Comscore Tracker

7 Masjid Terbaik di Yogyakarta yang Asyik untuk Tujuan Salat Tarawih

#RamadanMasaKini Ganti suasana biar semangatmu gak kendur!

Bulan Ramadan adalah saatnya umat Islam mengumpulkan amalan dan pahala lewat beribadan. Salah satunya adalah dengan salat Tarawih yang dilakukan berjamaah selepas Isya. Meski sunah, sebagian besar umat muslim tak ingin melewatkannya. 

Nah, buat kamu yang ingin menikmati suasana tarawih yang lain dari biasanya, ada beberapa masjid di Yogyakarta yang bikin kamu makin semangat menjalankannya. Di antaranya seperti berikut ini.

1. Masjid Syuhada

7 Masjid Terbaik di Yogyakarta yang Asyik untuk Tujuan Salat Tarawihinstagram.com/yanto_dee

Masjid Syuhada di Kotabaru, Yogyakarta, ini memiliki desain eksterior yang serba hijau. Perpaduan warna hijau dengan putih memberikan suasana yang nyaman dan menyejukkan.

Atmosfer bulan suci Ramadan langsung terasa saat kamu ke sini. Masjid ini bisa jadi jujuganmu melaksanakan ibadah Tarawih selama Ramadan. 

2. Masjid Nurul Ashri

7 Masjid Terbaik di Yogyakarta yang Asyik untuk Tujuan Salat Tarawihinstagram.com/ratnasari_9

Masjid Nurul Ashri berada di kompleks perumahan Universitas Negeri Yogyakarta, Deresan. Para mahasiswa pasti mengenal baik masjid yang memiliki dua lantai ini.

Daya tampungnya yang mencapai lebih dari 300 orang ini bikin salat Tarawih jadi lebih khidmat. Selain itu, masjid yang disebut sebagai Nuras ini memiliki bau wangi yang khas, bersih, dan empuknya karpet menambah tingkat kenyamanan beribadah. 

3. Masjid Kampus UGM

7 Masjid Terbaik di Yogyakarta yang Asyik untuk Tujuan Salat Tarawihinstagram.com/upiecupi

Masjid yang berada di kompleks kampus Universitas Gadjah Mada ini sering menghadirkan ustaz ternama saat Ramadan. Para ustaz biasanya memberikan tausiyah yang menambah ilmu dan inspirasi para jemaah. 

Terdapat kolam di depan masjid yang bikin suasana semakin sejuk dan nyaman. Apalagi, imam yang bertugas untuk salat Tarawih memiliki suara merdu yang bikin kamu makin khidmat.

Baca Juga: 4 Tips Mengelola Keuangan Saat Bulan Puasa

4. Masjid Gedhe Kauman

7 Masjid Terbaik di Yogyakarta yang Asyik untuk Tujuan Salat Tarawihinstagram.com/fanessasutrisno

Masjid besar Yogyakarta ini terletak di bagian barat kompleks alun-alun utara Keraton Yogyakarta. Di bagian luarnya, kamu langsung disambut dengan bangunan yang Jawa banget. 

Desain keraton yang memiliki ciri khas tersendiri bikin kamu makin semangat salat Tarawih. Kamu bisa mencari posisi yang nyaman, bisa di dalam ruangan atau serambi masjid.

Baca Juga: 5 Fakta Masjid Al Aqsa yang Terbakar, Kiblat Pertama Umat Islam

5. Masjid Jogokariyan

7 Masjid Terbaik di Yogyakarta yang Asyik untuk Tujuan Salat Tarawihinstagram.com/derpanji

Masjid yang berdekatan dengan Pondok Pesantren Krapyak ini memiliki nilai sejarah panjang. Saat dibangun di tengah Kampung Jogokariyan, masjid ini telah memberikan dakwah Islami hingga membawa perubahan pada warga yang dulunya Abdi Dalem keraton.

Mereka yang suka berjudi, mabuk, dan sebagainya kehilangan segalanya saat dipindah dari keraton. Kalau kamu ingin melakukan ibadah salat Tarawih di tempat ini, harus datang lebih cepat supaya dapat tempat.

6. Masjid Sunan Kalijaga

7 Masjid Terbaik di Yogyakarta yang Asyik untuk Tujuan Salat Tarawihinstagram.com/masjiduinsuka_jogja

Masjid yang menjadi Laboratorium Agama Universitas Islam Negeri (UIN) Sunan Kalijaga ini memiliki desain yang unik. Suasananya yang sejuk dengan bangunan arsitektur menarik membuat ibadah kita jadi lebih khusyuk. Kamu yang tinggal di sekitar UIN Sunan Kalijaga juga bisa Tarawih di sini, kok. 

7. Masjid Ulil Albab UII

7 Masjid Terbaik di Yogyakarta yang Asyik untuk Tujuan Salat Tarawihinstagram.com/akbarindra

Buat yang tinggal di sekitar Universitas Islam Indonesia (UII), kamu bisa salat Tarawih berjamaah di Masjid Ulil Albab UII ini. Desain eksterior masjid yang megah dengan kubah berwarna emas tampak sangat memesona.

Tempatnya cukup luas dengan kenyamanan yang tinggi bakal membuatmu salatmu lebih nyaman. Tak perlu khawatir berdesakan dengan jemaah lainnya, karena ruangnya luas.

Itulah beberapa masjid di Yogyakarta yang layak jadi tujuanmu menunaikan ibadah salat tarawih. Nah, hari ini kamu tarawih di mana nih?

Baca Juga: [LINIMASA] Fakta dan Data Arus Mudik Lebaran 2019

Topic:

  • Paulus Risang

Berita Terkini Lainnya