Comscore Tracker

Info Wisata Embung Batara Sriten: Lokasi, Rute, Harga Tiket dan Tips

Camping ramai-ramai di sini pasti seru, deh!

Embung Batara Sriten adalah sebuah bendungan buatan yang berada di dataran tinggi Gunungkidul dengan formasi karst yang tandus. Bendungan buatan dengan kapasitas 10.000 meter kubik ini terletak di ketinggian lebih dari 800 mdpl.

Walaupun terbilang baru, wisata ini tidak akan membuat pengunjung merasa kecewa. Karena embung ini memiliki panorama menakjubkan di atas pegunungan.

Awal mula munculnya embung, karena lingkungan sekitar acap kali dilanda kekeringan di musim kemarau. Maka dibangunkan sebuah bendungan sebagai cadangan air. Selain itu, keberadaan embung ini juga difungsikan untuk mengembangkan kawasan agrowisata buah di sekitar embung dengan memanfaatkan air dari bendungan.

Ada banyak kegiatan seru yang bisa dilakukan di destinasi wisata satu ini. Sebelum bertolak dari rumah, simak dulu yuk, informasi jam buka, tiket, hingga tips liburan di Embung Batara Sriten.

1. Lokasi, jam buka dan harga tiket

Info Wisata Embung Batara Sriten: Lokasi, Rute, Harga Tiket dan Tipsinstagram.com/embungsritengunungkidul

Lokasi: Sriten, Pilangrejo, Kecamatan Nglipar, Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta.

Jam operasional: Senin sampai Minggu, buka pukul 05.00 s.d. 18.00 WIB

Harga tiket masuk: Rp5.000

2. Rute menuju Embung Batara Sriten

Info Wisata Embung Batara Sriten: Lokasi, Rute, Harga Tiket dan TipsEmbung sriten (instagram.com/anggahorehore)

Perlu diketahui, embung masih berjarak sekitar 5,5 km dari jalan utama. Jalan menuju Embung Batara Sriten didominasi oleh tanjakan curam yang tentu sangat menguras tenaga. 

Jalanan ini sebagian berupa cor blok dan sebagian masih berupa batuan kapur. Dibutuhkan skill mengemudi yang mumpuni untuk naik dan juga turun dengan lancer.

Jarak dari pusat kota Yogyakarta adalah sekitar 45 km, yang bisa ditempuh dengan perjalanan selama 1,5 jam dengan kendaraan roda dua. Dari pusat kota Yogyakarta, kamu bisa berbelok ke arah timur menuju Jalan Panembahan Senopati hingga Jalan Sultan Agung.

Perjalanan dilanjutkan menuju Jalan Kusumanegara hingga menemui perempatan, lalu ambil arah selatan melewati Jalan Gedong Kuning hingga bertemu perempatan lagi. Ambil arah timur menuju Jalan Wonosari hingga Jalan Sambipitu Nglipar, ikuti terus jalan ini dan kamu akan sampai di kawasan wisata Embung Batara Sriten.

Baca Juga: Air Terjun Tibumama Bali: Informasi Lokasi, Rute, dan Tips

3. Aktivitas seru di Embung Batara Sriten

Info Wisata Embung Batara Sriten: Lokasi, Rute, Harga Tiket dan TipsEmbung Batara Sriten Gunungkidul (Instagram.com/embungsritengunungkidul)

Dataran tinggi di sisi timur embung diberi nama Puncak Tugu Magir, yang merupakan titik tertinggi di pegunungan Baturagung Utara sekaligus puncak tertinggi di daerah Gunungkidul. Di tempat ini, pegiat hobi paralayang mulai mengembangkan parasut untuk menjelajahi langit Yogyakarta dari ketinggian 850 mdpl.

Kamu pun bisa menjadwalkan camping bersama teman-teman di sini, nih. Jangan sampai melewatkan matahari terbit yang memesona dari puncak. Menjelang sore, manfaatkanlah waktu untuk bersepeda di area embung.

Menikmati segelas minuman hangat yang dijajakan oleh warung di sekitar lokasi waduk menjadi sebuah kenikmatan tersendiri. Ditambah lagi dengan suasana tenangnya mentari tenggelam, senja mengintip dikawal syahdunya kopi di ketinggian Jogja.

4. Fasilitas yang tersedia

Info Wisata Embung Batara Sriten: Lokasi, Rute, Harga Tiket dan Tipspemandangan di Embung Batara Sriten (earth.google.com/Rahmat Aleksander)

Karena dikelola dengan baik oleh pemerintah setempat, area Embung Batara Sriten pun dilengkapi berbagai fasilitas umum. Seperti musala, kamar mandi, tempat sampah, dan warung makan, dan tempat cuci kaki.

Manfaatkan gazebo untuk meluruskan kaki sejenak dan menikmati kopi sambil menghirup udara segar di puncak. Pagar hiasan, plang nama, dan papan petunjuknya pun bisa dimanfaatkan untuk spot foto instagramable.

5. Tips wisata yang perlu diperhatikan

Info Wisata Embung Batara Sriten: Lokasi, Rute, Harga Tiket dan TipsEmbung Sriten, Yogykarta (instagram.com/hafifebian)

Persiapan amunisi perlu diperhatikan saat hendak berkunjung ke Embung Batara Sriten. Kenakan sepatu dan kaus kaki yang nyaman, karena kamu akan banyak menaiki anak tangga dan jalur menanjak. Pastikan untuk mengisi botol minum dan membawa jajanan untuk pengganjal perut.

Meski datang di siang hari, udara sejuk akan menyapa kamu sepanjang perjalanan hingga tiba di puncak. Karena itu, memilih pakaian berlengan panjang dan jaket lebih disarankan.

Embung Batara Sriten sukes menghadirkan panorama alam yang hati. Yogyakarta memang tidak pernah gagal memberikan ketenangan bagi jiwa, ya.

Baca Juga: Info Wisata Embung Kledung Temanggung: Lokasi, Aktivitas, dan Tips

Topic:

  • Langgeng Irma Salugiasih

Berita Terkini Lainnya