Comscore Tracker

Pengin Kemah di Pantai, 5 Tempat di Gunungkidul Patut Dicoba 

Bisa lihat sunser dan sunrise sambil main pasir #LokalIDN

Ingin kemah tapi gak mau di gunung? Pantai di Yogyakarta saat ini banyak menawarkan tempat menarik yang bagi yang ingin kemah di pinggir laut. 

Nama beberapa pantai memang kurang dikenal, tapi pemandangannya yang menakjubkan tak mungkin dilewatkan. Yuk coba berkemah di lima pantai Gunungkidul.

1. Pantai Greweng 

Pengin Kemah di Pantai, 5 Tempat di Gunungkidul Patut Dicoba instagram.com/chelliftrn

Pantai Greweng yang berlokasi di Gunungkidul ini mungkin belum terlalu dikenal oleh wisatawan. Kamu membutuhkan stamina yang kuat untuk mencapai pantai ini karena kamu harus berjalan kaki dari tempat parkir.

Selama perjalanan menuju pantai ini kamu akan melewati hutan yang dipenuhi dengan batuan kapur yang sering kamu temukan di daerah Gunungkidul yang disebut Hutan Batu dan sebuah sungai yang menjadi satu-satunya sumber air terdekat.

Selepas berjalan kaki, kamu akan disuguhkan dengan panorama pantai landai dengan pasir putih yang dibatasi dua bukit karst di kedua sisinya dan laut yang yang berwarna biru. Tempat ini bisa jadi pilihan tempat kamu berkemah dan menenangkan diri bersama teman-teman atau keluarga. 

2. Pantai Sedahan 

Pengin Kemah di Pantai, 5 Tempat di Gunungkidul Patut Dicoba instagram.com/masmeya

Tidak jauh dari pantai Greweng kamu bisa menemukan pantai Sedahan. Sama seperti pantai sebelumnya, untuk menuju pantai yang berlokasi di Desa Jepitu, Gunungkidul ini kamu harus berjalan kaki terlebih dahulu.

Buat kamu yang menyukai tempat yang tenang kamu pasti akan menyukai tempat ini karena pantai yang satu ini masih terlihat alami dan belum banyak pengunjungnya. 

Dari atas karang, kamu akan mendapatkan pemandangan yang menakjubkan dari pantai ini. Dengan pantai yang cukup landai, sepi, dan pemandangan indah tempat ini

Oh iya di tempat ini juga pada musim-musim tertentu kamu bisa menemukan penyu yang sedang bertelur. Kamu tidak boleh mengusik penyu-penyu ini ya karena mereka termasuk hewan yang dilindungi

Baca Juga: 10 Tempat Angker di Gunungkidul, Ada Pasar Gaib di Tepi Pantai

3. Pantai Siung 

Pengin Kemah di Pantai, 5 Tempat di Gunungkidul Patut Dicoba instagram.com/lalangbayyu

Pantai Siung berbeda dengan dua pantai sebelumnya, pantai di Gunungkidul ini sudah cukup terkenal di kalangan wisatawan. Selain berkemah ada banyak kegiatan yang bisa di pantai ini mulai dari berenang, naik bukit, sekedar menyusuri pantai, sampai panjat tebing pun bisa kamu lakukan disini.

Cara mencapai pantai ini terbilang agak sulit karena banyak tanjakan dengan tikungan tajam dan jalan yang cukup sempit. Semua kesulitan di perjalanan itu akan terobati saat melihat pantai yang satu ini, kamu kan melihat pantai yang luas dan birunya laut ditambah dengan keindahan batu karang di kedua sisinya.

Kamu bisa menaiki bukit di sisi timur dengan berhati-hati sebab jalannya cukup terjal dan berbatasan dengan jurang yang cukup dalam, terkadang kamu juga bisa melihat kera ekor panjang melintas. Dari atas sini kamu bisa melihat pemandangn pantai yang membentang.

Pantai ini juga tidak jauh dari Pantai Timang yang terkenal dengan gondola kayunya. 

4. Pantai Wohkudu 

Pengin Kemah di Pantai, 5 Tempat di Gunungkidul Patut Dicoba instagram.com/ikhsan_18

Pantai Wohkudu adalah salah satu pantai dari puluhan pantai yang mempesona di Gunungkidul. Kamu perlu berjalan kaki terlebih dahulu untuk mencapai tempat yang satu ini melewati berbatu sepanjang kurang lebih 300 meter. Setelah berjalan kamu akan melihat hamparan rumput dan pasir yang diapit oleh dua tebing.

Banyak orang memilih tempat ini sebagai tempat berkemah dan menghilangkan kepenatan bersama teman atau keluarga

5. Pantai Jungwok 

Pengin Kemah di Pantai, 5 Tempat di Gunungkidul Patut Dicoba Berkemah di Pantai Jungwok. Instagram.com/rezansa_

Pantai Jungwok di Gunungkidul ini mungkin adalah pantai yang paling banyak direkomendasikan sebagai tempat berkemah di pantai.

Kamu perlu berjalan kaki untuk menuju lokasi pantai ini melewati jalan setapak dan rimbunnya pohon pandan laut. Sesampainya di pantai ini kamu bisa menemukan hamparan pasir putih dan sebuah pulau karang serta perbukitan hijau di sekitar pantai. Saat air sedang surut kamu bisa melihat hamparan karang yang luas. 

Tapi jangan lupa untuk selalu menjaga kebersihan pantai dan tidak menganggu habitat sekitar pantai ya. 

Baca Juga: Berasa di Bali, 5 Tips Wisata ke Pantai Ngobaran Gunungkidul Jogja

Artikel ini pertama kali ditulis oleh Agithyra Nidiapraja di IDN Times Community dengan judul Yuk Berkemah, Ini 5 Pantai yang Cocok untuk Kemah di Gunungkidul

Topic:

  • Febriana Sintasari

Berita Terkini Lainnya