Comscore Tracker

6 Pusat Grosir Batik Saat Liburan di Jogja, Hati-hati Kalap

Mulai daster, sandal hingga tas batik ada di pusat grosir

Jalan-jalan ke Daerah Istimewa yOgyakarta (DIY) tak lengkap rasanya kalau melewatkan untuk membeli oleh-oleh batik. Tak hanya penjual di toko, wisatawan pasti tidak pernah melewatkan untuk membeli di pasar, pedagang kaki lima bahkan langsung di sentra pembuatannya. 

Di beberapa tempat di atas, tentunya kita akan mendapatkan harga dan produk yang berbeda. Berikut 6 rekomendasi tempat membeli grosir batik yang bisa kamu kunjungi.

1. Pasar Beringharjo

6 Pusat Grosir Batik Saat Liburan di Jogja, Hati-hati KalapBatik yudhistira (antara.com)

Wisata belanja populer di Kota Yogyakarta adalah Pasar beringharjo. Di tempat ini pengunjung dapat memilih berbagai model batik mulai dari dari kemeja, blus, rok, daster hingga tas dan sandal.

Harga di antara para pedagang bisa jadi sedikit berbeda, diperlukan keahlian untuk menawar untuk mendapatkan harga yang pas di kantong. 

Baca Juga: Mulai 4 Mei, Pasar Beringharjo Buka hingga Pukul 9 Malam   

2. Mirota Batik

6 Pusat Grosir Batik Saat Liburan di Jogja, Hati-hati Kalapgoogle.com

Di depan Pasar Beringharjo, terdapat sebuah toko yang bernama Hamzah Batik menyediakan aneka khas oleh-oleh khas Yogyakarta. Tak hanya baju batik, toko ini menyediakan selendang, tas hingga lukisan batik. 

Toko yang awalnya bernama Mirota Batik ini, terdiri dari tiga lantai. Di lantai pertama, terdapat batik premium hingga kaos dan daster yang digunakan sehari-hari di rumah. Lantai kedua terdapat pernak-pernik pajangan hingga gantungan kucing dan aksesori kecantikan, sedangkan lantai paling atas baju batik untuk anak-anak. 

3. Yudhistira Batik

6 Pusat Grosir Batik Saat Liburan di Jogja, Hati-hati KalapBatik yudhistira (zaubee.com)

Berlokasi di Jalan Taman Siswa No.150A, Wirogunan, Mergangsan, Kota Yogyakarta, Yudhistira Batik sering menjadi tujuan pembelian batik seragam batik keperluan sekolah, keluarga hingga pegawai. Di tempat ini menyediakan beragam ukuran dan motif. 

Baca Juga: Rekomendasi Menu Sarapan dekat Malioboro, Gudeg, Soto sampai Jenang

4. Kampung Batik Giriloyo 

6 Pusat Grosir Batik Saat Liburan di Jogja, Hati-hati KalapGrosir batik (batikgiriloyo.com)

Kampung batik Giriloyo menjadi pusat produksi batik tulis di Kabupaten Bantul. Di tempat ini wisatawan tidak hanya bisa belanja kain dan pakaian batik, tapi juga bisa melihat dna belajar proses pembuatan batik tulis. 

Kampung Giriloyo ini terletak di Wukirsari, Bantul atau sekitar satu jam dari Keraton Yogyakarta. Harga batik tulis cukup beragam tergantung ukuran dan kerumitan motif.

5. Teras Malioboro 1 dan 2

6 Pusat Grosir Batik Saat Liburan di Jogja, Hati-hati KalapWisatawan sedang membeli suvenir di Teras Malioboro 2. IDN Times/ Febriana Sinta

Teras Malioboro 1 dna 2 adalah tempat relokasi bagi pedagang kaki lima (PKL) Malioboro yang terletak di samping Gedung DPRD DIY dan depan Pasar Beringharjo. Di tempat ini terdapat ratusan pedagang yang siap menyambut wisatawan mulai dari pagi hingga malam hari.

Berbagai barang dagangan batik bisa ditemui, mulai dari sandal hingga blus, tas dan aksesori gelang hingga bando. Soal harga, wisatawan bisa leluasa untuk menawar harganya.   

6. Toko Batik Wisnu

6 Pusat Grosir Batik Saat Liburan di Jogja, Hati-hati KalapBatik wisnu (foursquare.com)

Toko Batik Wisnu berlokasi di Jalan Ibu Ruswo No.14 Prawirodirjan Gondomanan, Yogyakarta. Toko mulai buka dari pukul 07.30-21.00 WIB, menyediakan aneka kebutuhan pakaian batik baik ecer maupun grosir.

Meski dijual eceran, harga yang didapat sudah cukup murah. Jadi tidak perlu khawatir untuk melihat dan membelinya.

Tentunya para wisatawan sudah pernah mampir dan membeli di beberapa tempat grosir batik Yogyakarta kan? Tapi jangan salah terdapat motif dan produk baru yang selalu menunggu pembeli.

Baca Juga: Gandhok Coffee, Kedai Kopi dan Tempat Makan Bakmi Dekat Keraton Jogja 

Rama Dhanila Photo Community Writer Rama Dhanila

Hiiii~~

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Febriana Sintasari

Berita Terkini Lainnya