Comscore Tracker

Keren Habis, 6 Jembatan Ikonik dan Instagramable di Jogja

Wajib mampir karena pemandangannya bagus

Jembatan biasanya digunakan sebagai alat penyeberangan atau penghubung di antara dua wilayah yang melewati sungai atau danau. Nah di Jogja, ada beberapa jembatan yang tidak hanya digunakan sebagai jalan  biasa tapi juga menjadi lokasi pemotretan.

Beberapa jembatan di bawah ini memang memiliki pesona yang kuat untuk diabadikan dalam sebuah foto. Yuk, simak jembatan apa saja di Jogja yang banyak diburu wisatawan untuk foto lantaran pemandangannya yang indah. 

1. Jembatan Plunyon Kalikuning

Keren Habis, 6 Jembatan Ikonik dan Instagramable di JogjaBukit kali kuning (instagram.com/shenirohmiati_)

Salah satu jembatan unik dan menarik yang berada di bawah kaki gunung Merapi, adalah Jembatan Plunyon Kalikuning. Kamu bisa menikmati keindahan Merapi dari tempat ini saat di pagi hari atau cuaca cerah.

Jembatan ini menjadi tempat favorit sebagai spot foto banyak orang, karena memiliki panorama yang sangat indah. 

Lokasi : Cangkringan, Kedungsriti, Sidorejo, Umbulharjo, Kec. Cangkringan, Kabupaten Sleman

2. Jembatan Gantung Selopamiora

Keren Habis, 6 Jembatan Ikonik dan Instagramable di Jogjainstagram.com/pesonaimogiri

Pada tahun 2017 silam, jembatan gantung ini sempat runtuh akibat diterpa banjir bandang. Setelah dibangun kembali, justru menjadi jembatan yang ikonik di Bantul.

Warna kuning sudah menjadi ciri khas dari jembatan Gantung Selopamiora. Di sekitar lokasi. kamu bisa menikmati keindahan pepohonan yang rimbun dan air sungai yang bersih.

Lokasi : Selopamiora, Imogiri, Bantul, 

Baca Juga: Kalender Event Wisata Jogja Bulan April 2022, Ada Sarkem Fest!

3. Jembatan Bawuran Bantul

Keren Habis, 6 Jembatan Ikonik dan Instagramable di Jogjainstagram.com/explorejogja

Tren kekinian dengan panorama yang tidak biasa adalah daya tarik tersendiri, salah satunya adalah jembatan Bawuran Bantul, menjadi jembatan paling tren dan kekinian untuk dijadikan spot foto.

Keindahan dan keunikan jembatan ini mempunyai pesona yang mengundang banyak orang berdatangan untuk sekedar berfoto. Tempat ini juga menjadi pilihan favorit bagi para pesepeda untuk singgah.

Lokasi : Kali Opak Kecamatan Pleret, Bantul

4. Jembatan Lemah Abang

Keren Habis, 6 Jembatan Ikonik dan Instagramable di Jogjainstagram.com/ponkge_

Jembatan ini menghubungkan dua kabupaten di Jogja, yaitu Sleman dan Gunungkidul. Keberadaan jembatan Lemah Abang tidak hanya memudahkan akses jalan dari Patuk yang terletak di Kabupaten Gunungkidul menuju Prambanan, Sleman lebih cepat, tetapi juga menjadi ikon baru yang instagramable.

Di sore hari, pemandangan di Jembatan Lemah Abang akan semakin ciamik. Terlebih lagi dasar jembatan masih terbuat dari kayu, membuatnya semakin cantik. 

Lokasi : Lemah Abang, Gayamharjo, Prambanan, Sleman

5. Jembatan di Bendung Kamijoro

Keren Habis, 6 Jembatan Ikonik dan Instagramable di Jogjajembatan di Bendung Kamijoro, Kulon Progo. IDN Times/Febriana Sinta

Jembatan Kamijoro, dibangun di atas Bendung Kamijoro yang mirip dengan Jembatan Ampera di Palembang. Jembatan tersebut menghubungkan Dusun Plambongan, Desa Triwidadi, kecamatan Pajangan, Kabupaten Bantul dengan Dusun Kaliwiru, Desa Tuksono, Kecamatan Sentolo, Kabupaten Kulonprogo.

Jembatan yang diresmikan oleh Presiden Joko Widodo ini memiliki panjang 161 meter dengan lebar 3 meter. 

Di sekitar jembatan ini terdapat taman seluas 4 ribu hektare yang bisa digunakan untuk wisata atau sekedar tempat nongkrong. 

Lokasi: Dusun Kaliwiru, Desa Tuksono, Kecamatan Sentolo, Kabupaten Kulon Progo.

Baca Juga: 8 Lokasi Prewedding Bernuansa Alam di Bantul, Pas untuk Berbagai Tema

6. Jembatan Sawah Sukorame

Keren Habis, 6 Jembatan Ikonik dan Instagramable di Jogjainstagram.com/helloindonesia_co

Salah satu jembatan yang terbilang unik dan berbeda dengan jembatan lainnya, adalah jembatan Sukorame yang dibangun oleh mahasiswa KKN yang pernah bertugas di dusun Sukorame.

Tempat ini ramai dikunjungi oleh wisatawan untuk berfoto foto. Dari atas jembatan, kamu bisa menikmati pemandangan sawah yang terhampar luas. Suasana yang segar dan adem membuatmu akan semakin betah berlama lama di jembatan ini.

Lokasi : Sukorame, Mangunan, Dlingo, Bantul

Jogja memang menyimpan banyak daya tarik tersendiri untuk dikunjungi. Buat kamu yang ke Jogja, wajib banget singgah ke beberapa jembatan  di atas ya. Tapi tetap hati hati dan jaga keselamatan ya. 

jabal nur Photo Community Writer jabal nur

Rebahan tanpa harus gibah dan memfitnah diri sendiri.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Febriana Sintasari

Berita Terkini Lainnya