Comscore Tracker

4 Pabrik Bakpia di Jogja yang Bisa Kamu Kunjungi

Penasaran dengan proses pembuatan bakpia yang melegenda?

Siapa yang tidak kenal dengan bakpia yang jadi oleh-oleh khas Jogja? Banyak sekali merek bakpia yang populer di Kota Gudeg ini.

Tidak hanya menjual bakpia di outletnya, ada juga beberapa merek yang membuka pabriknya untuk tujuan wisata, lho! Ini beberapa pabrik bakpia di Jogja yang bisa kamu kunjungi untuk melihat langsung proses pembuatannya!

1. Bakpia Pathok 25

4 Pabrik Bakpia di Jogja yang Bisa Kamu KunjungiProses pembuatan bakpia (bakpia25.com)

Bakpia Pathok 25 adalah salah satu merek bakpia yang legendaris di Jogja. Berawal di kampung Pathuk, kue ini mulai diproduksi pada tahun 1948. Kala itu penjualannya masih menggunakan besek (anyaman bambu) dan tanpa merek, namun peminatnya sangat luas. Baru pada tahun 1980-an, BP 25 dijadikan merek dagang.    

Dengan tekstur yang empuk, cita rasa favorit juga selalu dicari oleh pengunjung, yaitu kacang hijau dan keju. Bagi kamu yang ingin membeli bakpia ini, datang saja ke outletnya di Jl. AIP II KS Tubun No. 504, Ngampilan, Jogja. 

Di tempat yang sama ada pabriknya yang dibuka untuk tujuan wisata. Kamu bisa melihat langsung proses pembuatan bakpia legendaris ini. Pelayanannya ramah, harganya juga masih terjangkau. Meski berbelanja di pabriknya, tapi kamu boleh kok membeli secara eceran. Mau beli grosir, boleh banget! 

Baca Juga: 6 Kawasan Pusat Oleh-oleh Khas Jogja, Dijamin Murah!

2. Bakpia Patuk 75

4 Pabrik Bakpia di Jogja yang Bisa Kamu KunjungiProses pembuatan bakpia (instagram.com/bakpiapatuk75)

Bakpia Patuk 75 atau BP 75, telah berdiri sejak tahun 1948 oleh keluarga Liem Bok Sing. Usaha mereka awalnya membuat kue basah, dan bakpia menjadi salah satu yang sangat populer.

Tidak mau kalah dengan pesaingnya sesama bakpia legendaris, Bakpia 75 juga membuka pabriknya. Tidak main-main, pengelola membuka tiga lokasi pabrik khusus untuk menerima tamu dan wisatawan. 3 lokasi itu adalah Jl. AIP II KS Tubun No. 75, Jl. AIP II KS Tubun No. 83, dan di Jl. HOS Cokroaminoto 119 B.

Yang menarik, pabrik-pabrik ini masih mempertahankan cara memasaknya yang menggunakan bata dan arang sebagai bahan bakar tungku untuk membakar bakpia. Demikian juga untuk mempertahankan cita rasanya, BP 75 menggunakan bahan baku kacang hijau tanpa campuran dan pemanis buatan.

3. Bakpia Kencana

4 Pabrik Bakpia di Jogja yang Bisa Kamu Kunjungiinstagram.com/bakpiakencana

Bakpia Kencana termasuk bakpia kekinian yang baru saja bergabung di pasar bakpia Jogja. Berbeda dengan bakpia pendahulunya, Bakpia Kencana tergolong bakpia yang basah. Kulitnya bertekstur lembut, dengan banyak rasa seperti kacang hijau, kumbu, green tea, coklat, keju, susu, ubi ungu dan durian. 

Selain bakpia dengan aneka rasa, di outletnya juga disediakan banyak ragam oleh-oleh lain khas Jogja. Untuk pabriknya, mereka membuka open kitchen dengan konsep modern di pojok kanan toko. Pabriknya berlokasi sama dengan outletnya, yaitu di Jl. Wates Km 6, Gamping, Jogja.

4. Bakpia Citra Premium

4 Pabrik Bakpia di Jogja yang Bisa Kamu KunjungiBakpia Citra Premium (Instagram.com/bakpiacitrapremium)

Bakpia kekinian lain yang lagi ngehits di Jogja adalah Bakpia Citra Premium. Konsep yang diusung adalah bakpia aneka rasa, yaitu durian, susu, cokelat, dan masih banyak yang lainnya.  Belum lagi 3 outletnya yang instagramable, masing-masing ada di Jl. Mataram No. 21, Jl. Sosrowijayan, dan Mirota Kaliurang.

Sedangkan wisata pabriknya dibuka di Jl. Pandean 2 Gang Legi No 20, Gejayan, Condongcatur. Kamu bisa sepuasnya melihat proses pembuatan bakpia dan bahkan turun langsung mencoba membuatnya.  

Bagaimana? Sudah terbayang mau ke pabrik bakpia yang mana? Semoga pandemi segera usai ya, agar kita bisa jalan-jalan sepuasnya dan bisa jajan bakpia langsung ke pabriknya.

Baca Juga: Rumah Pocong Sumi, Bangunan Horor di Kotagede Yogyakarta

Topic:

  • Paulus Risang

Berita Terkini Lainnya