang memakan ratusan jiwa pekerja, hingga perjuangan mereka untuk mendapatkan hak-haknya.

Kamu cukup membayar seikhlasnya untuk bisa masuk ke dalam museum. Museum buka setiap Selasa hingga Minggu pukul 10.00-16.30.

Itulah museum-museum bersejarah di dunia yang secara khusus menceritakan perjuangan para buruh di sana. Selamat Hari Buruh Internasional, semoga banyak perbaikan untuk kesejahteraan para buruh!

Baca Juga: Liput Unjuk Rasa, Polri Minta Jurnalis Gunakan Tanda Pengenal 

Topic:

  • Febriana Sintasari

Just For You