Comscore Tracker

Jalan Alun-Alun Kidul: Lokasi, Rute, Harga Tiket dan Tips Wisata

Main di malam hari lebih seru!

Selain Malioboro, Alun-Alun Kidul menjadi salah satu tujuan wisata bagi yang mengunjungi Yogyakarta. Sejumlah mitos yang beredar seputar dua beringin besar di tengah alun-alun membuat wisatawan penasaran untuk menjajal berjalan di area tersebut.

Mulanya, Alun-Alun Kidul dibangun sebagai tempat latihan ketangkasan bagi prajurit Keraton Yogyakarta. Nah, bagi kamu yang tertarik ingin menantang diri berjalan di Alun-Alun Kidul, simak informasi lokasi hingga tips wisatanya berikut ini.

1. Lokasi, jam buka, harga tiket

Jalan Alun-Alun Kidul: Lokasi, Rute, Harga Tiket dan Tips WisataAlkid atau Alun-alun Kidul (instagram.com/indakafahm_)

Lokasi: Jalan Alun Alun Kidul, Patehan, Kecamatan Kraton, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta

Jam operasional: Senin sampai Minggu, buka 24 jam

Harga tiket masuk: gratis

Harga tiket parkir: Rp2.000 untuk motor dan Rp5.000 untuk mobil

Sewa penutup mata untuk jalan: Rp5.000 untuk sekali jalan

2. Rute menuju Alun-Alun Kidul

Jalan Alun-Alun Kidul: Lokasi, Rute, Harga Tiket dan Tips Wisatainstagram.com/phalenpha

Alun-alun seluas 150×150 meter ini sangat dekat dengan Titik Nol Kilometer, hanya membutuhkan waktu 6 menit menggunakan kendaraan pribadi. Baik yang berasal dari arah barat, utara, maupun timur Titik Nol Kilometer, ambil arah selatan dan masuk ke Jalan Pangurakan.

Ambil kiri ke Jalan Alun-Alun Utara dan ikuti jalur sampai berada di Jalan Wijilan dan Jalan Gamelan. Kamu akan masuk ke area Alun-Alun Kidul lewat Jalan Langenastran Lor.

Selain Jalan Langenastran Lor, ada empat bukaan lain sebagai jalan keluar dan masuk yaitu Jl. Langenastran Kidul, Jl. Langenastran Lor, Jl. Ngadisuryan, Jl. Patehan Lor, dan Jl. Gading. Kamu dapat membedakan Alun-Alun Kidul dengan Alun-Alun Lor jika melihat ke tengah lapangan untuk mencari keberadaan dua beringin.

Baca Juga: 7 Angkringan di Nganjuk, Nongkrong Sepuasnya Harga Kaki Lima

3. Mitos beringin kembar

Jalan Alun-Alun Kidul: Lokasi, Rute, Harga Tiket dan Tips WisataAlun-alun Kidul, Yogyakarta (instagram.com/travel4ture)

Bukan rahasia lagi kalau beringin kembar yang tumbuh ratusan tahun di alun-alun satu ini menyimpan mitos yang melegenda. Konon katanya, sepasang pohon beringin tersebut merupakan pintu gerbang Ratu Laut Selatan.

Juga apabila ada yang berhasil melewatinya dengan mata tertutup atau disebut dengan masangin, maka akan mendapatkan berkah. Masangin pun menjadi tradisi bagi abdi dalem atau keluarga Keraton Yogyakarta yang dilakukan dengan puasa semalam pada malam satu suro, sembari mengitari Keraton Yogyakarta hingga alun-alun.

4. Aktivitas seru di Alun-Alun Jogja

Jalan Alun-Alun Kidul: Lokasi, Rute, Harga Tiket dan Tips WisataAlun Alun Kidul Yogyakarta (instagram.com/3d.traveler)

Alun-Alun Kidul menjadi sangat ramai menjelang malam hari. Ada banyak hal seru yang bisa kamu lakukan untuk menghabiskan waktu lapangan luas ini, di antaranya:

  • Masangin atau masuk dua beringin, yaitu berjalan dari ujung alun-alun sampai melewati pohon beringin kembar dengan mata yang ditutup kain. Meski tampak mudah, namun banyak peserta yang memerlukan beberapa kali percobaan sampai berhasil, lho. Dari mitos yang dipercaya masyarakat, hanya orang berhati bersih saja yang mampu menyelesaikan tantangan tersebut.
  • Bermain lampion berjalan
  • Berburu jajanan kaki lima seperti jagung bakar, otak-otak, tempura, bakmi jawa, dan oseng mercon
  • Menikmati hangat dan segarnya wedang ronde
  • Naik becak mini atau andong mini
  • Melukis
  • Piknik dengan bekal sendiri

5. Tips wisata yang perlu diperhatikan

Jalan Alun-Alun Kidul: Lokasi, Rute, Harga Tiket dan Tips WisataAlun-alun kidul Yogyakarta (IDN Times/Nindias Khalika)

Tips penting untuk kamu yang akan mengunjungi alun-alun ini adalah datang saat malam hari. Kamu dapat melihat keindahan kerlap-kerlip lampu sepeda hias atau odong-odong yang didekor cantik. Pastikan untuk mengenakan pakaian hangat dan membawa payung, ya.

Jangan ketinggalan pula smartphone atau kamera digital yang sudah terisi daya penuh agar dapat berfoto ria. Ingat selalu untuk menjaga kebersihan sekitar dan membuang sampah bawaanmu di tempatnya, ya.

Jadi, kapan kamu berencana jalan di Alun-Alun Kidul bersama orangtersayang? Jelajahi keindahan Kota Pelajar dari setiap sudutnya, yuk!

Baca Juga: Jogja National Museum: Lokasi, Rute, Harga Tiket dan Tips Wisata

Topic:

  • Langgeng Irma Salugiasih

Berita Terkini Lainnya