Comscore Tracker

Vakum 2 Tahun Oemah Budaya Larasati Bantul Gelar Pentas Kampung‎

Pentas Kampung tampilkan gejog lesung dan tarian kampung

Bantul, IDN Times - ‎Oemah Budaya Larasati mulai menggelar acara tahunan yang sempat terhenti selama dua tahun akibat pandemik. 

Berlokasi di Padukuhan Semail RT 05, Kalurahan Bangunharjo, Kapanewon Sewon, Bantul kembali menghadirkan sejumlah potensi seni dan budaya Dusun Semail yang ditampilkan oleh warga setempat pada Sabtu (13/8/2022) malam.

Beberapa kesenian yang ditampilkan warga di antaranya tari-tarian, baik tradisional maupun tari kreasi baru, kesenian gejog lesung, drama rakyat dan tembang Jawa.

Tak cuma itu dalam Pentas Kampung, tampil Uti Setyastuti, Warsono Kiwir, Ribeth Nurwijayanto, Pamardi dan Bagus Mazupa. Selain itu pemilik Oemah Kampung Larasati Prof. Rachmi Diyah Larasati juga turut menampilkan sebuah tari kontemporer.

1. Pentas Kampung merupakan pestanya warga Semail‎

Vakum 2 Tahun Oemah Budaya Larasati Bantul Gelar Pentas Kampung‎Pentas Kampung di Oemah Budaya Larasati.(Dok.Istimewa)

Menurut Rachmi Diyah Larasati, acara Pentas Kampung merupakan salah satu pestanya warga Semail yang rutin di gelar setiap tahunnya namun saat pandemik terpaksa vakum selama dua tahun.

"Senang sekali Pentas Kampung bisa digelar kembali setelah vakum selama dua tahun akibat pandemik," katanya, Sabtu (13/8/2022) malam.

2. Pentas Kampung jadi momentum untuk menunjukkan potensi seni warga

Vakum 2 Tahun Oemah Budaya Larasati Bantul Gelar Pentas Kampung‎Pentas Kampung di Oemah Budaya Larasati.(Dok.Istimewa)

Oemah Budaya Larasati yang didirkan sejak tahun 2017, konsisten menggelar Pentas Kampung sebagai bentuk unjuk potensi seni yang dilakukan masyarakat. "Ini momentum masyarakat untuk menunjukkan potensi seni yang ada di lingkungan mereka," ucapnya.

Pentas Kampung yang digelar setiap tahun juga menjadi penanda kelahiran komunitas yang fokus pada kegiatan seni, budaya dan pendidikan. Oemah Budaya Larasati, kata Rachmi sebagai wadah bagi masyarakat yang berbasis pendidikan dan kebudayaan terutama yang berkaitan dengan tradisi nusantara khususnya Jawa.

"Kesenian yang ditampilkan oleh masyarakat yang dekat dengan mereka seperti kesenian gejog lesung," ungkapnya.

Baca Juga: Ganjuran Food Court, Tempat Kuliner dan Nongkrong Baru di Bantul

Baca Juga: Meriahnya Labuhan Mina Bahari 45 Pantai Depok Bantul

3. Pentas Kampung jika dikelola dengan baik bisa menjadi potensi yang luar biasa‎

Vakum 2 Tahun Oemah Budaya Larasati Bantul Gelar Pentas Kampung‎Pentas Kampung di Oemah Budaya Larasati.(Dok.Istimewa)

Kepala Balai Pelestarian Nilai Budaya (BPNB), Dwi Ratna Nurhajarini mengatakan agenda Pentas Kampung yang digelar di Oemah Budaya Larasati jika diolah dengan baik akan menjadi potensi yang luar biasa. Pihaknya akan memfasilitasi pengembangan potensi budaya yang ada di Dusun Semail.

"Kami memiliki pamong budaya dan melalui pamong budaya itu masyarakat bisa memanfaatkannya sebagai pendamping dalam berkesenian," katanya.‎

Hironymus Daruwaskita Photo Community Writer Hironymus Daruwaskita

Main sambil kerja

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Febriana Sintasari

Berita Terkini Lainnya